Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS MATEMATIKA V

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA 5

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 38 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.     Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran




Sifat Operasi hitung bilangan bulat

o Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif

o Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


o Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan
a + b = b + a
2 + 3 = 3 + 2
   5    =   5

o Mengerjakan latihan soal
o Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian
a x b = b x a
2 x 3 = 3 x 2
   6    =   6

o Mempelajari contoh soal dan jawaban di buku

o Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan

o Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian

o Mempelajari contoh soal dan pemecahannya
o Mempelajari sifat distribusi
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya
o Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya.
o Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian


o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien

o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


Tugas IndVidu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan soal di LKE dan Buku BSE




10 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A

 

Alat:
-  Buku


1.2.     Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB


KPK dan FPB

o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari



o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari


o  Mempelajari contoh mencari faktor prima








56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22 x 7

o  Mengerjakan latihan soal di LKE
o  Menentukan KPK dari dua bilangan
o  Menentukan FPB dari dua bilangan

o  Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK




Tugas Indvidu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan soal di LKE dan Buku BSE




4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A

 

Alat:





si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3.     Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat


Operasi Hitung Bilangan Bulat

o Membaca dan Menulis Bilangan Bulat

o Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

o Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif

o Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat


o  Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan
o  Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31
o  Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif
o  latihan pengayaan Hlm. 36
o  Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif
(+) x (+) = +   

o  Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–) = –     
(–) x (+) = –

o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif
(–) x (–) = +     
o  Membagi bilangan positif dengan bilangan positif
o  Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–) = –    
(–) : (+) = –     
o  Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif
(–) : (–) = +    

o  Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran
o  Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.

o  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

o  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat

o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat




Tugas IndVidu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Latihan soal di LKE dan Buku BSE




12 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   

1.4.     Menghitung perpangkatan dan akar sederhana


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
o Operasi hiitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
o Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat

o Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain



o Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua
32 =  3 x 3 = 9
secara umum a2 = a x a
o Mempalajari contoh
o Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh penjumlahan bilangan berpangkat dua,
o Mempelajari contoh pengurangan bilangan berpangkat dua
o Membahas latihan pengayaan
o Mempelajari contoh perkalian bilangan berpangkat dua
o Mempelajari contoh pembagian bilangan berpangkat duaMembahas teka-teki
o Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan
o Mempelajari langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain

o  Mencari hasil pemangkatan dua

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua

o  Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan

o  Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

Tugas IndVidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   


1.5.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua

o   Mempelajari contoh soal
o   Mengerjakan latihan soal
o   Melakukan latihan pengayaan



o  Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat


Tugas Individu



Laporan


Latihan soal di LKE

Uji kompetensi Bab 1


4jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1.  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam


Pengukuran

Waktu
o  Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam
o  Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam


o  Membaca percakapan berkaitan dengan waktu
o  Mempelajari masalah dalam percakapan
o  Mengerjakan latihan awal
o  Memperhatikan tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan pukul 24.00. berdasarkan pada gambar



o  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam


Tugas Indvidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




2 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-  jam dinding,
-  jam tangan

2.2.  Melakukan operasi hitung satuan waktu


Pengukuran Waktu
o  Operasi hitung yang melibatkan satuan waktu


o  Mempelajari  operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
o  Mengerjakan latihan soal


o  Melakukan operasi hitung satuan waktu

o  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu

Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A

Alat:
-   

2.3.  Melakukan pengukuran sudut


Pengukuran
Sudut
o  Menentukan dan menaksir besar suatu sudut
o  Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat (Hlm. 79)


o  Menentukan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30°
o  Mempelajari soal
o  Mengerjakan latihan di LKE
o  Menaksir besar sudut dengan mengingat
-   sudut lancip
-   sudut siku-siku
-   sudut tumpul
=
=
=
< 90°
90°
> 90°
o  Mempelajari contoh soal
o  Mempelajari langkah-langkah dalam mengambar sudut sebesar 50°
o  Memepelajari langkah-langkah dalam mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat


o  Menentukan dan menaksir besar sudut

o  Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-  Busur derajat, penggaris, pensil, jangka

2.4.  Mengenal satuan jarak dan kecepatan


Pengukuran

Jarak dan kecepatan
o  Satuan Jarak


o  Mempelajari hubungan satuan jarak :
km–hm–dam–m–dm–cm–mm
o  Mempelajari contoh soal dari guru
o  Mempelajari latihan
o  Mempelajari contoh soal dan penyelesaiaanya
o  memperhatikan contoh soal
o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengenal satuan kecepatan seperti :
-   km/menit
-   kilometer/detik
-   meter/jam
-   meter/menit
o  Mempelajari contoh Hlm. 90
o  Mempelajari pengukuran secara tidak langsung
o  Memepelajari contoh Hlm. 92

o  Mengenal hubungan antarsatuan jarak

o  Menghitung satuan jarak

o  Mengenal macam-macam satuan kecepatan

o  Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:

2.5.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92)


o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengerjakan latihan soal dari guru
o  Mengerjakan latihan soal dari LKE


o  Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan


Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan Buku BSE




6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A

Alat:

Mengetahui,
Kepala Sekolah


(...............................................)
NIP.

Gondang,.....................  20......
Guru Kelas


(...............................................)
       NIP.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 10 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.  Menghitung luas trapesium dan layanglayang


Geometri
o  Menentukan Luas Bangun Datar Sederhana


o  Menemukan luas trapesium
o  Mengerjakan latihan soal dari guru
o  Menemukan luas layang-layang
o  Membahas pekerjaan Rumah


o  Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang

o  Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A

Alat:
-


3.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar


Geometri
o  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar


o  Mempelajari contoh soal trapesium
o  Mempelajari contoh soal Layang-layang
o  Melakukan kegiatan
o  Mengerjakan tugas


o  Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-  Kertas layangan, lem, benang.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
NIP.

Gondang, .........................  20......
Guru Kelas


(...............................................)
       NIP.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : Matematika

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 14 X 30 Menit
Standar Kompetensi          : 4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah


Kompetensi Dasar
Materi Pokok Dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


4.1. Menghitung volume kubus dan balok


Geometri

o  Menemukan volume kubus dan balok

o  Mencari volume kubus
o  Mengenal rumus volume kubus
V kubus = luas alas x tinggi
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mengenal rumus volume balok
Vbalok =panjang x lebar x tinggi
o  Mempelajari contoh soal
o  Mempelajari contoh soal
o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengenal satuan baku tentang volume

o  Mencari Volume Kubus dan Balok
o  Mengenal rumus volume kubus dan balok
o  Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus
o  Mengenal satuan volume yang baku



Tugas Indvidu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   




4.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok

Geometri
o  Menyelesaikan


o  Mempelajari contoh soal kubus
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mempelajari contoh soal Balok
o  Mengerjkakan uji kompetensi



o  Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok


Tugas Indvidu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-   


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas


(...............................................)
NIP.


















SILABUS PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
Matematika
Kelas V  (5)  Semester 2

 

SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Genap

Alokasi Waktu                    : 44 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1.  Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya


PECAHAN

Operasi penjumlahan dan pengurangan 



o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya


o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya


o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100
o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, atau 1000
o Memahami cara mengerjakan contoh soal Hlm. 5


o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah






Soal latihan di LKE dan Buku BSE


8 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B

 

Alat:
-  Buku


5.2.  Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan


PECAHAN

Operasi penjumlahan dan pengurangan 

o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan












o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan

o   Memahami contoh soal dan pemecahannya
o   Mengerjkan latihan dan pengayaan
o   Menjelaskan contoh soal
o   Memahami soal  tentang  menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
o   Memahami contoh soal  yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut

o   Mempelajari contoh soal 
o   Mempelajari contoh soal
 
o   Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari
o   Mengerjakan latihan pengayaan


o  Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o  Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o  Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o  Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o  Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal

o  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari

Tugas IndVidu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


16 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B

 

Alat:
-   



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


5.3.  Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan


PECAHAN

Operasi Perkalian dan pembagian

o Perkalian Pecahan
o Pembagian pecahan

o  Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen

o  Meurunkan rumus
o  Mengerjakn latihan
o  Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian  yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen

o  Menjelaskan latihan pengayaan Mempelajari cara menjawab contoh

o  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa

o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

Tugas Indvidu








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


12 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:
-   

5.4.  Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala



PECAHAN

Pecahan dan perbandingan

o Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan
o Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala





o   Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51




Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
o   Mengerjakan latihan dan latihan pengayaan

o   Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) : Celcius(°C) : Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+ 32°)

o   Mengerjakan latihan soal dari guru
o   Memahami  soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda
o   Mengerjakan soal di LKE
o   Uji kompetensi


o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan

o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala


Tugas IndVidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:
-   



Mengetahui,
Kepala Sekolah


(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas


(...............................................)
       NIP.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Genap

Alokasi Waktu                    : 32 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1.   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Datar dan Bangun ruang

o  Bangun datar


o  Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-     segitiga sama sisi
-     segitiga sama kaki
-     segitiga siku-siku
-     segitiga sembarang
o  Mempelajari cara mengambar segitiga
o  Mengerjakan latihan
o  Menggambar persegi panjang
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang
o  Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna ?
o  Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
o  Menjawab tugas
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang





o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o  Menggambar lingkaran dengan jangka
o  Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o  Menggambar belah ketupat


Tugas Indvidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:
-  Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.


6.2.   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang


o  Memahami sifat-sifat dan cara mengambar  Bangun Ruang ;
-   Tabung
-   Prisma tegak segiempat
-   Limas segiempat
-   Limas segitiga
-   Kerucut
o  Mengerjakan latihan
o  Mengerjakan tugas
o  mengerjakan tugas dari guru

o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut

o  Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B

Alat:
-  Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.


6.3.   Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang


o  Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
o  Memahami  bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
o  Mengerjakan tugas
o  Menugaskan untuk mengerjakan



o  Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B

Alat:
-  Busur derajat, penggaris, pensil, jangka

6.4.   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri


SIFAT-SIFAT BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o  Menunjukkan kesebangun antar bangun datar
o  Menentukan simetri lipat dan simetri putar

o  Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
o  Menjelaskan contoh soal Menugaskan mengerjakan Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
o  Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar


o  Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun

o  Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:

6.5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


SIFAT-SIFAT BANGUN


o  Menjawab soal yang berkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana
o  Mengerjakan uji kompetensi bab 5. Hlm. 96
o  Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99


o  Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah


Uji kompetensi

Latihan soal Akhir Tahun

6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas



(...............................................)
       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar