Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
5. Mende-ngarkan Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek | 5.1 Menyim-pulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio | · Berita | · Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar | · Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio · Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio · Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio · Menceritakan kembali judul yang didengar | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio! · Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
| 5.2 Mence-ritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan | · Drama pendek | · Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan. · Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan | · Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan · Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan. · Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan · Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan! · Tentukan-lah Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
6. Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi | 6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat | Pidato atau presentasi | · Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi · Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan · Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isiny | · Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi · Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan · Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Sampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan! · Carilah pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
| 6.2 Melapor-kan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut | Buku | · Siswa dapat memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut · Menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan · Mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Sampai-kanlah isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
| 6.3 Memba-cakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat | · Puisi | · Siswa dapat memahami puisi dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Memahami puisi dengan kalimat yang runtut · Menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan · Mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Sampai-kanlah puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
7. Membaca Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama | 7.1 Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif | Teks bacaan | · Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | · Membaca intensif teks bacaan · Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan · Menanggapi isi bacaan · | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan! · Susunlah informasi-informasi penting dari bacaan! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
| 7.2 Mengiden-tifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak | Drama | · Siswa mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama · Siswa menanggapi isi drama | · Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak · Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama · Mencatat informasi-informasi penting dari drama · Menanggapi isi drama | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Identifikasi-kanlah berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak! | 1 X pertemuan 2 X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
8. Menulis Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi | 8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | Naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) | · Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Buatlah catatan mengenai informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan! | 2X pertemuan 4X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
| 8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju | Ssurat Resmi | · Siswa memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Tuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan! | 2X pertemuan 4X 35 menit | Kurikulum 2006 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP: | | ......................., ............... 20..... Guru Kelas ............................................... NIP: |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar