Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

RPP PENJASKES KELAS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester        :    1 / I
Alokasi Waktu         :    4 Pertemuan ( 8 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Mempraktikkan gerak dasar kedalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.

II.           Kompetensi Dasar
2.1.  Mempraktikkan gerak dasar jalan lari dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas kejujuran kerjasama toleransi dan percaya diri.

III.        Indikator
Ø  Berjalan, berlari, melompat.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Melakukan gerak dasar berjalan.
2.        Melakukan gerak dasar berlari.
3.        Melakukan gerak dasar melompat.

V.           Materai ajar
Ø  Gerak dasar jalan, lari, lompat.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Demontrasi
Ø  Penugasan
Ø  Latihan
Ø  Tanya jawab
Ø  Komando



VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama ( I ) 1 dan 2 ( 4 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    Berjalan, berlari, melompat.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan
        Siswa berbaris menjadi 2 bersap.
        Siswa dipimpin berdo’a.
        Presensi kehadiran sisawa.
        Penjelasan materi yang akan dilakukan.
        Diadakan strecing yang dimulai dari atas sampai bawah.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru mengadakan gerak dasar jalan.
        Siswa mengamati peragaan gerak dasar jalan.
        Siswa melakukan latihan peragaan gerak dasar jalan.
b.        Guru meragakan gerak dasar berlari.
        Peserta didik memperhatikan dan mempraktikkan sesuai yang diragakan guru.
c.         Guru meragakan gerak dasar lompat.
        Peserta didik mengamati peragaan gerak dasar lompat.
        Peserta didik mempraktikkan sesuai yang diragakan oleh guru.

2.         Elaborasi
Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan gerak dasar jalan, lari, lompat.

3.         Kompermasi
Peserta didik mendemontrasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.

C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan.
        Semua siswa dikumpulkan berbaris.
        Mengevaluasi proses pembelajaran.
        Berdo’a bersama dan pembubaran.
Pertemuan Kedua ( II ) 3 dan 4 ( 4 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    gerak dasar memutar, mengayun, menekuk tangan dan lengan.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan
        Siswa berbaris menjadi 2 bersap.
        Siswa dipimpin berdo’a.
        Presensi kehadiran sisawa.
        Penjelasan materi yang akan diajarkan.
        Diadakan strecing yang dimulai dari atas sampai bawah.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menjelaskan dan meragakan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk tangan dan lengan.
b.        Peserta didik mempraktikkan sesuai yang diragakan guru.

2.         Elaborasi
Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk tangan dan lengan.

3.         Kompermasi
Peserta didik mendemontrasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.

C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan peserta didik berbaris mengevaluasi.
        Proses pembelajaran dan pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit, rapia, bak pasir.
2.        Sumber
a.         KTSP. Buku Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga.

IX.        Penilaian
Teknik Penilaian : Test dan Non Test
a.         Test unjuk kerja : ( Psikomotor )
b.        Pengamatan sikap : Efektif )
Test unjuk kerja ( Psikomotor )
1.        Lakukan gerakan memutar mengayun lengan.
2.        Lakukan lari jalan dan lompat.
3.        Lakukan kombinasi lari dan lompat.
4.        Lakukan sikap awal lari.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100


Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester        :    1 / I
Alokasi Waktu         :    1 Pertemuan ( 2 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Mempraktikkan gerak dasar kedalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.

II.           Kompetensi Dasar
1.3.  Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederahana serta nilai sportivitas kejujuran kerjasama toleransi dan percaya diri.

III.        Indikator
Ø  Melempar, menangkap, melambungkan, memukul dan menggulirkan bola.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Melempar dan menangkap bola secara berpasangan.
2.        Melambungkan bola lalu ditangkap.
3.        Memukul bola secara diberi umpan.
4.        Menggulirkan bola kearah lingkaran.

V.           Materai ajar
Ø  Gerak dasar lempar.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Demontrasi
Ø  Penugasan





VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama   2 x 35 menit ( 1 x Pertemuan )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :   

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan
        Siswa berbaris menjadi 2 bersap.
        Presensi kehadiran sisawa.
        Penjelasan materi yang akan diajarkan.
        Diadakan strecing yang dimulai dari atas sampai bawah.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru meragakan dan menjelaskan gerak dasar lempar tangkap.
b.        Peserta didik mempraktikkan sesuai dengan gerakan peragaan guru.

2.         Elaborasi
Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok cara melempar tangkap yang benar.

3.         Kompermasi
Peserta didik mendemontrasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.

C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan.
        Berbaris tugas-tugas.
        Evaluasi proses pembelajaran.
        Berdo’a dan pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit, pemukul, bola kasti.
2.        Sumber
a.         KTSP. Buku Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga.



IX.        Penilaian
Teknik Praktik
Instrumen :
Lembar soal praktik
1.        Lakukan lempar/ melambungkan bola keberbagai arah.
2.        Lakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah.
3.        Lakukan gerakan memukul bola.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100


Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester        :    1 / I
Alokasi Waktu         :    4 Pertemuan ( 8 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi.

II.           Kompetensi Dasar
2.1.  Mendemontrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri.
2.2.  Mendemontrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan.

III.        Indikator
Ø  Berdiri berbagai variasi.
Ø  Berjalan berbagai variasi.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Melakukan sikap berdiri dengan bernanar ( posisi istirahat )
2.        Melakukan sikap berdiri keberbagai arah ( hadap kanan hadap kiri )
3.        Melakukan gerak jalan kedepan ( lokomotor )
4.        Melakukan gerak jalan kesamping.

V.           Materai ajar
Ø  Sikap tubuh berdiri.
Ø  Sikap tubuh berjalan.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Demontrasi
Ø  Penugasan
Ø  Latihan



VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama  ( 2 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    Berdiri berbagai variasi.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Guru menyiapkan peralatan sesuai dengan materi ajar.
2.        Presentasi kehadiran peserta didik.
3.        Penjelasan materi yang akan diajarkan.
4.        Pemanasan statis dan dinamis.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menjelaskan dan meragakan cara berdiri berbagai variasi ( posisi siap, istirahat )
b.        Peserta didik mempraktikkan sesuai dengan yang di contohkan pada guru.

2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan berdiri berbagai variasi.
b.        Peserta didik melakukan dan mendemontrasikan cara berdiri berbagai variasi.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan, berbaris, mengevaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga.






IX.        Penilaian
Teknik : Praktik
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Lakukan beberapa sikap berdiri dengan benar posisi siap, istirahat.
2.        Lakukan sikap berdiri berbagai arah hadap kanan.
3.        Lakukan sikap berdiri berbagai arah hadap kiri.
4.        Lakukan sikap berdiri berbagai arah balik kanan.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100


Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….




Pertemuan Kedua  ( 2 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    Sikap tubuh berjalan dengan berbagai variasi.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan.
a.         Guru menyiapkan materi ajar.
b.        Peserta didik berbaris menjadi 2 bersap.
c.         Presensi kehadiran peserta didik.
d.        Penjelasan materi yang akan diajarkan.
e.         Diadakan strecing dari gerakan atas sampai bawah.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menjelaskan dan meragakan cara berjalan berbagai variasi ( berjalan kedepan, kesamping, kekanan dan kekiri.
b.        Peserta didik mengamati apa yang di ragakan oleh guru.
        Peserta didik mempraktikkan sesuai dengan yang diragakan oleh guru.

2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan yang diragakan oleh guru.
b.        Peserta didik melakukan dan mendemontrasikan cara berjalan berbagai variasi.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan.
        Semua siswa dikumpulkan berbaris.
        Mengevaluasi proses pembelajaran yang sudah dilakukan.
        Berdo’a bersama-sama, pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga.


IX.        Penilaian
Teknik : Praktik
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Lakukan gerakan jalan kedepan ( lokomotor ).
2.        Lakukan gerakan jalan kesamping kanan.
3.        Lakukan gerakan jalan kesamping kiri.
4.        Lakukan gerakan berjalan kebelakang.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100


Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester        :    1 / I
Alokasi Waktu         :    2 Pertemuan ( 4 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung didalamnya.

II.           Kompetensi Dasar
3.1.  Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat serta nilai percaya diri dan disiplin.
3.2.  Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin.

III.        Indikator
Ø  Berdiri jongkok dengan kaki satu.
Ø  Berlatih keseimbangan.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Melakukan sikap berdiri dengan satu kaki dengan gerak menirukan binatang.
2.        Melakukan sikap berdiri dengan satu kaki tangan menirukan gerakan binatang.
3.        Melakukan sikap berdiri jinjit jongkok baik dengan satu kaki atau dua kaki.

V.           Materai ajar
Ø  Latihan keseimbangan statis.
Ø  Latihan keseimbangan dinamis.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Demontrasi
Ø  Penugasan
Ø  Latihan

VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama  ( 2 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    Berdiri jongkok dengan satu kaki.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan.
a.         Guru menyiapkan peralatan sesuai dengan materi ajar.
b.        Presentasi kehadiran peserta didik.
c.         Penjelasan materi yang akan diajarkan.
d.        Guru memimpin berdo’a.
e.         Diadakan strecing dari atas sampai bawah.

B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru meragakan dan menjelaskan sikap berdiri dengan satu kaki dengan gerakan menirukan gerakan.
b.        Peserta didik mempraktikkan sesuai dengan gerakan peragaan guru.

2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kepada masing-masing peserta didik cara berdiri satu kaki dengan gerakan menirukan binatang.
b.        Peserta didik melakukan dan mendemontrasikan cara berdiri berbagai variasi.

3.        Kompermasi
a.         Peserta didik mendemontrasikan hasil pengamatan masing-masing peserta didik secara bergantian.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan, peserta didik berbaris mengevaluasi proses pembelajaran dan pembubaran.




VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga.

IX.        Penilaian
Teknik : Praktik
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Lakukan beberapa sikap berdiri dengan satu kaki.
2.        Lakukan sikap berdiri dengan tangan menirukan binatang.
3.        Lakukan sikap berdiri dengan satu kaki dengan tangan direntangkan.
4.        Lakukan sikap berdiri jinjit, jongkok baik dengan satu kaki atau dua kaki.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100


Pertemuan Kedua ( II ) ( 2 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :    Berlatih keseimbangan.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan.
a.         Guru menyiapkan peralatan sesuai dengan materi ajar.
b.        Presensi kehadiran peserta didik.
c.         Penjelasan materi yang akan diajarkan.
d.        Berbaris berdo’a.
B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menjelaskan dan meragakan keseimbangan dinamis.
b.        Peserta didik mengamati peragaan guru dan mempraktikkan sesuai dengan peragaan guru.
2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan keseimbangan dinamis.
b.        Peserta didik melakukan dan mendemontrasikan cara melakukan keseimbangan dinamis dengan benar.
3.        Kompermasi
Peserta didik mendemontrasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan, berbaris tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga dan Buku Penunjang lainnya.

IX.        Penilaian
Teknik : Praktik
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Lakukan gerakan menirukan binatang sambil berjalan lurus.
2.        Lakukan gerakan menirukan binatang sambil melompat.
3.        Lakukan gerakan berjalan pada garis lurus.
4.        Lakukan gerak engklek dengan berbagai variasi.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing soal :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100




Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester        :    1 / I
Alokasi Waktu         :    2 Pertemuan ( 4 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung didalamnya.

II.           Kompetensi Dasar
4.1.  Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan music dan nilai disiplin dan kerjasama.
4.2.  Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan music dan nilai disiplin dan kerjasama.

III.        Indikator
Ø  Melangkah kedepan kesamping kanan dan kiri kebelakang.
Ø  Bergerak sesuai dengan irama.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Melakukan berbagai variasi gerak langkah depan.
2.        Melakukan berbagai variasi gerak langkah kebelakang.
3.        Melakukan berbagai variasi gerak langkah kesamping.
4.        Melakukan berbagai variasi gerak, baik langkah dan gerakan tangan dengan irama.

V.           Materai ajar
Ø  Gerak bebas.
Ø  Gerak berirama.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Demontrasi
Ø  Penugasan
Ø  Latihan
VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama 1 dan 2 ( 4 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :   
        Melangkah kedepan, samping kanan dan kiri kebelakang.
        Bergerak sesuai dengan irama.

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.        Pemanasan.
a.         Guru menyiapkan peralatan sesuai dengan materi ajar.
b.        Presentasi kehadiran peserta didik.
c.         Penjelasan materi yang akan diajarkan.
d.        Diadakan strecing dari atas sampai bawah.

B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menjelaskan dan meragakan melangkah kedepan samping kanan dan kiri.
b.        Peserta didik memperhatikan dan meragakan sesuai yang diperagakan guru.
c.         Guru menjelaskan dan meragakan gerak sesuai dengan irama.
d.        Peserta didik mempraktikan dan meragakan bergerak sesuai dengan irama sesuai music.

2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan melangkah kedepan samping kanan dan kiri.
b.        Peserta didik melakukan dan mendiskusikan cara latihan melangkah kedepan kesamping kanan dan kiri dengan benar.
c.         Guru meragakan dan menjelaskan gerak sesuai dengan irama.
d.        Peserta didik melakukan dan mendiskusikan cara latihan gerakan sesuai dengan irama secara benar.

3.        Kompermasi
Peserta didik mendemontrasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan pembubaran.

VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : Peluit, kaset, tape.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga dan Buku Pendamping yang lain.

IX.        Penilaian
Teknik : Praktik Tes perbuatan/ penampilan.
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Lakukan berbagai variasi gerak langkah kedepan.
2.        Lakukan berbagai variasi gerak langkah kesamping.
3.        Lakukan berbagai variasi gerak langkah kebelakang.
4.        Lakukan berbagai variasi gerak, baik langkah dan gerakan tangan dengan irama.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100

Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         

                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes


          ……………………….                                                              ……………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester          :    1 / I
Alokasi Waktu            :    2 Pertemuan ( 4 x 35 menit )


I.              Standar Kompetensi
1.        Menerapkan budaya hidup sehat.

II.           Kompetensi Dasar
5.1.  Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit.
5.2.  Mengenal pentingnya imunisasi.

III.        Indikator
Ø  Mempraktikkan cara membersihkan diri pribadi.
Ø  Menjelaskan arti macam dan manfaat imunisasi.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu :
1.        Mengenal anggota bagian tubuh masing-masing.
2.        Mengerti manfaat menjaga kebersihan diri pribadi.
3.        Mengerti apa itu imunisasi.
4.        Memahami macam imunisasi.

V.           Materai ajar
Ø  Manfaat menjaga kebersihan pribadi.
Ø  Imunisasi.

VI.        Metode :
Ø  Ceramah
Ø  Penugasan
Ø  Latihan
Ø  Tanya jawab



VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama  1 dan 2 ( 4 x 35 menit )
Hari/ Tanggal       :   
Indikator             :   
        Mempraktikkan cara membersihkan diri pribadi.
        Menjelaskan arti macam dan manfaat imunisasi.

A.    Kegiatan Pendahuluan
a.         Guru menyiapkan peralatan sesuai dengan materi ajar.
b.        Presentasi kehadiran peserta didik.
c.         Penjelasan materi yang akan diajarkan.

B.     Inti
1.         Eksplorasi
a.         Guru menerangkan cara membersihkan diri pribadi.
b.        Peserta didik melakukan dan mendiskusikan cara membersihkan diri pribadi.
c.         Guru menjelaskan arti, macam, dan manfaat imunisasi.
d.        Peserta didik memperhatikan penjelasan arti, macam, dan manfaat imunisasi dengan benar.

2.         Elaborasi
a.         Guru memberi tugas kelompok untuk melakukan cara membersihkan diri pribadi.
b.        Peserta didik melakukan dan mendiskusikan cara membersihkan diri pribadi dengan benar.
c.         Guru member tugas kelompok untuk menjelaskan arti, macam, dan manfaat imunisasi.
d.        Peserta didik melakukan dan mendiskusikan tentang arti, macam, dan manfaat imunisasi dengan benar.

3.        Kompermasi
Peserta didik melaporkan hasil kerja kelompok.


C.       Penutup/ Kegiatan Akhir
        Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan pembubaran.
VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat : sabun, sikat, odol.
2.        Sumber
a.         Buku KTSP  Penjas Orkes Kelas I Penerbit Erlangga dan Buku Pendamping yang lain. Buku Referensi.

IX.        Penilaian
Teknik : Tes Teori
Instrumen :
Lembar Soal Praktik :
1.        Bagaimana cara membersihkan diri pribadi.
2.        Jelaskan arti imunisasi.
3.        Sebutkan macam imunisasi.
4.        Jelaskan manfaat imunisasi.

Skor Nilai :
No. 1 s/d 3 nilai masing-masing :  20 x 3 = 60
No. 4 bobot nilai : 30 jumlah = 90

Nilai =  x 100

Catatan/ saran :
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                         


                   Mengetahui                                                                      ………………….. 2010
      Kep. Sek. SD …………….                                                              Guru Penjas Orkes



          ……………………….                                                              ……………………….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar