Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | § Perjuangan Meraih Kemerdekaan. § Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing § Perlawanan rakyat di berbagai wilayah. § Kebangkitan Nasional. § Organisasi mem-perjuangkan kemerdekaan § Sumpah Pemuda. § Isi Sumpah Pemuda. § Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 | § Membahas perjuangan-perjuangan § Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia. § Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan. § Membahas isi Sumpah Pemuda § Membahas isi Pancasila | § mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan § Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional. § Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda § Menyebutkan isi Pancasila § Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila | § Tugas individu | § Penilaian lisan. § Penilaian tulis § Penilaian sikap | § Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing. | 2 x 35 (menit) | § Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman § Orang tua § Koran. Dst. |
1.2. Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | § Proses perumusan Pancasila. § Persiapan Kemerdekaan Indonesia. § Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. § Perumusan Dasar Negara RI. § Isi perumusan Dasar Negara § Panitia Sembilan § Anggota Panitia Sembilan § Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia § Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 | § Membahas Persiapan Kemerdekaan Indone-sia. § Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdeka-an Indonesia. § Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI. § Menyebutkan nama-nama para tokoh peru-mus Dasar Negara RI. § Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar Negara RI. § Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan. § Menyebutkan isi Piagam Jakarta § Membahas Panitia Persiapan Kemerdeka-an Indonesia § Membahas isi Pancasila | § Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. § Menyebutkan isi perumusan Negara RI. § Menyebutkan isi Piagam Jakarta § Menyebutkan isi Pancasila § Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila | Tugas Individu | § Penilaian unjuk kerja. § Penilaian tulisan. | § Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945. | 4 x 35 menit | § Buku Paket |
1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharí-hari | § Meneladani nila-nilai perjuangan | § Membaca dan mengamati gambar. § Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat lalu mewarnainya. | § Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari. | § Tugas individu | § Penilain tulisan. § Penam-pilan kap. | § Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah…. | 2 x 35 menit. | § Buku Paket |
§ Perjuangan membela kemerdekaan: § Persiapan kemerdekaan Indonesia. § Perumusan Dasar Negara RI. § Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 § Teladan para pejuang | § Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | § Tugas latihan. § Ulangan harian. | § Pilihan ganda. § Essai. | § Arti Pancasila adalah .... a. tiga sila b. empat sila c. lima sila d. enam sila | 2 x 35 menit | § Buku paket BSE |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (...........................................................) NIP: .................................... |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada. | § Pemilihan Umum di Indonesia. § Arti dan asas Pemilihan Umum. § Pelaksanaan Pemilu. § Proses Pemilu presiden dan wakil. § Komisi Pemilihan Umum. § Ketentuan Kampanye § Pemilihan Kepala Daerah | § Membahas proses Pemilihan Umum di Indonesia. § Membahas § Pelaksanaan Pemilu mulai dari Pemilu pertama sampai Pemilu 2004 § Membahas perubahan tata cara pemilu tahun 2004. § Membahas pemilihan presiden dan wakil presiden. § Membahas komisi Pemilihan Umum. § Menyebutkan ketentuan kampanye § Membahas pemilihan Kepala Daerah | § Menceritakan proses Pemilu di Indonesia. § Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia. § Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia. § Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004. § Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden. § Menyebutkan daftar presiden RI. § Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden § Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye. § Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah. § Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP). | § Tugas Individu § Tugas berpasangan | § Penilaian lisan. § Penilaian tulisan | § Menjelas-kan mengapa di negara kita diadakan pemilihan umum. § Mengapa pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian rupa? § Buatlah laporan proses pemilihan ketua kelas di sekolahmu | 4 x 35 menit | § Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman § Orang tua § Koran § Museum |
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945 | § Lembaga-lembaga Negara. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Presiden. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). | § Membahas Lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen dan fungsinya masing-masing. § Mengetahui fungsi dan tugas-tugas MPR. § Membahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). § Membahas DPD. § Menyebut-kan hasil amandemen UUD 1945 tentang kepresiden. | § -Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen. § Menyebutkan wewenang MPR. § Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR. § Menyebutkan tugas-tugas DPD. § Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR. | Tugas Individu | § Penilaian tulisan. | § Menjelas-kan mengapa dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif). | 2 x 35 menit | § Buku paket. § Koran. § Majalah. |
§ Kekuasaan Kehakiman. Mahkamah Agung (MA). Mahkamah Konstitusi (MK). Komisi Yudusial (KY). | § Membahas Badan Pemeriksa Keuangan. § Membahas Mahkamah Agung. § Membahas Mahkamah Konstitusi (MK). § Membahas Komisi Yudisial | § Menyebutkan tugas BPK § Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA). § Menyebutkan kewenangan MK. § Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial. | ||||||
2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah. | § Pemerintahan Pusat dan Daerah. § Sistem Pemerintahan Pusat. § Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah. § Pemerintah Daerah | § Membahas sistem pemerintahan pusat. § Membahas Indonesia adalah Negara berdasarkan atas hukum. § Menjelas kan sistem konstitusional. § Menguraikan kedaulatan. § Menjelaskan tugas Presiden. § Membahas tugas pemerintah. § Membahas otonomi daerah | § Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat. § Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. § Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah. § Menyebutkan perangkat daerah | Tugas Kelompok | § Penilaian tulisan | § Mencerita-kan pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing. | 2 x 35 menit | § Buku paket § koran § Majalah |
§ Sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia: § Pemilihan Umum di Indonesia. § Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada. § Lembaga-lembaga Negara. § Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. | § Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. | Ulangan harian. | § Pilihan ganda. § Penilaian lisan atau tertulis (uraian). | § Kekuasa-an tertinggi negara berada di tangan ... a. DPR b. MPR c. Presiden d. menteri § Apa yang dimaksud dengan pemilihan umum? | 2 x 35 menit | § Buku paket hal 26 – 68. § Buku referensi lain. § Orang tua. § Koran. |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (...........................................................) NIP: .................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar