Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN IPA VI SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ......................

Mata Pelajaran                  : IPA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               :2 (dua)

Alokasi Waktu                    : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1   Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)




Energi dan Perubahannya

A.   Gaya dan Benda




o  Memahami peta konsep tentang gaya
o  Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan :
-   Alat panah
-   Katapel
-   Jungkat-jungkit
o  Membahas kegiatan dalam buku BSE
o  Melakukan diskusi tentang kegiatan tersebut
o  Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
o  Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
-   Semakin sepeda
-   Mesin jahit
-   Alat timba air
-   Alat penggerek bendera
o  Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.


o  Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh  terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.

o  Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.


Tugas Individu

dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Bola plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil, papan dan batu bata.


7.2   Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik


Energi dan Perubahannya

B.   Energi listrik

o  Memahami peta konsep tentang energi listrik
o  Mengerjakan uji kompetensi. dan Latihan soal.
o  Memahami prinsip kerja sumber energi listrik generator
o  Menyebutkan penggerak pembangkit listrik
-   Tenaga air
-   Tenaga diesel
-   Tenaga uap
-   Tenaga nuklir
-   Tenaga panas bumi
-   Tenaga matahari
-   Tenaga angin
o  Menjelaskan proses kerja pembangkit listrik
o  Memahami bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda
o  Memahami prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda
o  Menjelaskan perubahan energi listrik
o  Menyebutkan alat-alat yang menggunakan energi listrik
o  Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o  Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari baterai
o  Menyebutkan alat ukur listrik
-   Ohmmeter
-   Amperemeter
-   Voltmeter
-   AVO meter

o  Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda.
o  Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik.
o  Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
o  Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
o  Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o  Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.



Tugas Individu

dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


10 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Penggaris, kertas, buku
-  Kabel 50 cm, lampu 1,5 V, baterai



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ......................

Mata Pelajaran                  : IPA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 2 (dua)

Alokasi Waktu                    : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 8. Memahami pentingnya penghematan energi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1   Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari



Menerapkan konsep energi gerak

A.   Penggunaan alat listrik
B.   Penggunaan bahan bakar
C.   Hemat energi


o  Memahami peta konsep tentang listrik
o  Menyebutkan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energi
o  Memahami cara menjaga keselamatan saat menggunakan listrik
o  Memahami peristiwa korsleting dan cara pencegahannya
o  Mengetahui fungsi dari sekring
o  Menyebutkan bahan bakar selain listrik
o  Memahami mengapa minyak tanah masih dipergunakan
o  Menyebutkan bahan bakar untuk berbagai transportasi
o  Memahami bahwa bahan bakar akan habis jika di pergunakan terus menerus
o  Memahami proses pembentukkan kembali bahan bakar fosil amat lama
o  Berdiskusi tentang hubungan antara dampak hemat energi terhadap polusi dan cara untuk menghemat energi

o  Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
o  Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga.
o  Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah.
o  Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas.


Tugas Individu

dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Kertas karton,



8.2   Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)


Menerapkan konsep energi gerak

D.   Karya yang menggunakan energi listrik.

o  Memahami peta konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o  Menjelaskan kinerja dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o  Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o  Mengerjakan uji kompetensi,  dan latihan soal



o  Menentukan karya yang akan dibuat.
o  Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan.
o  Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o  Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya.
o  Menguji hasil rancangan.
o  Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan.


Tugas Individu
Dan kelompok




Uraian Objektif


Uji kompetensi

Latihan Soal.


10 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Tiga lampu, tiga tempat lampu, 3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat.

-  Kawat, baut besar, besi lentur (10 cm), baterai, kaleng minum bekas,

-  Bel listrik, baterai, pemberat logam, gabus, pipa paralon, pisau dan papan.



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ......................

Mata Pelajaran                  : IPA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 2 (dua)

Alokasi Waktu                    : 30 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1   Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya



Bumi dan Alam Semesta

A.   Tata Surya



o  Memahami peta konsep tentang tata surya
o  Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet.
o  Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
o  Membuat keterangan mengenai matahari 
o  Memahami perbedaan antara planet dengan matahari
o  Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari
o  Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o  Memahami pengertian dari
-   Orbit
-   Revolusi
-   Rotasi
o  Mengetahui kala revolusi dan rotasi suatu planet
o  Memahami pengelompokkan planet luar dan planet dalam
o  Mengetahui cara melihat planet dengan teleskop
o  Memahami sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
o  Memahami peta konsep tentang tata surya
o  Memahami sifat dan keadaan benda langit seperti :
-   Meteor dan meteorid
-   Komet
-   Asteroid dan Planetoid
-   Satelit


o  Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o  Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
o  Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o  Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat.


Tugas Individu



Uraian Objektif




Soal latihan di LKE dan Buku BSE


12 jp

Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas VI

Alat:
-   


9.2   Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan


Bumi dan Alam Semesta

B.   Gerakan Bumi dan Bulan (Hlm.166)



o  Memahami peta konsep tentang gerak bumi
o  Memahami analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing
o  Mengetahui lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam
o  Menjelaskan pengaruh rotasi
-   Terjadinya siang dan malam
-   Terjadinya gerak semu harian bintang
-   Terjadinya perbedaan waktu
o  Memahami bahwa bumi beredar mengelilingi matahari
o  Mengetahui kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika
o  Menjelaskan pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan
o  Menjelaskan pergerakan bulan dalam peredarannya

-   Berputar pada porosnya
-   Mengelilingi bumi (berevolusi)
-   Bulan dan bumi mengelilingi matahari
o  Mengetahui kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan


o  Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o  Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o  Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o  Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.


Tugas Individu
dan kelompok

Uraian Objektif

Soal latihan di LKE dan Buku BSE


6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Globe, lampu senter
-  Bola kaki, kertas spidol, selotip


9.3   Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari


Bumi dan Alam Semesta

A.   Gerhana bulan dan matahari 





o  Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o  Memahami istilah dari :
-   Umbra
-   Penumbra
o  Menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian
o  Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o  Memahami hal-hal penting mengenai gerhana matahari
-   Gerhana matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru
-   Bagian matahari yang tertutuplebih dahulu adalah bagian sebelah kanan (barat)
-   Gerhana matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit
-   Gerhana matahari hanya dialami oleh sebagian bumi pada siang hari

o  Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari.
o   
o  Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta.


Tugas Individu
dan kelompok

Uraian Objektif

Soal latihan di LKE dan Buku BSE


4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI


Alat:
-  Bola besar, bola kecil, senter

9.4   Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah


Bumi dan Alam Semesta

B.   Sistem penanggalan


o  Memahami peta konsep tentang sistem penanggalan
o  Memahami sistem penanggalan:
-   Tahun masehi atau tahun syamsiah
-   Tahun komariyah atau tahun hijriyah
o  Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun masehi
o  Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun komariyah
o  Melakukan tugas  dan soal
o  Melakukan uji kompetensi.
o  Membahas latihan soal
o  Membahas latihan ulangan semester


o  Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.

o  Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.


Tugas Individu

Uraian Objektif


Soal latihan di LKE dan Buku BSE


8 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI


Alat:
-   




Mengetahui,
Kepala Sekolah ..........................



( .............................................. )
NIP: ..............................

..........................................  20 .....
Guru Kelas



( .............................................. )
NIP: ..............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar