Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN PKN VI SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :   ............................
Mata Pelajaran                  :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                     :  VI
Semester                               :  1
STANDAR KOMPETENSI :       1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Perjuangan Meraih Kemerdekaan.
§  Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing
§  Perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
§  Kebangkitan Nasional.
§  Organisasi mem-perjuangkan kemerdekaan
§  Sumpah Pemuda.
§  Isi Sumpah Pemuda.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
§  Membahas perjuangan-perjuangan
§  Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia.
§  Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan.
§  Membahas isi Sumpah Pemuda
§  Membahas isi Pancasila
§  mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
§  Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§  Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§   Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
§  Tugas individu
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian tulis
§  Penilaian sikap
§  Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2 x 35 (menit)
§  Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman
§  Orang tua
§  Koran. Dst.
1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Proses perumusan Pancasila.
§  Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Isi perumusan Dasar Negara
§  Panitia Sembilan
§  Anggota Panitia Sembilan
§  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
§  Membahas Persiapan Kemerdekaan  Indone-sia.
§  Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdeka-an Indonesia.
§  Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI.
§  Menyebutkan nama-nama para tokoh peru-mus Dasar Negara RI.
§  Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar Negara RI.
§  Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta
§  Membahas Panitia Persiapan Kemerdeka-an Indonesia
§  Membahas isi Pancasila
§  Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta
§  Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
Tugas Individu
§  Penilaian unjuk kerja.
§  Penilaian tulisan.
§  Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
4 x 35 menit
§  Buku Paket
1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharí-hari
§  Meneladani nila-nilai perjuangan
§  Membaca dan mengamati gambar.
§  Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat lalu mewarnainya.
§  Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
§  Tugas individu
§  Penilain tulisan.
§  Penam-pilan kap.
§  Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
2 x  35 menit.
§  Buku Paket

§  Perjuangan membela kemerdekaan:
§  Persiapan kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
§  Teladan para pejuang
§  Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Tugas latihan.
§  Ulangan harian.
§  Pilihan ganda.
§  Essai.
§  Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b. empat sila
c.  lima sila
d. enam sila



2 x 35 menit
§  Buku paket BSE

Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP: ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas



(...........................................................)
NIP: ....................................
               


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                 :   ............................
Mata Pelajaran                              :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                 : VI
Semester                                           : 1
STANDAR KOMPETENSI :       2.  Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.
§  Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Arti dan asas Pemilihan Umum.
§  Pelaksanaan Pemilu.
§  Proses Pemilu presiden dan wakil.
§  Komisi Pemilihan Umum.
§  Ketentuan Kampanye
§  Pemilihan Kepala Daerah
§  Membahas proses Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Membahas
§  Pelaksanaan Pemilu mulai dari Pemilu pertama sampai Pemilu 2004
§  Membahas perubahan tata cara pemilu tahun 2004.
§  Membahas pemilihan presiden dan wakil presiden.
§  Membahas komisi Pemilihan Umum.
§  Menyebutkan ketentuan kampanye
§  Membahas pemilihan Kepala Daerah
§  Menceritakan  proses Pemilu di Indonesia.
§  Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§  Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§  Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden.
§  Menyebutkan daftar presiden RI.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§  Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§  Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§  Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).
§  Tugas Individu
§  Tugas  berpasangan
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian tulisan
§  Menjelas-kan mengapa di negara kita diadakan pemilihan umum.
§  Mengapa pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian rupa?
§  Buatlah laporan proses pemilihan ketua kelas di sekolahmu
4 x 35 menit

§  Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman
§  Orang tua
§  Koran
§  Museum
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
§  Lembaga-lembaga Negara.
­   Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
­   Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
­   Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
­   Presiden.
­   Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§  Membahas Lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen dan fungsinya masing-masing.
§  Mengetahui fungsi dan tugas-tugas MPR.
§  Membahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§  Membahas DPD.
§  Menyebut-kan hasil amandemen UUD 1945 tentang kepresiden.
§  -Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§  Menyebutkan wewenang MPR.
§  Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§  Menyebutkan tugas-tugas DPD.
§  Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
Tugas Individu
§  Penilaian tulisan.
§  Menjelas-kan mengapa dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif).
2 x 35 menit
§  Buku paket.
§  Koran.
§  Majalah.

§  Kekuasaan Kehakiman.
­   Mahkamah Agung (MA).
­   Mahkamah Konstitusi (MK).
­   Komisi Yudusial (KY).
§  Membahas Badan Pemeriksa Keuangan.
§  Membahas Mahkamah Agung.
§  Membahas Mahkamah Konstitusi (MK).
§  Membahas Komisi Yudisial
§  Menyebutkan  tugas BPK
§  Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA).
§  Menyebutkan kewenangan MK.
§  Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.





2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.
§  Pemerintahan Pusat dan Daerah.
§  Sistem Pemerintahan Pusat.
§  Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah.
§  Pemerintah Daerah
§  Membahas sistem pemerintahan pusat.
§  Membahas Indonesia adalah Negara berdasarkan atas hukum.
§  Menjelas kan sistem konstitusional.
§  Menguraikan kedaulatan.
§  Menjelaskan tugas Presiden.
§  Membahas  tugas pemerintah.
§  Membahas otonomi daerah
§  Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat.
§  Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§  Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§  Menyebutkan perangkat daerah
Tugas Kelompok
§  Penilaian tulisan
§  Mencerita-kan pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
2 x 35 menit
§  Buku paket
§  koran
§  Majalah

§  Sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia:
§  Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada.
§  Lembaga-lembaga Negara.
§  Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
§  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 
Ulangan harian.
§  Pilihan    ganda.
§  Penilaian lisan atau tertulis (uraian).
§  Kekuasa-an tertinggi negara berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri

§  Apa yang dimaksud dengan pemilihan umum?
2 x 35 menit
§  Buku paket hal 26 – 68.
§  Buku referensi lain.
§  Orang tua.
§  Koran.



Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP: ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas



(...........................................................)
NIP: ....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar