Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
1.1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | Organ tubuh manusia dan hewan A.Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan | o Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan o Memahami istilah dari
o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut o Memahami proses pernapasan pada :
o Mendeskripsikan alat pernapasan hewan | o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Stoples plastik bening besar - Pipa kecil bercabang tiga - Plastisin - Karet gelang - Sedotan - Tiga balon kecil - Lakban - Gunting - Silet | ||||
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan | Organ tubuh manusia dan hewan B.Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia. C.Hubungan Makanan Dan Kesehatan | o Melakukan tugas 1.2 o Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
o Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar o Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan o Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan o Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya o Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna) o Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar. | o Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia. o Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. o Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat. o Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. | Tugas Individu | Uraian Objektif | – | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||
1.4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia. | Organ tubuh manusia dan hewan D. Alat Peredaran Darah Pada Manusia. | o Melakukan kegiatan 1.2 o Memahami fungsi jantung dan pembuluh darah. o Memahami bahwa jantung terdiri dari empat ruang
o Memahami bahwa pembuluh darah - Pembuluh Nadi (Arteri) - Pembuluh Balik (Vena) o Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik o Memahami intilah
o Memahami proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh - Pembuluh Nadi (Arteri) - Pembuluh Balik (Vena) o Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain | o Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar. | Tugas Individu | Laporan | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Stopwatch - Jam tangan | ||||
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia | Organ tubuh manusia dan hewan D.Alat Peredaran Darah Pada Manusia. | o Melakukan uji kompetensi o Latihan soal o Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah - Anemia - Leukimia - Hipertensi - Penyakit jantung bawaan - Pembuluh nadi mengeras o Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah - menghindari makanan berlemak tinggi - membiasakan pola makan yang sehat - kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur o Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik | o Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah. | Tugas Individu | Laporan | Soal latihan di LKE dan buku BSE Latihan ulangan | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||||
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan | Tumbuhan Hijau A. Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau | o Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis o Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan - air → diperoleh melalui akar - karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan lentisel - cahaya matahari → diserap oleh klorofil o Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3) o Mengetahui hasil fotosintesis berupa - Karbohidrat - oksigen o Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya a. di dalam umbi b. di dalam buah c. dalam biji d. di dalam batang | o Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. o Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan. | Tugas Individu | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan | Tumbuhan Hijau B. Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau C. Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau. | o Melakukan tugas 2.2 o Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan o Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan a. Daun-daunan
b. Bunga-bungaan
c. Buah-buahan
d. Umbi-umbian
e. Tunas
f. Biji
o Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai a. Penyedap rasa - gula pasir → tebu - bumbu (merica, cengkeh, pala , kunyit, jahe) b. Obat-obatan - Pil kina (obat penyakit malaria) → kulit pohon kina c. Bahan sandang - Kain katun → serat kapas d. Peralatan rumah tangga - Kursi, meja → kayu dan bambu | o Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya. o Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi. o Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau. | Tugas Individu | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya A. Penyesuaian dengan lingkungannya | o Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya o Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan - Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis) - Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat o Melakukan tugas 3.1 o Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya - Bunglon → mengubah warna tubuhnya - Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat - Walang daun → bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun - Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat - tubuh ke tubuh musuhnya o Melakukan tugas | o Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya. | Tugas Individu | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya B. Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya | o Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya o Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air. o Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda - Pohon jati → merontokkan atau menggugurkan daunnya - Kaktus → bentuk daun duri untuk mengurangi penguapan, batang kaktus menyimpan air. - Teratai → Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara - Tumbuhan kantong semar→ Daun berbentuk kantong o Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya - Bunga mawar → Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil - Bunga bugenvi → memiliki duri-duri panjang-panjang - Pohon mangga, kamboja, alamanda → Mengeluarkan getah - Buah durian → Memiliki kulit berduri | o Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam. | – | Uraian Objektif | – | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas | Benda dan sifatnya A. Penyusun bahan tali temali. B. Kekuatan bahan tali temali C. Sifat tali temali | o Melakukan kegiatan 4.1 s.d 4.3 o Memahami peta konsep tentang bahan tali temali o Mengetahui bahan penyusun tali temali - Serat : Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik - Benang : Benang jahit, benang kasur, benang nilon - Tambang atau tali : Tambang plastik, tambang kawat, o Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali: - Lentur - Kuat o Memahami peta konsep tentang bahan tali temali. o Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya - Struktur pilinan - Struktur anyaman - Struktur lurus o Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya o Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali | o Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. o Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya. o Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya. o Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. o Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar, tiga batu kecil, ember berisi air | ||
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap | Benda dan sifatnya D. Perubahan sifat benda E. Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali | o Melakukan kegiatan dalam buku o Mengerjakan uji kompetensi o Memahami penyebab perubahan pada benda
o Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali. o Memahami prosese pembuatan garam o Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali. - Pembusukan pada sayuran dan buah - Pemasakan nasi - Pembuatan bubur - Perkaratan pada besi | o Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan. o Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses. o Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda. o Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses. o Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal latihan di LKE dan buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Sebatang lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air. |
Mengetahui, Kepala Sekolah ( .............................................. ) NIP : .............................. | | .......................................... 20 ..... Guru Kelas ( .............................................. ) NIP : .............................. |
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
5.1Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) | Energi dan Perubahannya A. Gaya magnet B. Gaya gravitasi C. Gaya gesekan | o Memahami peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan o Memahami istilah magnet o Melakukan kegiatan dalam paket o Mengerjakan tugas o Menyebutkan beberapa kegunaan dari magnet
o Memahami cara pembutan magnet dengan cara : - Induksi - Gosokan - Aliran listrik o Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi o Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi - Segala benda di Bumi menjadi kacau - Setiap benda tidak lagi memiliki berat - Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi o Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda. o Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,. o Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek - Membantu benda bergerak tanpa tergelincir - Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak - Menahan benda-benda agar tidak bergeser. o Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan : - Bahan karet - Paku-paku atau pul o Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek - Menghambat gesekan - Memboroskan energi - Mengikis permukaan yang bergesekan o Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan - Memasang roda - Memasang bantalan peluru - Menghaluskan permukaan benda - Menghambat gerakan - Mengikis permukaan yang bergesekan - Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan | o Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis. o Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan. o Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari. o Membuat magnet. o Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. o Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi. o Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus). o Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan. o Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal pada LKE dan Buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Magnet, peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris - Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng. | ||||||||
5.2Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat | Energi dan Perubahannya A. Pesawat sederhana B. Jenis-jenis pesawat sederhana | o Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana o Melakukan kegiatan 5.13 s.d 5.16 o Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana - melipatgandakan gaya atau kemampuan kita - mengubah arah gaya yang kita lakukan - menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan o Menyebutkan jenis pesawat sederhana
o Memahami pengertian
o Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya o Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana o Menyebutkan bidang miring
o Menyebutkan jenis katrol
o Menyebutkan penggunaan katrol dan roda | o Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda. o Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda. o Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana. o Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Soal pada LKE dan Buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih, sendok. - Dua buah sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu - Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
6.1 Mendeskripsi-kan sifat-sifat cahaya | Cahaya Dan Sifat-Sifatnya A. Sifat cahaya B. Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan. | o Memahami peta konsep tentang cahaya o Melakukan kegiatan 6.1 s.d 6.9 o Menyebutkan sifat cahaya : - cahaya merambat lurus - cahaya menembus benda bening - cahaya dapat dipantulkan. - cahaya dapat dibiaskan - cahaya putih terdiri dari berbagai warna o Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. o Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung. o Memahami istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal, spektrum. o Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. o Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya o Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil. o Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak - Membaca di tempat terang - Tidak memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan. o Mengetahui cacat mata
o Menyebutkan alat-alat optik yang lain
| o Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap). o Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). o Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan. o Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna. o Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Soal pada LKE dan Buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Karton tebal, tiga kayu, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, triplek, plastik bening, botol bening, air jernih dan berlumpur - Senter, cermin datar, kertas hitam, sendok makan, pulpen, pensil, mangkuk bening,baskom, selembar kertas putih. | ||||
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya. | Cahaya Dan Sifat-Sifatnya C. Karya berteknologi sederhana Cahaya Dan Sifat-Sifatnya C. Karya berteknologi sederhana | o Membuat kaca pembesar dari air o Membuat kaca pembesar dari bohlam o Membuat kamera lubang jarum o Membuat spektrum cahaya o Membuat kaleidoskop Membuat cakram warna o Membuat periskop | o Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana. o Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai. o Menggunakan bahan/benda yang sesuai. o Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan. o Menguji cara kerja model yang dibuat. o Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik. o Menerapkan prinsip keselamatan kerja. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Membuat kaca pembesar dari - Air - Bohlam Membuat kamera lubang jarum Membuat spektrum cahaya Membuat cakram warna Membuat periskop | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Plastik, rantang, panci besar, air, garam dapur, bongkahan es - Kertas karton, pelubang kertas, kotak kecil, segelas air putih, sendok kecil, kertas koran. - Bohlam bekas, obeng, olastik, karet gelang, air jernih, kertas koran - Kaleng susu bekas tanpa penutup, karet gelang, kertas kalkir, paku, palu besi - Kertas karton putih, gelas bening, kertas karton berwarna gelap, senter - Kotak bekas pasta gigi, kertas potongan kertas beraneka warna, karton, gunting, lem, dan penggaris, - Karton warna putih, benang kelos dua utas, cat air warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, gunting, penggaris, kuas, jangka. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan | Bumi dan Alam Semesta B. Proses pembentukan tanah. | o Memahami apa itu pelapukan o Mengetahui jenis pelapukan dan memahami prosesnya - Pelapukan fisika - Pelapukan kimia - Pelapukan biologi o Menyebutka jenis tanah berdasarkan komposisi penyusunnya - Tanah berpasir - Tanah berhumus - Tanah liat - Tanah berkapur | o Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Soal pada LKE dan Buku BSE | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah | Bumi dan Alam Semesta B. Proses pembentukan tanah. | o Mengetahui jenis batuan berdasarkan cara pembentukkannya - Batuan beku - Batuan sedimen - Batuan metamorf o Memahami pembentukan batuan beku dan mengetahui contohnya : - Batu apung - Batu obsidian - Batu granit - Batu basal o Memahami pembentukan batuan sedimen dan mengetahui contohnya : - Konglomerat - Batu pasir Batuh serpih - Batu gamping - Breksi o Memahami pembentukan batuan metamorf dan mengetahui contohnya : - Batu pualam - Batu sabak | o Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus. | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi | Bumi dan Alam Semesta A. Mengenal Struktur Bumi. | o Memahami peta konsep bumi o Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi - Lapisan Atmosfer - Lapisan Kerak Bumi - Lapisan Mantel Bumi - Lapisan Inti Bumi Luar - Lapisan Inti Bumi Dalam o Memahami fungsi dari lapisan atmosfer o Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan - Lapisan Troposfer - Lapisan Stratosfer - Lapisan Mesosfer - Lapisan Termosfer o Mengetahui unsur pembentukan - Lapisan Mantel bumi terbentuk dari mineral silikat - Lapisan Inti bumi luar terbentuk dari besi, nikel dan zat lain. - Lapisan inti bumi terbentuk dari besi dan nikel padat. | o Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya | Bumi dan Alam Semesta C. Daur Air. | o Memahami peta konsep tentang air o Menyebutkan kegunaan air - Minuman - Pembersih - Sarana olahraga o Memahami daur air o Mengambar skema daur air | o Menjelaskan pentingnya air. o Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar. | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air | Bumi dan Alam Semesta C. Daur Air. | o Memahami peta konsep tentang air o Memahami kegiatan manusia terhadap daur air o Menyebutkan kerusakan akibat kegiatan manusia - hujan asam - air limbah o Memahami bahwa air tidak akan habis karena adanya daur air o Memahami bahwa persediaan air bersih semakin berkurang. o Menyebutkan cara menghemat air. | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. o Melakukan pembiasaan cara menghemat air. | | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan | Bumi dan Alam Semesta D. Peristiwa Alam di Indonesia E. Sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui. | o Memahami bahwa peritiwa alam ada yang dapat di cegah dan ada yang tidak dapat dicegah o Menyebutkan aktivitas alam - Gempa bumi - Tsunami - Gunung meletus - Banjir - Tanah longsor - Topan badai o Menyebutkan cara mencegah banjir dan menghemat sumber daya alam o Menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbarui | o Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus. o Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan. | | Uraian Objektif | Tugas 7.1 Hlm.185 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) | Bumi dan Alam Semesta F. Cara menggunakan sumber daya alam. | o Memahami cara menggunakan sumber daya alam - Tumbuhan dan hewan dipelihara dan dikembangbiakan - Waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan - Bahan tambang dibuat tempat penambangan o Memahami apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam. - Menghemat penggunaan air dan listrik - Membuang sampah pada tempat sampah - Menanami lingkungan dengan tumbuhan | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi. | | | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
Mengetahui, Kepala Sekolah ( .............................................. ) NIP : .............................. | | .......................................... 20 ..... Guru Kelas ( .............................................. ) NIP : .............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar