Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran | Sifat Operasi hitung bilangan bulat o Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif o Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | o Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan a + b = b + a 2 + 3 = 3 + 2 5 = 5 o Mengerjakan latihan soal o Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian a x b = b x a 2 x 3 = 3 x 2 6 = 6 o Mempelajari contoh soal dan jawaban di buku o Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan o Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian o Mempelajari contoh soal dan pemecahannya o Mempelajari sifat distribusi a x (b + c) = (a x b) + (a x c) a x (b – c) = (a x b) – (a x c) o Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1 o Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya o Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya. o Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian | o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - Buku |
1.2. Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | KPK dan FPB o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari | o Mempelajari contoh mencari faktor prima 56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22 x 7 o Mengerjakan latihan soal di LKE o Menentukan KPK dari dua bilangan o Menentukan FPB dari dua bilangan | o Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK | Tugas Indvidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
1.3. Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | Operasi Hitung Bilangan Bulat o Membaca dan Menulis Bilangan Bulat o Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat o Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif o Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat | o Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan o Membaca dan menulis lambang bilangan bulat o Mengerjakan latihan soal o Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan o Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif o Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31 o Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif o latihan pengayaan Hlm. 36 o Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif o Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif o Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif o Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif (+) x (+) = + o Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya (+) x (–) = – (–) x (+) = – o Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif (–) x (–) = + o Membagi bilangan positif dengan bilangan positif o Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya (+) : (–) = – (–) : (+) = – o Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif (–) : (–) = + o Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran o Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat. | o Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat o Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 12 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - |
1.4. Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | Perpangkatan dan Akar Sederhana o Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang o Operasi hiitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua o Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat o Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain | o Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua 32 = 3 x 3 = 9 secara umum a2 = a x a o Mempalajari contoh o Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . . o Mempelajari contoh penjumlahan bilangan berpangkat dua, o Mempelajari contoh pengurangan bilangan berpangkat dua o Membahas latihan pengayaan o Mempelajari contoh perkalian bilangan berpangkat dua o Mempelajari contoh pembagian bilangan berpangkat duaMembahas teka-teki o Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan o Mempelajari langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain | o Mencari hasil pemangkatan dua o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua o Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan o Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - |
1.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | Perpangkatan dan Akar Sederhana o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua | o Mempelajari contoh soal o Mengerjakan latihan soal o Melakukan latihan pengayaan | o Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat | Tugas Individu | Laporan | Latihan soal di LKE Uji kompetensi Bab 1 | 4jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
2.1. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | Pengukuran Waktu o Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam o Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam | o Membaca percakapan berkaitan dengan waktu o Mempelajari masalah dalam percakapan o Mengerjakan latihan awal o Memperhatikan tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan pukul 24.00. berdasarkan pada gambar | o Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 2 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - jam dinding, - jam tangan | |||
2.2. Melakukan operasi hitung satuan waktu | Pengukuran Waktu o Operasi hitung yang melibatkan satuan waktu | o Mempelajari operasi hitung yang melibatkan satuan waktu o Mengerjakan latihan soal | o Melakukan operasi hitung satuan waktu o Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - | |||
2.3. Melakukan pengukuran sudut | Pengukuran Sudut o Menentukan dan menaksir besar suatu sudut o Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat (Hlm. 79) | o Menentukan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30° o Mempelajari soal o Mengerjakan latihan di LKE o Menaksir besar sudut dengan mengingat
o Mempelajari contoh soal o Mempelajari langkah-langkah dalam mengambar sudut sebesar 50° o Memepelajari langkah-langkah dalam mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat | o Menentukan dan menaksir besar sudut o Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - Busur derajat, penggaris, pensil, jangka | |||
2.4. Mengenal satuan jarak dan kecepatan | Pengukuran Jarak dan kecepatan o Satuan Jarak | o Mempelajari hubungan satuan jarak : km–hm–dam–m–dm–cm–mm o Mempelajari contoh soal dari guru o Mempelajari latihan o Mempelajari contoh soal dan penyelesaiaanya o memperhatikan contoh soal o Membahas pekerjaan rumah o Mengenal satuan kecepatan seperti : - km/menit - kilometer/detik - meter/jam - meter/menit o Mempelajari contoh Hlm. 90 o Mempelajari pengukuran secara tidak langsung o Memepelajari contoh Hlm. 92 | o Mengenal hubungan antarsatuan jarak o Menghitung satuan jarak o Mengenal macam-macam satuan kecepatan o Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: | |||
2.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92) | o Membahas pekerjaan rumah o Mengerjakan latihan soal dari guru o Mengerjakan latihan soal dari LKE | o Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan soal di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...............................................) NIP. | Gondang,..................... 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Menghitung luas trapesium dan layanglayang | Geometri o Menentukan Luas Bangun Datar Sederhana | o Menemukan luas trapesium o Mengerjakan latihan soal dari guru o Menemukan luas layang-layang o Membahas pekerjaan Rumah | o Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang o Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - |
3.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | Geometri o Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | o Mempelajari contoh soal trapesium o Mempelajari contoh soal Layang-layang o Melakukan kegiatan o Mengerjakan tugas | o Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - Kertas layangan, lem, benang. |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | Gondang, ......................... 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
4.1. Menghitung volume kubus dan balok | Geometri o Menemukan volume kubus dan balok | o Mencari volume kubus o Mengenal rumus volume kubus V kubus = luas alas x tinggi o Mengerjakan latihan soal o Mengenal rumus volume balok Vbalok =panjang x lebar x tinggi o Mempelajari contoh soal o Mempelajari contoh soal o Membahas pekerjaan rumah o Mengenal satuan baku tentang volume | o Mencari Volume Kubus dan Balok o Mengenal rumus volume kubus dan balok o Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus o Mengenal satuan volume yang baku | Tugas Indvidu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - | ||||
4.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok | Geometri o Menyelesaikan | o Mempelajari contoh soal kubus o Mengerjakan latihan soal o Mempelajari contoh soal Balok o Mengerjkakan uji kompetensi | o Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok | Tugas Indvidu | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: - | ||||
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | ........, ................................. 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. | |||||||||||
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya | PECAHAN Operasi penjumlahan dan pengurangan o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya | o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100 o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, atau 1000 o Memahami cara mengerjakan contoh soal Hlm. 5 | o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - Buku | |||
5.2. Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan | PECAHAN Operasi penjumlahan dan pengurangan o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan | o Memahami contoh soal dan pemecahannya o Mengerjkan latihan dan pengayaan o Menjelaskan contoh soal o Memahami soal tentang menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut o Memahami contoh soal yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut o Mempelajari contoh soal o Mempelajari contoh soal o Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari o Mengerjakan latihan pengayaan | o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 16 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - | |||
5.3. Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan | PECAHAN Operasi Perkalian dan pembagian o Perkalian Pecahan o Pembagian pecahan | o Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian - pecahan biasa dengan pecahan biasa - pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya - perkalian pecahan campuran dengan persen o Meurunkan rumus o Mengerjakn latihan o Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian yaitu pengurangan berulang sampai habis pada : - pecahan biasa dengan pecahan biasa - pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya - perkalian pecahan campuran dengan persen o Menjelaskan latihan pengayaan Mempelajari cara menjawab contoh | o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya o Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 12 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - | |||
5.4. Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | PECAHAN Pecahan dan perbandingan o Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan o Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala | o Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51 Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis o Mengerjakan latihan dan latihan pengayaan o Mempelajari perbandingan pada suhu Reamur(°R) : Celcius(°C) : Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+ 32°) o Mengerjakan latihan soal dari guru o Memahami soal cerita mengenai perbandingan dan skala Skala = jarak pada peta : jarak benda o Mengerjakan soal di LKE o Uji kompetensi | o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...............................................) NIP. | ........, ................................. 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar | SIFAT-SIFAT BANGUN Bangun Datar dan Bangun ruang o Bangun datar | o Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga : - segitiga sama sisi - segitiga sama kaki - segitiga siku-siku - segitiga sembarang o Mempelajari cara mengambar segitiga o Mengerjakan latihan o Menggambar persegi panjang o Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang o Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna ? o Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran o Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran o Menjawab tugas o Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang | o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang o Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang o Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang o Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran o Menggambar lingkaran dengan jangka o Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat o Menggambar belah ketupat | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus. |
6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang | SIFAT-SIFAT BANGUN Bangun Ruang | o Memahami sifat-sifat dan cara mengambar Bangun Ruang ; - Tabung - Prisma tegak segiempat - Limas segiempat - Limas segitiga - Kerucut o Mengerjakan latihan o Mengerjakan tugas o mengerjakan tugas dari guru | o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut o Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus. |
6.3. Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana | SIFAT-SIFAT BANGUN Bangun Ruang | o Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana o Memahami bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu o Mengerjakan tugas o Menugaskan untuk mengerjakan | o Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: - Busur derajat, penggaris, pensil, jangka |
6.4. Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri | SIFAT-SIFAT BANGUN Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar o Menunjukkan kesebangun antar bangun datar o Menentukan simetri lipat dan simetri putar | o Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat o Menjelaskan contoh soal Menugaskan mengerjakan Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat o Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar | o Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun o Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: |
6.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | SIFAT-SIFAT BANGUN | o Menjawab soal yang berkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana o Mengerjakan uji kompetensi bab 5. Hlm. 96 o Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99 | o Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Uji kompetensi Latihan soal Akhir Tahun | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5B Alat: |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...............................................) NIP. | ........, ................................. 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar