Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN MAT VI SEMESTER 1


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA 6A

Kelas/Program                   : VI        

Semester                               : 1 (satu)

Alokasi Waktu                    : 18 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.  Mengguna kan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK




OPERASI HITUNG BILANGAN

Sifat-Sifat Operasi Hitung
o Pengerjaan Hitung Campuran

o Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK



o Memahami langkah pengerjaan soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi hitung


 






o Memahami contoh soal Mengerjakan latihan soal di LKE
o Memahami cara mencari faktor prima suatu bilangan







o Mengerjakan latihan soal di buku BSE

o  Melakukan pekerjaan hitung campuran

o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan


Tugas Individu





Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan soal di LKE dan buku BSE

6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6A

 

Alat:
-  Buku LKE


1.2.  Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

OPERASI HITUNG BILANGAN

Akar Pangkat Tiga
o Arti pangkat tiga suatu bilangan

o Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan

o  Memahami bilangan berpangkat dua, tiga, empat dan seterusnya
o  Memahami contoh soal dari guru
o  Memahami mencongak soal
o  sebagai pekerjaan rumah Menjelaskan volumu kubus
o  Menugaskan mengerjakan latihan soal di LKE
o  Menjelaskan akar pangkat tiga suatu bilangan
o  Menjelaskan contoh soal akar pangkat tiga
o  Mengerjakan latihan soal


o  Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan soal di LKE dan buku BSE

6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6A

 

Alat:
-   



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3.  Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

OPERASI HITUNG BILANGAN
Akar Pangkat Tiga
o Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

o  Mengerjakan Uji Kompetensi Bab 1

o  Menghitung operasi pada bilangan berpangkat

Tugas Individu








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Latihan 8
Hlm. 27
latihan 9  Hlm. 27
latihan 11 Hlm. 29
Uji Kompetensi Bab 1 Hlm 30

6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas



(...............................................)
       NIP.

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 1 (satu)

Alokasi Waktu                    : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1.  Mengenal satuan debit



PENGUKURAN

Mengenal debit
o  Hubungan Jam, Menit dan Detik
o  Hubungan antar satuan volume

o  Memahami hubungan antara jam, menit dan detik
1 jam = 60 menit =  3600 detik
1 menit = 60 detik
o  Mengerjakan latihan soal
o  Memahami contoh dalam bentuk soal cerita
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mengerjakan mencongak Memahami dan menggunakan rumus untuk menghitung debit air
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mengerjakan teka-teki silang cepat hitung
o  Mengerjakan  latihan soal di LKE

o  Menghitung hubungan jam, menit dan detik


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan buku BSE

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A
Alat:
-  Dua botol susu plastik, jam tangan, paku ukuran besar dan sedang, spidol besar, air secukupnya


2.2.  Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

PENGUKURAN

Mengenal debit
o  Mengenal satuan debit (Hlm. 41)


o  Menjelaskan rumus untuk menghitung debit air
o  Menjelaskan contoh soal
o  Menugaskan mengerjakan latihan Menigaskan teka-teki silang cepat hitung Menugaskan mengerjakan latihan soal
o  Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi

o  Menghitung masalah dengan rumus debit


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan buku BSE

6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A

Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 1 (satu)

Alokasi Waktu                    : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.  Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana


LUAS dan VOLUME

Luas segi banyak
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
o  Luas Segi Banyak

o  Menjelaskan luas jajaran genjang
Luas jajaran genjang = alas x tinggi
o  Mempelajari contoh penyelesaian latihan soal
o  Memahami bangun:
-     trapesium
-     Belah ketupat
-     Layang-layang
o  Memahami luas segi banyak dengan membahas contoh soal
o  Menyelesaikan soal segi banyak

o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang

o  Menghitung luas berbagai bangun datar


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan buku BSE

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-


3.2.  Menghitung luas lingkaran



LUAS dan VOLUME

Luas Lingkaran
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
o  Luas Segi Banyak

o  Memahami dan mencatat luas lingkaran
o  Panjang jari-jari = ½ garis tengah
o  Memahami contoh soal Mengerjakan latihan soal
o  Menuliskan hasil pekerjaan rumah secara bergantian

o  Menurunkan rumus luas lingkaran

o  Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya, dan diameternya


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan buku BSE

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:

3.3.  Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

LUAS dan VOLUME

Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran
o  Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran

o  Memahami rumus volume bangun
-   Prisma segitiga :
Tabung ;
o  mengerjakan latihan soal
o  Memahami contoh soal Hlm. 70
o  Membahas dan mengerjakan pekerjaan rumah di depan kelas
o  Mengerjakan Uji kompetensi bab 3.

o  Menurunkan rumus volume bangun ruang

o  Menghitung volume bangun ruang


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan soal di LKE dan buku BSE

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 1 (satu)

Alokasi Waktu                    : 20 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 4. Mengumpulkan dan mengolah data

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.  Mengumpulkan dan membaca data




PENGOLAHAN DATA

Mengumpulkan dan membaca data
o  Menurunkan data Membaca data dalam tabel

o  Menjelaskan contoh soal Memahami data pada pelemparan dadu.
o  Menugaskan mengerjakan kegiatan so
o  Memahami data pelempalaran mata uang logam.
o  membaca data pada tabel


o  Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam

o  Mengumpulkan data nilai


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja






Latihan soal di LKE dan buku BSE

6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   



4.2.  Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel


PENGOLAHAN DATA
Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
o  Mengurutkan abel Tabel Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel

o  Memahami cara mengurutkan data
o  Menyajikan data dalam bentuk tabel data
o  Mengerjakan latihan soal
o  Mengerjakan tugas Mengerjakan latihan soal di buku BSE


o  Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel


Tugas Individu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan soal di LKE dan buku BSE

4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   



4.3.  Menafsirkan sajian data



PENGOLAHAN DATA

Menafsirkan sajian data
o  Menentukan data dengan ukuran tertentu
o  Menentukan data terbesar dan terkecil
o  Menentukan rata-rata Modus

o  Menjelaskan kegunaan data yang suduh diurutkan
o  Mempelajari contoh soal berkaitan dengan data dengan ukuran tertentu dan besar kecilnya data
o  Mengerjakan latihan
o  Mempelajari contoh soal  berkaitan dengan nilai rata-rata
o  Mempelajari contoh soal Mengerjakan uji kompetensi Bab 4.

o  Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil

o  Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar


Tugas Individu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan soal di LKE dan buku BSE

10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   




Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas



(...............................................)
       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar