Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | 1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | | § mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan § Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional. § Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda § Menyebutkan isi Pancasila § Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila | |
| 1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharĂ-hari | | § Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharĂ-hari. | |
| | | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | |
Jumlah | | | | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia | 2.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | | § Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan § Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional § Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda | |
| 2.2. Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. | § | § Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. § Menyebutkan isi perumusan Negara RI. § Menyebutkan isi Piagam Jakarta § Menyebutkan isi Pancasila § Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila | |
| 2.3. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada. | | § Menceritakan proses Pemilu di Indonesia. § Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia. § Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia. § Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004. § Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden. § Menyebutkan daftar presiden RI. § Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden § Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye. § Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah. § Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP). | |
| 2.4.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945 | | § -Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen. § Menyebutkan wewenang MPR. § Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR. § Menyebutkan tugas-tugas DPD. § Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR. | |
| | | § Menyebutkan tugas BPK § Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA). § Menyebutkan kewenangan MK. § Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial. | |
| 2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah. | | § Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat. § Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. § Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah. § Menyebutkan perangkat daerah | |
| | | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. | |
Jumlah | | | | |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. | Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara. | | § Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN. § Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN. § Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN. § Menjelaskan arti lambang ASEAN § Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN. § Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN | |
| | | § Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik. § Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi § Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain. § Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya | |
| 3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. | | § Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN. § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
4. Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi. | 4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. | | § Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif. § Menyebutkan tujuan politik luar negeri. § Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri. | |
| 4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional. | | § Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional. § Menyebutkan isi Dasasila Bandung. § Menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok. § Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok. § Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI. § Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC. | |
| | | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional. | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 6A
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | 1.1.Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK | | o Melakukan pekerjaan hitung campuran o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan | |
| 1.2.Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik | | o Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan | |
| 1.3.Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat | | o Menghitung operasi pada bilangan berpangkat | |
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah | 2.1.Mengenal satuan debit | | o Menghitung hubungan jam, menit dan detik | |
| 2.2.Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan satuan debit | | o Menghitung masalah dengan rumus debit | |
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga | 3.1.Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana | | o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang o Menghitung luas berbagai bangun datar | |
| 3.2.Menghitung luas lingkaran | | o Menurunkan rumus luas lingkaran o Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya, dan diameternya | |
| 3.3.Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran | | o Menurunkan rumus volume bangun ruang o Menghitung volume bangun ruang | |
4. Mengumpulkan dan mengolah data | 4.1.Mengumpulkan dan membaca data | | o Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam o Mengumpulkan data nilai | |
| 4.2.Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel | | o Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel | |
| 4.3.Menafsirkan sajian data | | o Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil o Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 6B
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
Bilangan 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah | 5.1 Menyeder-hanakan dan mengurutkan pecahan | | o Mengenal berbagai bentuk pecahan o Menyederhanakan pecahan o Mengurutkan pecahan | |
| 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal | | o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma | |
| 5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu | | o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma | |
| 5.4 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu | | o Menggambar letak benda secara sederhana | |
| 5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala | | o Menggambar letak benda secara sederhana | |
Geometri dan Pengukuran 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | 6.1 Membuat denah letak benda | | o Menggambar letak benda secara sederhana | |
| 6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda | | o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan | |
| 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius | | o Menentukan letak titik pada sistem koordinat o Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat | |
Pengolahan Data 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data | 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran | | o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis | |
| 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data | | o menjelaskan makna mean, modus, median dan kuartil data tunggal o Menghitung mean, modus, median dan kuartil data tunggal | |
| 7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah | | o Mengurutkan data o Menentukan nilai tertinggi dan terendah | |
| 7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data | | o Membaca/menafsirkan diagram suatu data | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
1. Mendeng-arkan Memahami teks dan cerita anak yang dibaca | 1.1 Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan | | · Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks · Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok | | |
| 1.2 Mengiden-tifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca | | · Siswa dapat mendengarkan cerita anak · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar · Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita · Siswa dapat menentukan latar cerita · Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar | | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah ........... ............................................... NIP / NIK : | | ..........., .......................... 20..... Guru Mapel Bahasa Indonesia ............................................... NIP / NIK : |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
2. Berbicara Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan | 2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar | | · Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan · Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan · Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | | |
| 2.2 Menang-gapi ( memuji / mengkritik) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun | | · Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman · Siswa dapat membuat kalimat pujian · Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian · Siswa dapat memperagakan percakapan yang telah dibuat | | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
3. Membaca Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendes-krifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengama-tan / kunjungan | | · Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut · Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan · Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka · Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas | | |
| 3.2 Menang-gapi informasi dari kolom / rubrik khusu (majalah anak, koran, dan lain-lain) | | · Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
4. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dll) dengan benar | | · Siswa dapat memahami penulisan wesel pos · Siswa dapat mengisi wesel pos berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan · Siswa dapat memahami kalimat anjuran · Siswa dapat memilih kalimat anjuran yang tepat · Siswa dapat membuat kalimat · anjuran | | |
| 4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar | | · Siswa dapat membaca cerita pendek · Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita yang dibaca · Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek · Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa · Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan · Siswa dapat mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan | | |
| 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar. * Tanda baca titik dua ( : ) | | · Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan · Siswa memperagakan teks percakapan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan · Siswa melengkapi teks percakapan yang belum selesai · Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri | | |
| 4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi | | · Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa · Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik · Siswa dapat memparafrasekan puisi | | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
5. Mende-ngarkan Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek | 5.1 Menyim-pulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio | | · Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar | | |
| 5.2 Mence-ritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan | | · Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan. · Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan | | |
6. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi | 6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat | | · Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi · Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan · Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | | |
| 6.2 Melapor-kan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut | | · Siswa dapat memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | | |
| 6.3 Memba-cakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat | | · Siswa dapat memahami puisi dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | | |
7. Membaca Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama | 7.1 Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif | | · Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | | |
| 7.2 Mengiden-tifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak | | · Siswa mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama · Siswa menanggapi isi drama | | |
8. Menulis Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi | 8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | | · Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | | |
| 8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju | | · Siswa memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya | 1.1.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya | | o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar) | |
| 1.2.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya | | o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai. o Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya. o Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. | |
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup | 2.1 Mendeskripsi-kan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | | o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | |
| 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan | | o Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya. o Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi | |
| 2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan | | o Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak. o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan. o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak. o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. o Menjelaskan peran penyerbukan o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok. | |
| 2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia | | o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak. | |
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan | 3.1. Mengidentifi-kasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) | | o Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan. o Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan. | |
| 3.2. Mengidentif-ikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | | o Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*). o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah. | |
| 3.1 Mengidentifik-asi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | | o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular *). o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *). | |
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan | 4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | | o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | |
| 4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat | | o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *). | |
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda | 5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda | | o Membedakan arti konduktor dan isolator. o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas o Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas. | |
| 5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas | | o Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator. o Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan. | |
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda | 6.1. Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan | | o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu. o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian. | |
| 6.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari | | o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air. o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi | 7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas) | | o Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit. o Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. | |
| 7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik | | o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda. o Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik. o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi. o Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik. o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas. o Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik. | |
8. Memahami pentingnya penghematan energi | 8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari | | o Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. o Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga. o Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah. o Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas. | |
| 8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah) | | o Menentukan karya yang akan dibuat. o Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan. o Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan. o Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya. o Menguji hasil rancangan. o Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan. | |
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya | 9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya | | o Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari. o Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya. o Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya. o Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *). | |
| 9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan | | o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi . o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu. o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi). o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi. | |
| 9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari | | o Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari. o Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta. | |
| 9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah | | o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi. o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
NAMA SEKOLAH : ........... |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : VI / 1 |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua | 1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia | | § Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia § Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe § Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga | |
| 1.2 membandingkan ke nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | | § Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga § Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | |
| 1.3 Mengodentifikasi kan benua-beua | | § Menunjukkan benua-benua § Membedakan benua- benua | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
NAMA SEKOLAH : ............ |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : VI / 2 |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya | 2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga | | § Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia § Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain | |
| 2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam | | § Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam § Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
NAMA SEKOLAH : ............ |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : VI / 2 |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global | 3.1. Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia | | § Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi § Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | |
| 3.2.Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa | | § Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia § Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri § Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar