Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya | Ciri-ciri khusus makhluk hidup A. Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan | o Memahami peta konsep tentang makhluk hidup o Mempelajari ciri khusus : - Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi) - Kaki lengket pada cecak dan tokek. - Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut - Punuk pada unta. - Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu. - Semburan air ikan pemanah. - Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral). | o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar) | Tugas Individu | Laporan | Soal latihan di LKE dan buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Buku atau majalah |
1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya | Ciri-ciri khusus makhluk hidup B. Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan | o Memahami peta konsep tentang makhluk hidup o Mempelajari rongga udara pada teratai o Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga. o Mempelajari bau busuk bunga rafflesia o Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus. | o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai. o Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya. o Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE Uji kompetensi | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Buku atau majalah |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | Perkembangbiakan makhluk hidup A. Perkembangan dan pertumbuhan manusia. | o Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia o bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan o Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari: - Satu bulan - Delapan bulan - Lima tahun - Belasan tahun - Usia dewasa - Lanjut usia | o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | Tugas Kelompok | Laporan dan unjuk kerja | | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan | Perkembangbiakan makhluk hidup B. Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas. | o Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia. o Memahami saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat. o Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada laki-laki o Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan o Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi. | o Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya. o Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan | Perkembangbiakan makhluk hidup C. Perkembangbiakan hewan. D. Perkembangbiakan tumbuhan. | o Mengerjakan tugas 2.3, 2.4, 2.5, 2.6, 2.7, 2.8 o Mengetahui cara hewan berkembangbiak - Membelah diri dan bertunas - Bertelur - Melahirkan - Bertelur-melahirkan o Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas - Membelah diri : protozoa - Bertunas : anemon laut, o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar) - Merpati, elang, ayam, - Ikan, serangga dan amfibi o Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar) - Kucing, Anjing, sapi, kijang - Pesut, lumba-lumba, paus o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar) o Menjelaskan ciri hewan bertelur dan melahirkan o Perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua - Vegetatif - Generatif o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan o Memahami perkembang biakan dengan stek o Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan. o Menyebutkan bagian-bagian bunga o Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan o Menyebutkan cara-cara penyerbukan | o Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak. o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan. o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak. o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. o Menjelaskan peran penyerbukan o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok. | Tugas Individu Dan kelompok | Uraian Objektif Tugas Kegiatan | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 16 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag. |
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia | Perkembangbiakan makhluk hidup E. Perkembangbiakan manusia. | o Memahami cara manusia berkembangbiak manusia o Menjelaskan proses perkembangbiak manusia Penyatuan sel telur dan sel sperma → pembuahan → embrio → perkembangan bayi dalam rahim → bayi o Mengetahui calon bayi memperoleh makan o Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal | o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifik-asi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) | Keseimbangan ekosistem A. Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. | o Memahami peta konsep tentang keseimbangan ekosistem o Menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. - Penebangan dan pembakaran hutan - Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan - Perburuan liar - Perusakan terumbu karang - Pembangunan industri (pabrik) o Menjelaskan dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem o Siswa berdiskusi mengenai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem | o Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan. o Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan. | Tugas Kelompok | Laporan Hasil diskusi Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
3.2 Mengidentifika-si bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | Keseimbangan ekosistem B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. | o Memahami bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, - kayu jati (mebel, pintu, dan jendela) - kayu cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana) - batang gaharu (minyak astiri) - batang rotan (mebel dan kerajinan tangan) o Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana. | o Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*). o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah. | Tugas Individu | Uraian Objektif | – | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
3.3 Mengidentifika-si bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | Keseimbangan ekosistem B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. | o Mengerjakan uji kompetensi o Memahami bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, - Macan tutul dan harimau (mantel dan permadani) - Cenderawasih (topi) - Badak (cula) - Gajah (gading untuk hiasan rumah) o Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana. o Menyebutkan cara menanggulangi perburuan dan pemusnahan - Melindungi hewan dan tumbuhan langkah - Melakukan pembudidayaan hewan dan tumbuhan langkah - Menggunakan bahan pengganti dari tumbuhan, hewan ternak atau sintesis | o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular . o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka . | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | Pelestarian makhluk hidup A. Hewan dan tumbuhan langkah. | o Memahami peta konsep tentang Mengerjakn tugas dari guru o Memahami hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan langkah o Menyebutkan hewan yang dilindungi - Burung cendrawasih - Burung jalak - Badak bercula satu - Harimau sumatera - Komodo - Panda gorila - Orang utan o Membuat daftar dengan tabel hewan dan tumbuhan yang dilindungi o Menyebutkan hewan yang dilindungi - Bunga bangkai raksasa - Bunga rafflesia - Jamblang - Kesemek - Cendana | o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat | Pelestarian makhluk hidup B. Pentingnya pelestarian makhluk hidup. | o Memahami peta konsep tentang hewan dan tumbuhan langkah o Memahami cara agar hewan dan tumbuhan tidak punah - Melindungi tempat hidupnya - Mengembangbiakkan - Melarang kepemilikan satwa yang dilindungi o Menyebutkan tempat lindung untuk hewan dan tumbuhan - Suaka margasatwa - Cagar alam - Taman nasional - Taman hutan raya - Taman wisata alam o Menyebutkan tempat khusus untuk mengembangbiakkan yaitu dengan membuat penangkaran, seperti penengkaran buaya o Mengerjakan uji kompetensi sebagai tolak ukur pemahaman materi keseimbangan ekositem | o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *). | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda | Konduktor dan isolator panas A. Benda konduktor dan isolator panas. | o Memahami peta konsep tentang benda o Melakukan kegiatan lembar kerja o Memahami peta konsep tentang benda o Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut. o Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas o Menjawab soal pada lembar kegiatan o Memahami peta konsep tentang benda o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor - Sendok - Paku, o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator - Plastik - Kayu - Kertas - tembok | o Membedakan arti konduktor dan isolator. o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas o Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu, benda-benda lain. | ||||||
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas | Konduktor dan isolator panas B. Bahan untuk membuat konduktor dan isolator panas. | o Mengerjakan tugas o Menyebutkan kegunaan dari logam dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
o Menyebutkan sifat dari kaca tembus pandang dan keras o Menyebutkan kegunaan dari kaca dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari o Mengulang materi sebelumnya o Menyebutkan sifat dari kayu dan plastik yaitu tidak menghantarkan panas o Menyebutkan kegunaan dari kayu dan plastik - Gagang payung - Gagagang wajan - Tatakan gelas o Menyebutkan sifat dari kain (bahan sandang) yaitu tidak menghantarkan panas o Menyebutkan kegunaan dari kain dan contoh benda di dapur pelapis saat tangan memegang paci dan penggorengan panas o Membuat daftar peralatan dapur yang terbuat dari isolator o Menyebutkan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator
| o Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator. o Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan | Perubahan pada benda A. Faktor penyebab perubahan benda. | o Memahami peta konsep tentang perubahan benda o Mengerjakan tugas Menyebutkan penyebab perubahan benda - Pelapukan - Perkaratan - Pembusukan o Memahami proses pelapukan - Pelapukan biologi - Pelapukan fisika o Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan o Memahami proses perkaratan o Menyebutkan cara mencegah perkaratan dengan diskusi o Memahami penyebab pembusukan pada makanan o Menyebutkan cara mencegah pembusukan - Memberi bahan pengawet - Memanaskan makanan - Mengasinkan makanan - Mengasapkan makanan - Menyimpan makan di kulkas o Menyebutkan bahan pengawet alami dan buatan | o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu. o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Paku baru, air, gelas plastik, roti tawar, |
6.2 Mengidentifik-asi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari | Perubahan pada benda B. Faktor penentu dalam memilih benda atau bahan | o Memahami peta konsep perubahan pada benda o Menyebutkan kegunaan masing-masing benda sesuai dengan sifat-sifatnya o Mengerjakan uji kompetensi o Membahas latihan soal. o Latihan ulangan semester. | o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air. o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan Buku BSE | 8 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Ember, cangkul, pintu rumah |
Mengetahui, Kepala Sekolah .......................... ( .............................................. ) NIP: .............................. | | .......................................... 20 ..... Guru Kelas ( .............................................. ) NIP: .............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar