Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN BI VI SEMESTER 1

SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama  Sekolah        :  .................................
Mata  Pelajaran     :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :   VI / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.      Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.1    Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dll) dengan benar
Wesel Pos
·  Siswa dapat memahami   penulisan wesel pos
·  Siswa dapat mengisi wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
·  Siswa dapat memahami kalimat  anjuran
·  Siswa dapat memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Siswa dapat membuat kalimat 
·     anjuran
·  Memahami   penulisan wesel pos
·  Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang  sudah ditentukan
·  Memahami kalimat anjuran
·  Memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Membuat kalimat  anjuran
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Isilah  wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!

1  X pertemuan
 2  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52 Penerbit Erlangga

4.2    Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
·  Teks Cerita Pendek
·  Siswa dapat membaca cerita pendek
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita  yang dibaca
·  Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa
·  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
·  Siswa dapat mencari antonym  kata yang terdapat dalam bacaan

·  Membaca cerita   pendek
·  Menjawab  
·  pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
·  Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
·  Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang  terdapat dalam teks bacaan
·  Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita  yang di baca!
·  Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa!

 2  X pertemuan
  4  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 63-66 Penerbit Erlangga

4.3    Menyusun percakapan  tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar. * Tanda baca titik dua ( : )
·  Teks Bacaan
·  Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks          percakapan
·  Siswa memperagakan teks   percakapan
·  Siswa mencatat informasi  penting yang terdapat dalam teks   percakapan
·  Siswa melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
·  Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri

·  Memahami penggunaan  tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
·  Memperagakan teks percakapan
·  Mencatat informasi  penting yang terdapat dalam  teks percakapan
·  Melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
·  Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan informasi  penting yang terdapat dalam teks   percaka-pan!
2X pertemuan
 4X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 7-9 Penerbit Erlangga

4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
·  Puisi
·  Siswa dapat memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
·  Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
·  Siswa dapat memparafrasekan puisi

·  Memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
·  Membaca puisi dengan  penghayatan yang baik
·  Mempara frasekan puisi
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jelaskan cara   mengubah puisi menjadi prosa!

1  X pertemuan
 2  X 35 menit
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.36-38 Penerbit Erlangga





Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP:

.......................,  ............... 20.....
Guru Kelas



...............................................
NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar