Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) KELAS VI








PERANGKAT PEMBELAJARAN


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)





Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas VI  Semester 1








SD NEGERI
UPT DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN 2010/2011


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 2010 -2011

Nama Sekolah                       : 
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       :  VI
Semester                                 :  1
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

§  mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
§  Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§  Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§   Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila


1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharĂ­-hari

§  Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharĂ­-hari.




§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Jumlah









PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 2010 -2011

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       : VI
Semester                                 : 1
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.   Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia
2.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

§  Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
§  Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional
§  Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda


2.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§   
§  Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§  Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta
§  Menyebutkan isi Pancasila
§  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila


2.3. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.

§  Menceritakan  proses Pemilu di Indonesia.
§  Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§  Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§  Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden.
§  Menyebutkan daftar presiden RI.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§  Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§  Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§  Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).


2.4.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945

§  -Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§  Menyebutkan wewenang MPR.
§  Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§  Menyebutkan tugas-tugas DPD.
§  Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.




§  Menyebutkan  tugas BPK
§  Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA).
§  Menyebutkan kewenangan MK.
§  Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.


2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.

§  Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat.
§  Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§  Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§  Menyebutkan perangkat daerah




§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Jumlah










PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN )
Kelas VI  (6) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       : VI
Semester                                 : 2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
3.   Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

            Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.


§  Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§  Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§  Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§  Menjelaskan arti lambang ASEAN
§  Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§  Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN



­    
§  Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§  Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§  Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§  Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya


3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

§  Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       : VI
Semester                                 : 2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
4.   Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.




§  Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.
§  Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§  Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.


4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional.

§  Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§  Menyebutkan isi Dasasila Bandung.
§  Menjelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok.
§  Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§  Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.
§  Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.




§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.

Jumlah






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas VI  (6)  Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ..................

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 6A

Kelas/Program          : VI    

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1.Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK


o  Melakukan pekerjaan hitung campuran
o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan


1.2.Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

o  Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan



1.3.Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

o  Menghitung operasi pada bilangan berpangkat

2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
2.1.Mengenal satuan debit



o  Menghitung hubungan jam, menit dan detik



2.2.Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

o  Menghitung masalah dengan rumus debit


3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
3.1.Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana


o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
o  Menghitung luas berbagai bangun datar



3.2.Menghitung luas lingkaran


o  Menurunkan rumus luas lingkaran
o  Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya, dan diameternya



3.3.Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

o  Menurunkan rumus volume bangun ruang
o  Menghitung volume bangun ruang


4. Mengumpulkan dan mengolah data
4.1.Mengumpulkan dan membaca data




o  Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam
o  Mengumpulkan data nilai



4.2.Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel


o  Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel



4.3.Menafsirkan sajian data



o  Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil
o  Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar


Jumlah








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas VI  (6)  Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ..................

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 6B

Kelas/Program          : VI

Semester                     : 2 (Dua)

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
Bilangan
  5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah

5.1 Menyeder-hanakan dan mengurutkan pecahan




o Mengenal berbagai bentuk pecahan
o Menyederhanakan pecahan
o Mengurutkan pecahan



5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal



o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma




5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu



o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma



5.4 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu


o Menggambar letak benda secara sederhana



5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

o Menggambar letak benda secara sederhana


Geometri dan Pengukuran
6.    Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah

6.1   Membuat denah letak benda


o Menggambar letak benda secara sederhana



6.2   Mengenal koordinat posisi sebuah benda


o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan



6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius


o Menentukan letak titik pada sistem koordinat
o Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius
o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat

Pengolahan Data
7.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.1    Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran

o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis



7.2    Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

o menjelaskan makna mean, modus, median dan kuartil data tunggal
o Menghitung mean, modus, median dan kuartil data tunggal



7.3    Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

o Mengurutkan data
o Menentukan nilai tertinggi dan terendah



7.4    Menafsirkan hasil pengolahan data

o Membaca/menafsirkan diagram suatu data

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas VI (6) Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VI / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


1.    Mendeng-arkan
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca
1.1 Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan


·  Siswa dapat mendengarkan  pembacaan teks
·  Siswa dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan     teks
·  Siswa dapat menentukan hal-hal  penting dari teks yang  didengarkan
·  Siswa dapat meringkas teks yang  didengarkan berdasar-kan hal-hal    penting/ pokok



1.2 Mengiden-tifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca


·  Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·  Siswa dapat menjawab             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
·  Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
·  Siswa dapat menentukan latar cerita
·  Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar


JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah ...........



...............................................
NIP / NIK :

..........., .......................... 20.....
Guru Mapel Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VI / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


2.    Berbicara
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar


·  Siswa dapat memahami berbagai                              jenis iklan
·  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
·  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya




2.2 Menang-gapi                             ( memuji / mengkritik) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun


·  Siswa dapat  memperagakan perca-kapan  bersama teman
·  Siswa dapat membuat kalimat pujian
·  Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·  Siswa dapat memperagakan percakapan  yang telah dibuat



JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  .............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VI / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


3.    Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1 Mendes-krifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengama-tan / kunjungan

·  Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·  Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·  Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas




3.2 Menang-gapi informasi dari kolom / rubrik khusu (majalah anak, koran, dan lain-lain)

·  Siswa membaca intensif teks     bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan     yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan



JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  .........................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VI / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


4.    Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dll) dengan benar

·  Siswa dapat memahami   penulisan wesel pos
·  Siswa dapat mengisi wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
·  Siswa dapat memahami kalimat  anjuran
·  Siswa dapat memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Siswa dapat membuat kalimat 
·     anjuran



4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar

·  Siswa dapat membaca cerita pendek
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita  yang dibaca
·  Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa
·  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
·  Siswa dapat mencari antonym  kata yang terdapat dalam bacaan




4.3 Menyusun percakapan  tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar. * Tanda baca titik dua ( : )

·  Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks          percakapan
·  Siswa memperagakan teks   percakapan
·  Siswa mencatat informasi  penting yang terdapat dalam teks   percakapan
·  Siswa melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
·  Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri




4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi

·  Siswa dapat memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
·  Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
·  Siswa dapat memparafrasekan puisi



JUMLAH









Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas VI (6) Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  .........................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VI / 2
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


5.    Mende-ngarkan
Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
5.1 Menyim-pulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

·  Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar



5.2  Mence-ritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan

·  Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
·  Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan



6.    Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat


·  Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
·  Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
·  Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya




6.2  Melapor-kan isi  buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut

·  Siswa dapat memahami berbagai isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
·  Siswa dapat menyampaikan isi isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
·  Siswa dapat mencari isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya



6.3  Memba-cakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat

·  Siswa dapat memahami puisi dengan kalimat yang runtut
·  Siswa dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
·  Siswa dapat mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya



7.  Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
7.1  Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 

·  Siswa membaca intensif teks bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan




7.2  Mengiden-tifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak

·  Siswa mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak
·  Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
·  Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama
·  Siswa menanggapi isi drama



8. Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi
8.1  Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan


·  Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan,  ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
·  Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
·  Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan




8.2  Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju


·  Siswa memahami surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
·  Siswa menuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
·  Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan



JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas VI  (6)  Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : VI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

1.1.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya



o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)




1.2.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya




o  Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.

o  Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
o  Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.


2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsi-kan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia


o  Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia



2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan


o  Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
o  Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi



2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan


o  Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
o  Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o  Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o  Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o  Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o  Menjelaskan peran penyerbukan
o  Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.



2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia


o  Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.


3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
3.1. Mengidentifi-kasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)


o  Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan.
o  Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.



3.2. Mengidentif-ikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan


o  Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).
o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.



3.1  Mengidentifik-asi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan


o  Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular *).
o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).


4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
4.1  Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan


o  Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan



4.2  Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat


o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah
o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).


5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
5.1  Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda


o  Membedakan arti konduktor dan isolator.
o  Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas
o  Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas.



5.2  Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas


o  Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator.
o  Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan.


6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
6.1.   Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan


o  Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o  Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda
o  Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o  Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.



6.2.   Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari


o  Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o  Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas VI  (6)  Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Program             : VI

Semester                      : 2 (dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
7.1  Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)




o  Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh  terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.
o  Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.




7.2  Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik



o  Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda.
o  Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik.
o  Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
o  Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
o  Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o  Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.


8. Memahami pentingnya penghematan energi
8.1  Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari


o  Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
o  Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga.
o  Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah.
o  Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas.



8.2  Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)


o  Menentukan karya yang akan dibuat.
o  Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan.
o  Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o  Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya.
o  Menguji hasil rancangan.
o  Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan.


9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
9.1  Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya



o  Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o  Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
o  Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o  Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *).



9.2  Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan


o  Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o  Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o  Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o  Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.



9.3  Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari


o  Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari.
o  Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta.



9.4  Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah


o  Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.
o  Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV  (6) Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Tahun Pelajaran       : 20... -20...


NAMA SEKOLAH    :  ...........
Mata Pelajaran           :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester          :  VI / 1

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
1.1  Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia

§  Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§  Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga


1.2  membandingkan ke nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

§  Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga


1.3  Mengodentifikasi kan benua-beua

§  Menunjukkan benua-benua
§  Membedakan benua- benua

JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV  (6) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Tahun Pelajaran       : 20... -20...

NAMA SEKOLAH    :  ............
Mata Pelajaran           :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester          :  VI / 2

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.  Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
2.1  Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

§  Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§  Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain


2.2  Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam

§  Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam
§  Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam

JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

NAMA SEKOLAH    :  ............
Mata Pelajaran           :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester          :  VI / 2

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
3. Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global
3.1. Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia

§  Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
§  Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)


3.2.Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa

§  Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§  Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
§  Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri

JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar