Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Satuan Pendidikan       : 
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           :  II/1
Alokasi Waktu             :  4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

I.Standar Kompetensi   : 1. mempraktekkan variasi gerak dasar melalui
                                       permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai yang
                                       terkandung didalamnya.
    
II. Kompetensi Dasar    :  1.1. mempraktekkan gerak dasar jalan, lari dan lompat
                                           bervariasi dalam   permainan yang menyenangkan
                                           dan nilai kerjasama , toleransi , kejujuran, tanggung
                                           jawab, menghargai lawan.     
    
III.  Indikator  : 

1.    berjalan melewati gawang
2.    berjalan sambil bergadengan tangan
3.    berjalan berbelok-belok
4.    berjalan diatas garis lurus
5.    berjalan diatas garis lingkaran
6.    berlari keberbagai arah (depan, belakang, samping)
7.    berlari mengelilingi lingkaran
8.    berlari zig-zag
9.    lompat tanpa dan dengan awalan
10.  melompat melewati dua buah garis 
    
IV. Tujuan Pembelajaran  : 

    Setelah guru memberi contoh kegiatan sesuai indikator, siswa  dapat :
    1.  melakukan berjalan melewati gawang 
    2.  melakukan berjalan bergandengan tangan
    3.  melakukan berjalan berbelok-belok
    4.   melakukan berjalan atas garis lurus
    5.   melakukan berjalan diatas garis lingkaran 
    6.   melakukan berlari keberbagai arah (depan, belakang, samping).
    7.   melakukan berlari mengelilingi lingkaran
    8.   melakukan berlari zig-zag
    9.   melakukan melompat tanpa dan memakai awalan
  10.   melakukan melompat melewati dua buah garis 

V .Materi Pokok  :

   -  Gerak dasar jalan, lari dan lompat
    
VI. Metode  :

      - Ceramah .  Demonstrasi/peragaan dan penugasan
    

VII.Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan I
Hari / tanggal  :
     Indikator :
    1.    berjalan melewati gawang
    2.    berjalan sambil bergadengan tangan
    3.    berjalan berbelok-belok
    4.    berjalan diatas garis lurus
5.      berjalan diatas garis lingkaran

    A. Pendahuluan / Kegiatan Awal  :  (10 Menit )
     1.  guru menyiapkan peralatan PBM sesuai materi ajar
     2.  mengabsen, pemeriksaan kebersihan kuku dan rambut.
     3.  baris, berdo’a, pengesekan denyut nadi
     4.  pemanasan statis dan dinamis

    B.Kegiatan Inti  ( 50 menit )
        1. Eksplorasi
            a.  Guru mendemonstrasikan kegiatan sesuai dengan materi ajar
            b.  siswa disuruh melakukan berjalan melewati gawang 
        2 .Elaborasi
            a. Guru memberi tugas pada siswa untuk melaksanakan tugas materi   
            b. siswa disuruh melakukan  tugas dari guru berdasar kelompoknya
        3. Konfirmasi
            Siswa mendiskusikan dan mendemonstrasikan hasil kerja kelompok.

     C. Kegiatan Akhir  : ( 10 menit )
         1.  guru menilai kegiatan siswa disetiap pertemuan 
         2.  relaksitas
         3.  pengecekkan nadi akhir
         4.  istirahat / masuk kelas

      Pertemuan II
      Hari / tanggal  :
      Indikator
1.   berlari keberbagai arah (depan, belakang, samping).
2.   berlari mengelilingi lingkaran
3.   berlari zig-zag
4.   melompat tanpa dan memakai awalan
5.   melompat melewati dua buah garis 

         A. Pendahuluan / Kegiatan Awal  :  (10 Menit )
             1.  guru menyiapkan peralatan PBM sesuai materi ajar
             2.  mengabsen, pemeriksaan kebersihan kuku dan rambut.
             3.  baris, berdo’a, pengesekan denyut nadi
             4.  pemanasan statis dan dinamis

         B. Kegiatan Inti  ( 50 menit )
    1.Eksplorasi
       a.  Guru mendemonstrasikan kegiatan sesuai dengan materi ajar
       b.  siswa disuruh melakukan berjalan melewati gawang 
    2. Elaborasi
       a.  Guru memberi tugas pada siswa untuk melaksanakan tugas materi
       b.  siswa disuruh melakukan  tugas dari guru berdasar kelompoknya
    3. Konfirmasi
        Siswa mendiskusikan dan mendemonstrasikan hasil kerja kelompok.

         C. Kegiatan Akhir  : ( 10 menit )
    1.  guru menilai kegiatan siswa disetiap pertemuan 
    2.  relaksitas
    3.  pengecekkan nadi akhir
    4.  istirahat / masuk kelas

VIII. Sumber/Media Belajar  :
       a.  Alat : Pluit, stop watch, lapangan, gawang, tali
       b.  Sumber : KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
            karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.
    
IX. Penilaian    
     Teknik  : Praktek 
      Bentuk  :  Penugasan
      Instrumen  :  
      Lembar soal praktek
      Pertemuan l
      1.  lakukan berjalan melewati gawang  !
      2.  lakukan berjalan bergandengan tangan !
      3.  lakukan berjalan berbelok-belok !
      4.  lakukan berjalan atas garis lurus !
      5.  lakukan berjalan diatas garis lingkaran !

      Pertemuan 2
      1.   lakukan berlari keberbagai arah (depan, belakang, samping). !
      2.   lakukan berlari mengelilingi lingkaran !
      3.   lakukan berlari zig-zag !
      4.   lakukan melompat tanpa dan memakai awalan !
      5.   lakukan melompat melewati dua buah garis  !

      Skor Nilai
      Pertemuan 1 dan 2
      Masing-masing nomor nilai maksimal 20 , jumlah sekor nilai maksimal = 100


Keterangan 

  
                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : 
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           :  II/1
Alokasi Waktu             :  4 x 35 menit (2x pertemuan)    

I .Standar Kompetensi  :  1. mempraktekkan variasi gerak dasar melalui permainan
                                        dan aktivitas jasmani, dan nilai terkandung didalamnya.
   
II.Kompetensi Dasar     : 1.2. mempraktekkan gerak dasar memutar, mngayun,
                                          menekuk   lutut dalam bebagai variasi permainan
                                          sederhana  serta nilai  kerjasama, toleransi, kejujuran,
                                         tanggung jawab.     
III. Indikator
     1.  gerakkan memutar kepala 
     2.  gerakkan latihan memutar lengan dan badan
     3.  mengayun lengan kedepan kebelakang
     4.  mengayun kedua lengan kedepan dan kebelakang
     5.  bertepuk tangan diatas kepala dan disamping paha
     6.  memegang lutut keatas / melipat secara bergantian 
     7.  mengangkat lutut kebelakang atas secara bergantian
     8.  memegang lutut sambil mendorong, bergantian
     9.  menekuk kedua lutut, tangan ke depan.
    
IV. Tujuan Pembelajaran 
     Setelah guru memberi contoh kegiatan sesuai materi, siswa harus dapat :
     1.  melakukan gerak memutar kepala
     2.  melakukan gerak memutar lengan dan badan
     3.  memutar mengayun lengan ke depan dan ke belakang
     4.  mengayun kedua lengan ke depan ke belakang
     5.  melakukan bertepuk tangan diatas kepala dan samping paha.
     6.  memegang lutut ke atas secara bergantian
     7.  melakukan mengangkat lutut ke belakang atas
     8.  memegang lutut sambil mendorongnya
     9.  melakukan menekuk kedua lutut, dan tangan kedepan 
    
V. Materi Pokok  :
     Gerak dasar memutar, mengayun, dan menekuk.
    
VI.Metode  :
:   Ceramah, Demonstrasi/peragaan ,pemberian tugas
    
VII .Langkah Pembelajaran     :
:     Pertemuan 1
      Hari / tanggal  :
      Indikator     
      1.  gerakkan memutar kepala 
      2.  gerakkan latihan memutar lengan dan badan
      3.  mengayun lengan kedepan kebelakang
      4.  mengayun kedua lengan kedepan dan kebelakang
      5.  bertepuk tangan diatas kepala dan disamping paha

    A. Kegiatan awal / Pendahuluan ( 10 menit )  :
        1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar, disetiap pertemuan.
        2.  mengabsen, memeriksa kesehatan gigi, kuku.
        3.  baris, berdo’a, pengecekkan nadi awal.
        4.  pemanasan statis dan dinamis

    B  Kegiatan Inti  ( 50 menit )
        1 .Eksplorasi
           a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
           b.  siswa memperhatikan  dan meragakan gerakan yang diragakan guru
        2. Elaborasi
           - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
           - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
        3.Konfirmasi
          - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja perorangan

    C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup  ( 10 Menit )
        1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
        2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
        3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
        4.  istirahat/masuk kelas

    Pertemuan  2
    Hari / tanggal  :
    Indikator
    1.  memegang lutut keatas / melipat secara bergantian 
    2.  mengangkat lutut kebelakang atas secara bergantian
    3.  memegang lutut sambil mendorong, bergantian
    4.  menekuk kedua lutut, tangan ke depan.

    A. Kegiatan awal / Pendahuluan ( 10 menit ) :
        1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar, disetiap pertemuan.
        2.  mengabsen, memeriksa kesehatan gigi, kuku.
        3.  baris, berdo’a, pengecekkan nadi awal.
        4.  pemanasan statis dan dinamis

    B  Kegiatan Inti ( 50 menit )
        1 .Eksplorasi
           a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
           b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
        2. Elaborasi
           - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
           - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
        3.Konfirmasi
          - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

    C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup ( 10 menit )
        1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
        2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
        3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
        4.  istirahat/masuk kelas

VIII. Sumber/Media Belajar  :
       1.  Alat : Pluit, stop watch, lapangan
       2.  Sumber : KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
           karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.

    
IX. Penilaian    
     Teknik  :  Praktek
     Bentuk  :  Penugasan/suruhan
     Instrumen  :  

     Lembar Soal Praktek
     Pertemuan 1
     1.  Lakukan memutar kepala ke arah kanan bergantian!
     2.  Lakukan gerakan memutar lengan dan badan!
     3.  Lekukan mengayunkan lengan ke depan, belakang!
     4.  Lekukan mengayunkan kedua lengan depan belakang!
     5.  Lakukan bertepuk tangan diatas kepala!

     Pertemuan 2
     1.  Lakukan melipat lutut ke atas sambil di pegang dua tangan!
     2.  Lakukan melipat lutut ke belakang di pegang satu tangan!
     3.  Lekukan memegang lutut ke depan sambil di dorong!
     4.  Lakukanlah menekuk ke dua lutut, dengan tangan ke depan!

     Sekor Nilai
     Pertemuan 1
     Tiap-tiap soal bernilai maksimal = 20 , Jumlah nilai maksimal  5 x 20 = 100
     Pertemuan 2
     Nomor 1-3, masing-masing bernilai maksimal 20 = 60
     Nomor 4 bernilai maksimal 40,  jumlah nilai maksimal = 100



                          
Keterangan :







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas/Semester            :  II/1
Alokasi Waktu              :  4 x 35 Menit ( 2 x pertemuan )
    
 I. Standar Kompetensi  :  1. mempraktekkan variasi suatu gerak dasar melalui
                                       permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai yang
                                       terkandung   didalamnya.
    
II. Kompetensi Dasar    :  1.3. mempraktekkan gerak dasar melempar, menangkap 
                                           ,menendang menggiring bola ke berbagai arah dalam
                                           permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi
                                           , jujur, tanggung jawab, memahami lawan dan diri.
    
 III. Indikator 
      1.  lempar tangkap bola kecil
      2.  melambung dan menangkap bola besar perorangan
      3.  melambung dan menangkap bola tangan sambil berjalan
      4.  melempar dan menangkap bola besar berpasangan.
      5.  menendang bola dengan kaki bagian dalam 
      6.  menggiring bola dengan kaki dalam dan punggung kaki
      7.  pasing bola operan bola mini yang dimodifikasi
    
 IV. Tujuan Pembelajaran
:     Setelah mempelajari materi ajar ini, sisiwa diharapkan dapat :
      1.  Melakukan lempar tangkap, bola kecil 
      2.  Melakukan melambungkan dan menangkap bola besar perorangan.
      3.  Melakukan melambung, menangkap bola sambil berjalan
      4.  Melakukan lempar tangkap bola berpasangan
      5.  Melakukan menendang bola dengan kaki bagian dalam
      6.  Melakukan menggiring bola dengan kaki dalam dan punggung kaki.
      7.  Melakukan operan bola
      8.  Melakukan bermain bola mini yang di dominifikasi.
    
 V. Materi Pokok  :
     Gerak dasar, melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola.
    
VI. Metode Pembelajaran  :
     Demonstrasi ,ceramah dan pemberian tugas
    
VII. Langkah Pembelajaran
      Pertemuan l     :
      Hari / tanggal   :  

      Indikator          :
      1.  lempar tangkap bola kecil
      2.  melambung dan menangkap bola besar perorangan
      3.  melambung dan menangkap bola tangan sambil berjalan
      4.  melempar dan menangkap bola besar berpasangan.

      A. Kegiatan Pendahuluan  ( 10 menit )
          1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar
          2. mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
          3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
          4.  pemanasan statis dan dinamis

      B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
          1 .Eksplorasi
             a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
             b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
          2. Elaborasi
             - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
             - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
          3. Konfirmasi
             - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

     C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup  ( 10 menit )
         1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
         2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
         3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
         4.  istirahat/masuk kelas

      Pertemuan 2
      Hari / tanggal  :
      Indikator
      1.  menendang bola dengan kaki bagian dalam 
      2.  menggiring bola dengan kaki dalam dan punggung kaki
      3.  pasing bola operan bola mini yang dimodifikasi

      A. Kegiatan awal / Pendahuluan ( 10 menit )
          1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar, disetiap pertemuan.
          2.  mengabsen, memeriksa kesehatan gigi, kuku.
          3.  baris, berdo’a, pengecekkan nadi awal.
          4.  pemanasan statis dan dinamis

      B  Kegiatan Inti ( 50 menit )
          1 .Eksplorasi
              a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
              b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
          2. Elaborasi
             - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
             - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
          3. Konfirmasi
             - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

      C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup ( 10 menit )
          1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
          2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
          3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
          4.  istirahat/masuk kelas

    
VIII. Sumber/Media Belajar
       1.  Alat : Pluit, stop watch, bola kasti, bola voli
       2.  Sumber : KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
           karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.

    
IX. Penilaian    
    Teknik  :  Praktek / tes perbuatan
    Bentuk  :  Seluruh  / penugasan
    Instrumen  :  

    Lembar Soal
    Pertemuan l
    1.  lakukanlah, lempar tangkap bola kecil!
    2.  lakukanlah, lambung-tangkap bola besar secara individu!
    3.  lakukanlah, lambung-tangkap sambil berjalan!
    4.  lakukanlah, lempar-tangkap bola besar secara berpasangan!

    Pertemuan 2
    1.  lakukan menendang bola dengan kaki dalam!
    2.  lakukan menggiring bola dengan kaki dalam dan punggung kaki!
    3.  lakukan operan/pising bola secara berpasangan!
    4.  lakukanlah bermain bola mini!

    Skor Nilai
    Pertemuan l dan 2
    Nomor soal s/d 3 rentan nilai/bobot = 20 masing-masing nomor
    Nomor soal 4- bobot nilai 40, jumlah sekor nilai 100






Keterangan :








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            :  II/1
Alokasi Waktu              :  4 x 35 menit / 2 x pertemuan
    
 I. Standar Kompetensi  :  2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan  
                                          nilai-  nilai di dalamnya.
    
 II. Kompetensi Dasar    : 2.1.  Mempraktekkan suatu jenis bentuk latihan untuk
                                             meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai
                                             dengan mengikuti aturan.  
    
 III. Indikator  :
     1.  saling menarik satu dan dua tangan
     2.  mendorong tembok dengan tangan Satu
     3.  gerak jongkok berdiri
     4.  gerak loncat-loncat ditempat dan melompat ditempat
     5.  jalan sambil mengangkat lutut
     6.  berdiri dengan dua kaki sambil jinjit
     7.  berdiri dengan satu kaki
     8.  duduk meletakan tumit di ujung kaki
     9.  duduk mengangkat kedua ujung kaki 30 cm
    10.  duduk dikursi sambil meluruskan kaki kemudian tidur terlentang, sambil  
          mengangkat satu kaki.
    
 IV. Tujuan Pembelajaran
:     Setelah mempelajari materi sesuai indikator disetiap pertemuan,siswa dapat :
     1.  melakukan gerak saling menarik dengan satu tangan dan dua tangan.
     2.  melakukan mendorong tembok dengan tangan satu
     3.  melakukan jongkok-berdiri
     4.  melakukan loncat-loncat ditempat dan melompat ditempat
     5.  melakukan berjin sambil mengangkat lutut
     6.  melakuakan berdiri dengan dua kaki sambil jinjit
     7.  melakukan berdiri dengan satu kaki
     8.  melakukan duduk meletakkan tumit diujung kaki
     9.  melakukan duduk mengangkat kedua ujung kaki 30 cm
   10.  melakukan duduk dikursi meluruskan kaki, tidur terlentang sambil angkat
         kaki.
    
V. Materi Pokok  :
    -  Kekuatan otot lengan dan tungkai
    
VI. Metode Pembelajaran  :
      Ceramah , Demonstrasi dan penugasan

VII. Langkah Pembelajaran
      Pertemuan 1
      Hari / tanggal  :
      Indikator
      1.  saling menarik satu dan dua tangan
      2.  mendorong tembok dengan tangan Satu
      3.  gerak jongkok berdiri
      4.  gerak loncat-loncat ditempat dan melompat ditempat
      5.  jalan sambil mengangkat lutut
  
      A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
          1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar
          2.  mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
          3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
          4.  pemanasan statis dan dinamis

      B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
          1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
             b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
         2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
         3.Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

     C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
         1.  guru menilai kegiatan siswa disetiap pertemuan
         2.  guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan kegiatan
         3.  relaksitas, duduk santai
         4.  istirahat

    Pertemuan 2
    Hari / tanggal  :
    Indikator  
    1.  berdiri dengan dua kaki sambil jinjit
    2.  berdiri dengan satu kaki
    3.  duduk meletakan tumit di ujung kaki
    4.  duduk mengangkat kedua ujung kaki 30 cm
    5.  duduk dikursi sambil meluruskan kaki kemudian tidur terlentang, sambil  
         mengangkat satu kaki.

    A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
          1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar
          2.  mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
          3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
          4.  pemanasan statis dan dinamis

      B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
          1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
             b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
         2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
         3.Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

     C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
         1.  guru menilai kegiatan siswa disetiap pertemuan
         2.  guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan kegiatan
         3.  relaksitas, duduk santai
         4.  istirahat

VIII. Sumber/Media Belajar
       1.  Alat pembelajaran
            Pluit, stop watch, lapangan, bambu, tali
       2.  Sumber : KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
           karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.

IX. Penilaian    
     Teknik  :  Praktek
     Bentuk  :  buruhan
     Instrumen  :   
     Lembar Soal
     Pertemuan 1
     1.  lakukanlah saling menarik dengan satu atau dua tangan!
     2.  lakukanlah mendorong tembok dengan satu tangan!
     3.  lakukanlah jongkok berdiri!
     4.  lakukan jalan dengan mengangkat lutut!
     5.  lakukanlah berdiri jinjit!

     Pertemuan 2
     1.  lakukanlah loncat-loncat ditempat!
     2.  lakukanlah berdiri dengan satu kaki!
     3.  lakukanlah duduk, dan tumit diujung kaki!
     4.  lakukanlah duduk dan mengangkat kaki 30 cm!
     5.  lakukanlah tidur terlantar sambil mengangkat kaki!

     Skor Nilai
     Pertemuan 1 dan 2
     Bobot nilai tiap nomor 20 , dan sekor nilai maksimal 100


Keterangan :         






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan       
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           :  II/1
Alokasi Waktu             :  4 x 35 menit / 2 x pertemuan
    
I .Standar Kompetensi  :  2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan 
                                      nilai-  nilai di dalamnya.
    
II.Kompetensi Dasar     :  2.2.  Mempraktekkan berbagai aktivitas untuk melatih   
                                            keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai estetika.
                                     2.3.  Membiasakan bergerak dengan benar.
III. Indikator :
     1.  lakukanlah saling menarik dengan satu atau dua tangan!
     2.  lakukanlah mendorong tembok dengan satu tangan!
     3.  lakukanlah jongkok berdiri!
     4.  lakukan jalan dengan mengangkat lutut!
     5.  lakukanlah berdiri jinjit!
     6.  lari ditempat mengangkat lutut
     7.  lari ditempat tumit menyentuh pantat
     8.  jalan dan lari
     9.  jalan, lari dan lompat.
    
IV. Tujuan Pembelajaran
:     Setelah mempelajari materi sesuai indikator disetiap pertemuan,siswa dapat :
      1. melakukan jalan jinjit
      2. melakukan berjalan dengan tumit 
      3. melakukan jalan diatas garis
      4. makukan berjin diatas titian bambu
      5. melakukan berjin sambil membawa benda dikepala
      6. melakukan lari ditempat mengangkat lutut
      7. melakuakn lari ditempat tumit menyentuh tumit
      8. melakukan jalan dan lari
      9. melakukan jalan, lari dan lompat
    
V.  Materi Pokok  :
      -  keseimbangan statis dan dinamis
      -  bergerak bebas.
    
VI. Metode Pembelajaran :
      Ceramah ,  Demonstrasi  dan Penugasan

VII. Langkah Pembelajaran
      Pertemuan 1
      Hari / tanggal  :
      Indikator  
       1.  lakukanlah saling menarik dengan satu atau dua tangan!
       2.  lakukanlah mendorong tembok dengan satu tangan!
       3.  lakukanlah jongkok berdiri!
       4.  lakukan jalan dengan mengangkat lutut!
       5.  lakukanlah berdiri jinjit!
      A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar
2.  mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
4.  pemanasan statis dan dinamis

     B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
         1 .Eksplorasi
             a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
             b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
         2. Elaborasi
             - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
             - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
         3 .Konfirmasi
             - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

    C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.  guru menilai kegiatan siswa disetiap pertemuan
2.  guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan kegiatan
3.  relaksitas, duduk santai
4.  istirahat

     Pertemuan 2
     Hari / tanggal  :
     Indikator 
     l.  lari ditempat mengangkat lutut
     2.  lari ditempat tumit menyentuh pantat
     3.  jalan dan lari
     4.  jalan, lari dan lompat.

    A. Kegiatan awal / Pendahuluan ( 10 menit ) :
        1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar, disetiap pertemuan.
        2.  mengabsen, memeriksa kesehatan gigi, kuku.
        3.  baris, berdoa, pengecekkan nadi awal.
        4.  pemanasan statis dan dinamis

    B  Kegiatan Inti ( 50 menit )
        1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
            b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
        2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
        3. Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

    C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup ( 10 menit )
        1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
        2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
        3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
        4.  istirahat/masuk kelas

VIII. Sumber/Media Belajar
1.    Alat :
            Pluit, stop watch, lapangan, bambu, tali
        2.  Sumber : KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
            karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.

IX. Penilaian    
     Teknik  :  Praktek
     Bentuk  :  buruhan
     Instrumen  :   
     Lembar Soal praktek
     Pertemuan 1
     1.  lakukanlah jalan jinjit!
     2.  lakukanlah jalan dengan tumit!
     3.  lakukanlah jalan diatas garis!
     4.  lakukanlah berjalan diatas titian!
     5.  lakukanlah berjalan sambil membawa benda dikepala!

     Pertemuan 2
     1.  lakukanlah lari ditempat mengangkat lutut!
     2.  lakukanlah lari ditempat tumit menyentuh pantat!
     3.  lakukan jalan dan lari!
     4.  lakukanlah jalan, lari dan lompat!

     Skor Nilai
     Pertemuan 1
     Tiap nomor bernilai 20 , Jumlah  nilai maksimal  100
     Pertemuan 2
     Nomor 1s/d 3 bobot nilai masing-masing 20 = 60
     Nomor 4 bobot = 40, jumlah sekor nilai = 100




Keterangan  :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : 
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keshatan
Kelas/Semester           :  II/1
Alokasi Waktu             :  4 x 35 menit (2x pertemuan)
    
I. Standar Kompetensi  :  3. mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai
                                         yang  terkandung didalamnya.
    
II. Kompetensi Dasar    : 3.1 mempraktekkan senam ketangkasan sederhana tanpa
                                          menggunakan alat melompat dan meloncat dengan
                                          isyarat keberbagai arah.
    
III. Indikator  : 
     1.  melompat keberbagai arah dengan isyarat (engklek keberbagai arah)
     2.  melompat keberbagai arah dengan isyarat (gerakkan meloncat melompat
     3.  melompat dan meloncat keberbagai arah

    
IV. Tujuan Pembelajaran  :
     Setelah mempelajari materi, siswa  dapat :
     1.  melakukan lompat engklek ke depan dan ke belakang bergantian kaki
     2.  melakukan lompat engklek kesamping kanan dan kiri
     3.  melompat kedepan empat kali dengan isyarat
     4.  melakukan loncat kesamping kanan kiri empat kali dengan isyarat
     5.  melakukan loncat dan lompat ke depan dan ke belakang
    
V. Materi Pokok  :
     -  Senam ketangkasan tanpa alat
    
VI. Metode Pembelajaran :
      Demonstrasi dan penugasdan / praktek
    
VII. Langkah Pembelajaran    
      Pertemuan 1 dan 2
      Hari / tanggal  :
      Indikator
      1.  melompat keberbagai arah dengan isyarat (engklek keberbagai arah)
      2.  melompat keberbagai arah dengan isyarat (gerakkan meloncat melompat
      3.  melompat dan meloncat keberbagai arah

      A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.  guru menyiapkan peralatan olah raga sesuai materi ajar
2.  mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
4.  pemanasan statis dan dinamis

      B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
         1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
            b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
         2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
         3.Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

     C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.  guru membimbing siwa yang belum mampu melakukan kegiatan
2.  guru menilai kegiatan siswa
3.  relaksitas, santai-istirahat

VIII. Sumber/Media Belajar  :
       1.   Alat
            Pluit, stop watch, gawang, ban bekas/kardus
       2.  Sumber
            KTSP Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
            karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.
  
IX. Penilaian    
     Teknik  :  Praktek
     Bentuk  :  Seluruh/penugasan
     Instrumen  :  
     Lembar Soal
     1.  Lakukan lompat engklek ke depan dan ke belakang bergantian kaki
     2.  Lakukan lompat engklek kesamping kanan dan kiri
     3.  Lompat kedepan empat kali dengan isyarat
     4.  Lakukan loncat kesamping kanan kiri empat kali dengan isyarat
     5.  Lakukan loncat dan lompat ke depan dan ke belakang

Skor Nilai
Pertemuan 1 dan 2
Masing-masing nomor nilai maksimal 20 , jumlah sekor nilai maksimal = 100




Keterangan  :







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : 
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keshatan
Kelas/Semester           :  II/1
Alokasi Waktu             :  4 x 35 menit (2x pertemuan)
    
I. Standar Kompetensi  :  3. mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai
                                         yang  terkandung didalamnya.
    
II. Kompetensi Dasar    :  3.2  mempraktekkan senam ketangkasan dengan   
                                           menggunakan alat sederhana dengan percaya diri.
    
III. Indikator  : 
    1.  lompat melewati gawang keberbagai arah dengan isyarat (melompati gawang
         kedepan, keblakang, kekiri dan kekanan)
    2.  loncat melewati gawang keberbagai arah dengan isyarat (meloncati gawang 
         kedepan, ke kanan, dan ke kiri)
    
IV. Tujuan Pembelajaran  :
     Setelah mempelajari materi, siswa  dapat :
     1.  melakukan lompat gawang dengan isyarat ke depan 
     2.  melakukan lompat gawang dengan isyarat ke belakang
     3.  melakukan loncat gawang/ban bekas kedepan empat kali
     4.  melakukan loncat gawang ke belakang empat kali
     5.  melakukan loncat gawang kesamping kanan dan kiri
    
V. Materi Pokok  :
    Senam ketangkasan dengan  alat
    
VI. Metode  :
      Demonstrasi / praktek
    
VII. Langkah Pembelajaran    
      Pertemuan 1 dan 2
      Hari / tanggal  :
      Indikator         :
1.    lompat melewati gawang keberbagai arah dengan isyarat (melompati 
     gawang    kedepan, keblakang, kekiri dan kekanan)
      2.  loncat melewati gawang keberbagai arah dengan isyarat (meloncati gawang
           kedepan, ke kanan, dan ke kiri)

       A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.  guru menyiapkan peralatan olah raga sesuai materi ajar
2.  mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
3.  baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
4.  pemanasan statis dan dinamis

     B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
         1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
            b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
         2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
         3.Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

     C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.  guru membimbing siwa yang belum mampu melakukan kegiatan
2.  guru menilai kegiatan siswa
3.  relaksitas, santai-istirahat

VIII. Sumber/Media Belajar  :
       1.  Alat
            Pluit, stop watch, gawang, ban bekas/kardus
       2.  Sumber
            KTSP Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
            karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.
  
IX. Penilaian    
    Teknik  :  Praktek
    Bentuk  :  Seluruh/penugasan
    Instrumen  :  
    Lembar Soal
     1.  Lakukan lompat gawang dengan isyarat ke depan  !
     2.  Lakukan lompat gawang dengan isyarat ke belakang !
     3.  Lakukan loncat gawang/ban bekas kedepan empat kali !
     4.  Lakukan loncat gawang ke belakang empat kali !
     5.  Lakukan loncat gawang kesamping kanan dan kiri !

     Skor Nilai
     Pertemuan 1 dan 2
     Masing-masing nomor nilai maksimal 20 , jumlah sekor nilai maksimal = 100



Keterangan :








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            :  II/1
Alokasi Waktu              :  4 x 35 menit (2x pertemuan)
    
I. Standar Kompetensi  :  4. mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasi
                                         kan  dengan arah, ruang dan nilai-nilai yang
                                         terkandung  didalamnya.
    
 II. Kompetensi Dasar    :  4.1  mempraktikkan gerak ritmik kedepan, belakang / ke
                                        samping secara berpasangan dengan diiringi musik, dan
                                        nilai kerjasama mempraktikkan gerak ritmik diorienta
                                        sikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan
                                        musik, serta nilai disiplin dan kerjasama.
    
III. Indikator  : 
     1. gerak ritmik berpasangan diiringi musik, ke berbagai arah, ke depan,
         ke belakang, ke samping kanan dan kiri.
     2. bisa diganti dengan senam (SKJ) atau materi senam lainnya 
     3. berjalan dengan mengikuti irama lagu
     4. berjalan mengikuti irama lagu sambil bertepuk tangan
     5. berjalan dengan koordinasi ritmik / ketukan
    
IV. Tujuan Pembelajaran
:     Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu :
     1. melakukan gerak ritmik (SIS)
     2. berjalan dengan mengikuti irama / ketukan
     3. berjalan sambil bertepuk tangan sesuai irama
     4. berjalan dengan koordinasi ketukan
    
V. Materi Pokok  :
    -  Aktivitas ritmik
    
VI. Metode  :
     - Ceramah ,  Demonstrasi , Penugasan
    
VII. Langkah Pembelajaran
   Pertemuan l
   Hari / tanggal  :
   Indikator         :
   1. gerak ritmik berpasangan diiringi musik, ke berbagai arah, ke   depan,
       ke belakang, ke samping kanan dan kiri.
   2. bisa diganti dengan senam (SIS) atau materi senam lainnya 

   A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
       1. guru menyiapkan peralatan untuk kegiatan sesuai materi ajar
       2. mengabsen, memeriksa kesehatan siswa
       3. baris, berdo’a pengecekkan denyut nadi
       4. pemanasan statis dan dinamis

   B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
       1 .Eksplorasi
          a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
          b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
       2. Elaborasi
          - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
          - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
       3.Konfirmasi
         - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

   C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
       1.  guru memberi pengarahan tentang materi yang belum dipahami siswa
       2.  relaksitas
       3.  guru menilai kegiatan siswa
       4.  istirahat

   Pertemuan 2
   Hari / tanggal  :
   Indikator         :
    1. berjalan dengan mengikuti irama lagu
    2. berjalan mengikuti irama lagu sambil bertepuk tangan
    3. berjalan dengan koordinasi ritmik / ketukan

    A. Kegiatan awal / Pendahuluan  : ( 10 menit )
        1.  guru menyiapkan peralatan sesuai materi ajar, disetiap pertemuan.
        2.  mengabsen, memeriksa kesehatan gigi, kuku.
        3.  baris, berdoa, pengecekkan nadi awal.
        4.  pemanasan statis dan dinamis

    B  Kegiatan Inti ( 50 menit )
        1 .Eksplorasi
            a.  guru  menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan sesuai materi ajar
            b.  siswa melakukan dan mendemonstrasikan tugas dari guru
        2. Elaborasi
            - Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan kegiatan
            - siswa memperhatikan dan melaksanakan gerakan yang diberikan
        3. Konfirmasi
           - Siswa mendemonstrasikan hasil kerja secara individu / perorangan

    C. Kegiatan Akhir / Kegiatan penutup ( 10 menit )
        1.  guru menilai kegiatan siswa sesuai materi di setiap pertemuan.
        2.  relaksitas, sambil tanya jawab tentang materi
        3.  pemeriksaan denyut nadi akhir
        4.  istirahat/masuk kelas
    
VIII. Sumber/Media belajar :
       1.  Alat  :
            Pluit, stop watch, radio kaset
       2.  Sumber :
            KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga   
            karangan Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.
   
IX. Penilaian    
     Teknik  :  Praktek
     Bentuk  :  Seluruh/penugasan
     Instrumen  :  
     Lembar Soal
     Pertemuan 1
1.     lakukanlah gerakan Pemanasan senam Indonesia Sehat !
     2.   lakukanlah gerakan inti senam Indonesia Sehat  !
     3.   lakukanlah gerakan pendinginan senam Indonesia Sehat !

     Pertemuan 2
     1. Lakukan berjalan dengan mengikuti irama / ketukan !
     2. Lakukan berjalan sambil bertepuk tangan sesuai irama !
     3. Lakukan berjalan dengan koordinasi ketukan !

     Sekor Nilai
     Pertemuan l
     Nomor 1 dan 3  bobot 25 , nomor 2  bobot 50, Jumlah nilai maksimal100
     Pertemuan 2
     Nomor l dan 3  bobot 30 , nomor 2 bobot 40 , jumlah nilai maksimal 100



Keterangan :




















                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             :  II/1
Alokasi Waktu              :  4 x 35 menit (2x pertemuan)
    
 I. Standar Kompetensi :  5. menerapkan budaya hidup sehat
    
II.. Kompetensi Dasar  :  5.1 menjaga kebersihan rambut, hidung dan telinga
                                         memilih makanan bergizi
    
III. Indikator  : 
     1.  menyebutkan arti kesehatan pribadi 
     2.  memberi tiga contoh kebersihan pribadi
     3.  menyebutkan kegunaan dari rambut, hidung dan telinga
     4.  menyebutkan tiga cara menjaga kebersihan/kesehatan hidung
     5.  menyebutkan 4 sehat 5 sempurna
     6.  menyebutkan alasan bahwa makanan harus dicuci dan di masak.
     7.  menyebutkan alasan bahwa makanan harus ditutup rapat
     8.  menyebutlan asal mula nasi
     9.  menyebutkan tiga contoh lauk pauk.
    
IV. Tujuan Pembelajaran  :
     Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat :
     1.  menyebutkan kegunaan rambut, hidung dan telinga
     2.  memberi contoh cara menjaga kebersihan hidung
     3.  menyebutkan guna bulu hidung
     4.  menyebutkan arti kesehatan pribadi
     5.  menyebutkan 3 cara-cara kebersihan pribadi
     6.  menyebutkan 4 sehat 5 sempurna
     7.  menyebutkan alasan harus di cuci dan dimasak
     8.  menyebutkan asal mula nasi
     9.  menyebutkan alasan makanan harus ditutup rapat
   10.  menyebutkan 3 contoh lauk pauk
    
V. Materi Pokok  :
     - Kebersihan diri sendiri, dan makanan bergizi
    
VI. Metode  :
      -  Ceramah, tanya jawab, peragaan
    
VII. Langkah Pembelajaran    :
      Pertemuan 1
      Hari / tanggal  :
      Indicator
      1.  menyebutkan arti kesehatan pribadi 
      2.  memberi tiga contoh kebersihan pribadi
      3.  menyebutkan kegunaan dari rambut, hidung dan telinga
      4.  menyebutkan tiga cara menjaga kebersihan/kesehatan hidung


     A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
         1.  mengabsen, berdo’a
         2.  mengkondisikan situasi siswa
         3.  apersepsi, dengan  pemeriksaan kebersihan rambut, hidung dan telinga

     B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
         1.  Eksplorasi
             - Guru menjelaskan arti kesehatan pribadi dan contohnya
             - Guru menjelaskan guna rambut,hidung telinga dan cara menjaga hidung
        2.  Elaborasi
            - Guru mem,beri tugas kepada masing masing kelompok
            - Siswa mengerjakan tugas yang diberikan berdasar kelompoknya
        3.  Konfirmasi
             - Siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasil kerja kelompok

    C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
        1. guru menilai kegiatan siswa
        2. guru menindak lanjuti siswa yang belum mendapat nilai maksimal.
        3. memberi tugas sesuai dengan materi 

    Pertemuan 2
    Hari / tanggal  :
    Indikator
    1.  menyebutkan 4 sehat 5 sempurna
    2.  menyebutkan alasan bahwa makanan harus dicuci dan di masak.
    3.  menyebutkan alasan bahwa makanan harus ditutup rapat
    4.  menyebutlan asal mula nasi
    5.  menyebutkan tiga contoh lauk pauk.

    A. Kegiatan Awal  /  Pendahuluan ( 10 menit )
        1.  mengabsen, berdo’a
        2.  mengkondisikan situasi siswa
        3.  apersepsi, dengan  menanyakan siapa yang sarapan pagi

    B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
        1.  Eksplorasi
             - Guru menjelaskan tentangmateri pertemuan
             - siswa memperhatikan peragaan dan penjelasan Guru
        2.  Elaborasi
             - Guru memberi tugas pada masing masing kelompok
        3.  Konfirmasi
            - Siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasil kerja kelompok

     C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
         1. guru menilai kegiatan siswa
         2. guru menindak lanjuti siswa yang belum mendapat nilai maksimal.
         3. memberi tugas sesuai dengan materi 

VIII. Sumber/Media Belajar  :
       1. Alat :
           Media langsung (manusia), contoh makanan ,gambar

  2. Sumber :
      KTSP, Buku Sumber Penjas orkes kelas II, Penerbit Erlangga , karangan   
      Team Abdi Guru ( 2006 ), Reverensi Guru.

IX. Penilaian    
     Teknik  :  Tulisan, tanya jawab
     Bentuk  :  Isian (jawaban singkat)
     Instrumen  :  
     Lembar Soal
     Pertemuan 1
     1.  kesehatan pribadi adalah….
     2.  berikan 3 contoh kesehatan pribadi…….
     3.  apa gunanya hidung, telinga dan rambut….
     4.  apa gunanya bulu hidung….
     5.  tuliskan 3 contoh cara menjaga kebersihan hidung!

     Pertemuan 2
     1.  sebutkan apa saja yang termasuk 4 sehat 5 sempurna!
     2.  mengapa makanan harus dicuci dan di masak dulu?
     3.  mengapa makanan harus ditutup rapat?
     4.  berikan 3 contoh yang termasuk lauk pauk!
     5  .apa yang terjadi bila kita makanan yang sudah basi ?

    Sekor Nilai
    Setiap soal bobot nilai sama  20. nilai maksimal = 100



Keterangan  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar