Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
1 Mende-ngarkan Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan | 1.1 Menanggapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | · Teks penjelasan nara sumber | · Siswa dapat mendengarkan penjelasan. · Siswa dapat menanggapi pernyataan. · Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | · Mendengarkan penjelasan. · Menananggapi pernyataan. · Menanggapi. penjelasan nara sumber. · Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Menceriterakan penjelasan nara sumber. | · Lisan. · Tertulis | Lembar penilaian Produk | · Tanggapilah pernya-taan nara sumber! · Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga |
1.2 Mengiden-tifikasi un-sur cerita rakyat yang didengarnya | · Cerita Rakyat | · Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat. · Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita · Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. · Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | · Mendengarkan cerita rakyat. · Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar. · Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar. · Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | · Lisan. · Tertulis · Tugas | Lembar penilaian Produk | · Tulislah daftar na-ma-nama tokoh ceri-ta yang di dengar! · Buatlah catatan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | · Kurikulum 2006 KTSP. · Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. · Kaset/CD berisi cerita rakyat |
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
2 Berbicara Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara | 1.2 Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | · Teks penjelasan nara sumber | · Siswa dapat mendengarkan penjelasan. · Siswa dapat menanggapi pernyataan. · Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | · Mendengarkan penjelasan. · Menananggapi pernyataan. · Menanggapi. penjelasan nara sumber. · Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Menceriterakan penjelasan nara sumber. | · Lisan. · Tertulis | Lembar penilaian Produk | · Tanggapilah penje-lasan nara sumber! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | · Kaset/CD/ · TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. |
2.2 Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | · Teks Laporan Hasil Kunjungan | · Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan. · Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar. · Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar. · Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan. | · Memahami laporan hasil kunjungan. · Membuat laporan hasil kunjungan. · Menyampaikan hasil laporan kunjungan. · Menanggapi isi laporan kunjungan. | · Lisan · Tertulis · Portofolio | Lembar penilaian Produk | · Buatlah laporan hasil kunjungan! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87 | |
2.3 Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | Teks wawancara | · Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. · Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. · Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. · Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat. · Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | · Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. · Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.. · Melakukan wawancara dengan nara sumber. · Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat. | · Lisan · Tertulis · Penugasan · Portofolio | Lembar penilaian Produk | · Tulislah daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54 |
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
3. Membaca Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi | 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | · Teks Percakapan | · Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. · Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan. · Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan. | · Membaca teks percakapan secara berpasangan. · Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. · Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan. | · Lisan. · Tertulis | Lembar penilaian Produk | · Buatlah catatan hal-hal pokok dalam percakapan! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55 |
3.2 Menemu-kan gaga-san utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | · Teks Bacaan | · Siswa dapat membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. · Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. · Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca. · Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | · Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. · Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. · Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat. · Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. | · Lisan. · Tertulis | Lembar penilaian Produk | · Ajukanlah dan jawablah pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90 | |
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | · Teks Puisi | · Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. · Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. · Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | · Menentukan jeda, penggalan dalam puisi. · Membaca puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat. · Mencari puisi yang bertema-kan Pahlawan dan membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | · Lisan. · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Bacalah puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat! · Carilah puisi yang bertema-kan Pahlawan dan membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat ! | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68 |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
4. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis | 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | · Teks Karangan | · Siswa dapat menentukan judul karangan. · Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. · Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman. · Siswa dapat membaca karangan yang dibuat. · Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. | · Menentukan judul karangan. · Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita. · Menulis karangan berdasarkan pengalaman. · Membaca karangan yang dibuat sendiri. · Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat. | · Tertulis · Potofolio | Lembar penilaian Produk | · Tulislah karangan berdasar-kan penga-laman! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124. |
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | · Teks Undangan Resmi | · Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi. · Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat. | · Memahami bagian-bagian surat undangan resmi. · Melengkapi surat undangan dengan tepat. · | · Tertulis · Portofolio | Lembar penilaian Produk | · Lengkapi-lah surat undangan resmi dengan tepat! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140 | |
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. | · Teks Dialog | · Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog. · Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. · Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. · Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas. · Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! ) | · Membaca contoh dan kesimpulan dialog. · Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. · Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. · Memperagakan dialog yang dibuat. · Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Membuat kalimat seru. | · Tertulis · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar! · Peraga-kanlah percaka-pan dan menyimpulkan isi percakapan! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108 |
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
5. Mende-ngarkan Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan | 5.1 Menang-gapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan | Cerita · peristiwa | · Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa · Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru · Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar | · Mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa · Menjawab pertanyaan · Menanggapi masalah yang terjadi disekitar | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan yang diajukan guru ! · Tanggapi-lah suatu masalah di sekitar! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat) | Cerita pendek | · Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita. · Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar | · Mendengarkan cerita pendek · Bertanya-jawab tentang isi cerita · Menyebutkan tokoh, sifat tokoh, latar, dan amanat · Menceritakan kembali isi cerita · Menanggapi isi cerita | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Jawablah tentang isi cerita yang di dengar! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
6. Berbicara Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama | 6.1 Mengo-mentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa | Persoalan faktual | · Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan · Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan | · Memperagakan percakapan · Menjawab pertanyaan · Memberikan pendapat | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Buatlah komentar tentang persoalan faktual ! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Majalah · Surat Kabar |
6.2 Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | Drama | · Memeran-kan tokoh drama · Mengung-kapkan pendapat tentang drama | · Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas · Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekpresi yang sesuai dengan karakter tokoh · Siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Ungkap-kanlah pendapat tentang drama! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
7. Membaca Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak | 7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang dibacadengan membaca sekilas | Dua bacaan | · Membaca dua bacaan · Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan | · Membaca dua teks yang bertema sama · Menjelaskan garis besar isi teks · Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Buatlah catatan persamaan dan perbedaan antara dua bacaan! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll | Daftar susunan acara | · Membaca jadwal siaran lelevisi · Menjawab pertanyaan · Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat | · Mempergakan percakapan secara kelompok atau perorangan · Siswa dapat menjawab peratanyan · Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Jelaskan-lah jadwal dalam bentuk kalimat! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Buku Telepon | |
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat | Cerita anak | · Membaca cerita · Menjawab pertanyaan · Menuliskan kesimpulan isi cerita | · Siswa dapat mendengarkan cerita dgn baik. · Bertanya jawab tentang cerita · Siswa dapat menuliskan kesimpulan | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Tuliskan kesimpulan isi cerita! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
8. Menulis Mengungkap-kan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas | 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Ringkasan | · Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas · Membaca saksama bacaan yang akan diringkas · Meringkas bacaan atau buku | · Menulis pokok-pokok isi buku · Menulis ringkasan buku dalam beberapa · kalimat | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Buatlah ringkasan bacaan atau buku! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat |
8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan berdasar tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan | Laporan pengamatan | · Menyusun laporan peristiwa · Menyampaikan laporan secara lisan · Memperbaiki tulisan laporan | · Siswa dapat menyusun laporan peristiwa · Siswa dapat menyampaikan laporan · secara lisan · Siswa dapat memperbaiki laporan | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Susunlah sebuah laporan peristiwa! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Kumpulan Buku cerita Rakyat | |
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat | Puisi | · Membaca contoh puisi · Menulis puisi | · Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman · Menulis puisi berdasarkan ungkapan perasaan dari pengalaman anak · Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan yang tepat | Tes Lisan dan tertulis | Lembar penilaian Produk | · Buatlah puisi berdasar-kan ungkapan perasaan dari pengala-man anak! | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | · Buku Bina Bahasa Indonesia 5b · Puisi |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
1. Mendeng-arkan Memahami teks dan cerita anak yang dibaca | 1.1 Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan | · Teks Bacaan | · Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks · Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok | · Mendengarkan pembacaan teks · Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks! · Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal 18 Penerbit Erlangga |
1.2 Mengiden-tifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca | · Cerita anak | · Siswa dapat mendengarkan cerita anak · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar · Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita · Siswa dapat menentukan latar cerita · Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar | · Mendengarkan cerita anak · Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar · Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita · Menentukan latar cerita · Menceritakan kembali cerita yang didengar | Lisan Tertulis Penugasan | Uraian | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 Penerbit Erlangga |
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
2. Berbicara Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan | 2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar | · Teks iklan | · Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan · Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan · Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan · Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan · Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2-4 Penerbit Erlangga |
2.2 Menang-gapi ( memuji / mengkritik) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun | · Kalimat Pujian | · Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman · Siswa dapat membuat kalimat pujian · Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian · Siswa dapat memperagakan percakapan yang telah dibuat | · Memperagakan percakapan bersama teman · Membuat kalimat pujian · Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian · Memperagakan percakapan yang telah dibuat | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah beberapa kalimat pujian ! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal.33-35 Penerbit Erlangga |
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
3. Membaca Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendes-krifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengama-tan / kunjungan | · Teks Laporan pengamatan | · Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut · Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan · Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka · Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas | · Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut · Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan · Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka · Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan ! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal.48-49 Penerbit Erlangga |
3.2 Menang-gapi informasi dari kolom / rubrik khusu (majalah anak, koran, dan lain-lain) | · Teks Bacaan | · Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | · Membaca intensif teks bacaan · Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan · Menanggapi isi bacaan | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan ! · Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia hal.4-7 Penerbit Erlangga |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar