|
SILABUS PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Pengertian NKRI § Dasar hukum bentuk NKRI. § Otonomi daerah dan hubungan luar negeri. § Pemerintahan dan pemilihan kepala negara. | § Membaca uraian pengertian NKRI. § Bertanya jawab tentang isi uraian. § Berdiskusi tentang bentuk Indonesia sebagai negara kesatuan. § Berdiskusi tentang satuan daerah otonom dalam NKRI. § Berdiskusi tentang hubungan daerah otonom dengan NKRI. § Menjelaskan hak daerah otonom dalam mengadakan hubungan luar negeri. § Menceritakan pengetahuan individual tentang pemilihan umum. § Berdiskusi tentang hubungan NKRI dan pemilihan umum | § Menjelaskan pengertian NKRI § Menyebutkan dasar hukum NKRI. § Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI. § Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI § Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI. | § Diskusi kelompok | § Penilaian lisan. § Penilaian sikap (pengamatan perilaku). § Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). | § NKRI adalah .... § Indonesia merupakan negara berbentuk .... § Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya .... § Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena .... § § NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk .... | 4 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VBSE § Orangtua. § Teman. § Pengalaman siswa, dst. |
§ Keberadaan NKRI. | § Membaca uraian di buku teks tentang keberadaan NKRI. § Memperhatikan gambar peta Indonesia. § Menjelaskan batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI. § Bertanya jawab tentang fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan letak negara. § Menyebutkan derajat lintang dan bujur NKRI dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut, udara). § Berdiskusi tentang fungsi wilayah daratan NKRI. § Berdiskusi tentang fungsi wilayah laut NKRI. § Berdiskusi tentang batas landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB. § Berdiskusi tentang fungsi wilayah udara NKRI. | § Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI. § Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI. § Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI. § § Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. | § Diskusi kelompok | § Penilaian lisan. § Penilaian sikap (pengamatan perilaku). § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi). | § Batas utara NKRI adalah .... § Batas selatan NKRI adalah .... § Batas barat NKRI adalah .... § Batas timur NKRI adalah .... § Indonesia terletak di ... derajat ... § sampai ... derajat ..., dan ... derajat ... § sampai ... derajat .... § Fungsi wilayah daratan NKRI adalah .... § Fungsi wilayah laut NKRI adalah .... § Fungsi wilayah udara NKRI adalah .... § Zona Ekonomi Eksklusif adalah .... | |||
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Arti penting keutuhan NKRI. | § Membaca uraian tentang sejarah berdirinya NKRI. § Mendiskusikan usaha-usaha yang telah dilakukan para pemimpin bangsa pada masa lalu demi terciptanya NKRI. § Mendaftarkan sejumlah peristiwa penting yang terjadi dalam proses pembentukan NKRI. § Menjelaskan pengertian semboyan Bhinneka Tunggal Ika § Menghubungkan prinsip semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan usaha para pemimpin bangsa pada masa lalu. § Menjelaskan arti penting keutuhan NKRI. | § Memahami arti penting keutuhan NKRI. | § Tugas individu. | § Penilaian daya nalar. § Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). | § Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika? § Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI? § Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan? | 6 X 35 menit. | § Buku paket BSE § Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa. § Teman. |
§ Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. | § Membaca sejarah singkat tentang Pancasila. § Membaca poin-poin sila dalam Pancasila atau menirukan pembacaan Pancasila. § Memperhatikan gambar burung garuda Pancasila. § Menunjuk lambang-lambang pada tameng burung garuda berdasarkan kelima sila Pancasila. | § Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. | § Tugas berkelompok. | § Penilaian lisan. § Penilaian daya nalar. § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi). | § Apa alasan dibentuknya Pacasila? § Apa fungsi Pancasila bagi NKRI? | |||
§ Mendiskusikan sebab-sebab dirumuskannya Pancasila. § Mendiskusikan isi pancasila. § Mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI. | ||||||||
§ Makna kesatuan wilayah Indonesia. | § Menyebutkan berbagai segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi pertahanan-keamanan. § Menuliskan contoh makna kesatuan wilayah Indonesia dalam keempat segi tersebut. | § Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). | § Tugas individu | § Penilaian lisan. § Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa. § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran). | § Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi? § Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya? | |||
1.3. Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI. | § Memfoto kopi gambar pada buku pelajaran. § Mewarnai gambar yang menunjukksn sikap yang benar. § Menjelaskan gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut. | § Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI. | § Tugas individu. | § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar) § Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar. | § Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B). | 2 x 35 menit. | § Buku paket BSE Teman. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst. |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (........................................................) NIP: .................................... |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. | § Pengertian perundang-undangan § Fungsi / pentingnya peraturan perundang-undangan | § Mengidentifikasi macam-macam peraturan di rumah dan di sekolah. § Menjelaskan pengertian perundang-undangan. § Mendiskusikan perbedaan fungsi peraturan tingkat pusat dan tingkat daerah. § Mengidentifikasi berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. § Menjelaskan sebab beberapa hal perlu diatur dengan undang-undang | § Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. § Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah. § Mengetahui berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. § Memahami sebab dan asas pembuatan undang-undang | § Tugas individu. | § Penilaian tertulis (kemampuan analitis). § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita) § Penilaian tertulis (kemampuan analitis). § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya) | § Mengapa perlu dibuat peraturan perundang-undang-an? § Mengapa hak asasi manusia perlu diatur berdasakan undang-uundang? | 4 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V § Berbagai peraturan di sekolah. § Berbagai peraturan di rumah. |
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok. | § Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia. | § Membaca informasi dan menjelaskan UUD 1945. § Membaca informasi dan menjelaskan undang-undang atau peraturan pengganti undang-undang. § Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Pemerintah. § Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Presiden. § Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Daerah. | § Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia. § Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya. | § Tugas § kelompok. | § Penilaian tertulis (kemampuan analitis). § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya) | § UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan berfungsi sebagai .... (dan lain-lain) | 4 x 35 menit. | § Buku paket BSE § Teks UUD 1945. § Teks Undang-Undang atau Per-aturan Pengganti Undang-Undang. § Teks Pe-raturan Pemerintah. § Teks Pe-raturan Presiden. § Teks Pe-raturan Daerah. |
§ Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. | § Membaca berbagai contoh peraturan. § Menjelaskan sebab masyarakat harus mematuhinya, serta akibat yang akan terjadi jika masyarakat melanggarnya. | § Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat. § Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat. | § Tugas individu. | § Penilaian tertulis (kemampuan analitis). § Penilaian unjuk kerja . | § Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan merokok di tempat umum? |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (........................................................) NIP: .................................... |
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi | § Pengertian organisasi. § Ciri-ciri organisasi. § Tujuan organisasi. § Anggota organisasi. | § Menjelaskan pengertian organisasi. § Mendaftar nama-nama organisasi yang diketahui siswa. § Berdiskusi dan memperkirakan tujuan suatu organisasi. § Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu organisasi. | § Mendeskripsikan pengertian organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi. | § Tugas kelompok. § Observasi. | § Penilaian tertulis. § Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi). § Keterlibatan anak dalam diskusi. | § Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko? | 4 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V § Teman. § Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst. |
§ Ciri-ciri organisasi (lanjutan) § Struktur organisasi. § Tata tertib organisasi. | § Berdiskusi dan memperkirakan struktur suatu organisasi. § Berdiskusi dan § mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi. § Menyusun suatu organisasi fiktif. § Merumuskan tujuan, anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut. | § Merumuskan contoh struktur organisasi. § Merumuskan contoh tata tertib organisasi. | § Tugas kelompok. § Observasi. | § Penilaian tertulis. § Penilaian unjuk kerja § (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi). § Keterlibatan anak dalam diskusi. | § Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu? | |||
3.2. Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. | § Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat beserta fungsinya. | § Mendaftar contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat. § Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya. § Menyebutkan fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat | § Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat. | § Tugas kelompok. | § Penilaian lisan. § Penilaian unjuk kerja. | § Tujuan organisasi Pramuka adalah ... | 2 x 35 menit. | § Buku paket BSE § Teman. § Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat. § Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst. |
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. | § Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatk | § Memfotokopi gambar pada buku pelajaran. § Mewarnai gambar yang menunjukkan sikap yang benar. § Menjelaskan gambar yang | § Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi. | § Tugas individu. | § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar) | § Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah, Made sebaiknya | 2 x 35 menit. | § Buku paket BSE § Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst. |
§ an organisasi yang ada di masyarakat. | § telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut. § Menjelaskan alasan pemilihan gambar. | § Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar. | § bergabung dengan .... (gambar A atau gambar B). |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (.......................................................) NIP: .................................... |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama. | § Pengertian keputusan bersama. § Bentuk-bentuk keputusan bersama. § Kemauan bermusyawarah untuk mufakat. | § Mendiskusikan pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama. § Mendiskusikan manfaat musyawarah dan mufakat. | § Memahami definisi keputusan bersama. § Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama. § Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat. | § Tugas individu. | § Penilaian lisan. § Penilaian sikap. § Penilaian unjuk kerja | § Mengapa keputusan bersama dianggap penting? | 2 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V § Orang tua. § Teman. § Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst. |
4.2. Memahami keputusan bersama. | § Reaksi terhadap keputusan bersama. | § Mengerjakan soal studi kasus tentang berbagai keputusan bersama. | § Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat.. § Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama. | § Tugas individu | § Penilaian sikap. § Penilaian unjuk kerja. | § Keluargamu berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi. § Apa pendapat Ayahmu tentang sikap ayahmu? | 2 x 35 menit. | § Buku paket BSE § Orang tua. § Teman. § Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst. |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...........................................................) NIP: .................................... | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (...........................................................) NIP: .................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar