Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN MAT VI SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA 6B

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 32 x 30 menit
Standar Kompetensi          : Bilangan
  5.Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Menyeder-hanakan dan mengurutkan pecahan




OPERASI HITUNG
Operasi Hitung Pecahan


o Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari.
o Melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

1.        =


2.      



o Mengenal berbagai bentuk pecahan
o Menyederhanakan pecahan
o Mengurutkan pecahan


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah





1.    
2.     0,8 -
3.     125 x 7
4.     dst.


6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6B

 

Alat:
-  Buku


5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal



OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan


o Menuliskan berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
o Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari
o Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.


o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma




Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Tugas Guru

10 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6B

 

Alat:
-   



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu


OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan


o Melakukan diskusi kelas untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan
o Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan perbandingan.
o Melakukan latihan soal  yang memecahkan pecahan dalam kehidupan sehari-hari.


o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma


Tugas Individu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif





Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?

Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...


8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B



Alat:
-   

5.4 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu



OPERASI HITUNG BILANGAN





o Membahas permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda
o Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak beberapa benda dengan bantuan software komputer
o Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal


o Menggambar letak benda secara sederhana


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu!


2jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B



Alat:
-   


5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

OPERASI HITUNG BILANGAN
o Pembuatan Skala


o Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menentukan letak sebuah benda dari denah yang ditentukan
o Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal


o Menggambar letak benda secara sederhana


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Tugas Guru

4jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B

Alat:
-   



SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     : ...........................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 32 x 30 menit
Standar Kompetensi          : Geometri dan Pengukuran
6.     Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1   Membuat denah letak benda


Sistem koordinat


o Membahas permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda
o Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak beberapa benda dengan bantuan software komputer


o Menggambar letak benda secara sederhana


Tugas Individu
dan Kelompok




Isian


Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu!


5 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6B

Alat:
-  Buku


6.2   Mengenal koordinat posisi sebuah benda



Sistem koordinat


o Membaca denah gambar
o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan


o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan


Tugas Individu dan Kelompok





Laporan buku pekerjaan rumah





Tugas Guru


5 jp


Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6B

 

Alat:
si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius


OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan


o Melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan  sehari-hari yang berhubungan dengan letak titik pada sistem koordinat
o Menentukan letak titik pada sistem koordinat
o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat



o Menentukan letak titik pada sistem koordinat
o Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius
o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat


Tugas Individu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif





Tugas Guru

10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B


Alat:
-   




Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas



(...............................................)
       NIP.

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : VI

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi          : Pengolahan Data
7.         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1    Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran

Pengolahan Data

o Membaca tabel dan diagram yang disajikan oleh media cetak
o Meyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.


o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis

Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Buatlah diagram batang dan diagram lingkaran dari data nilai ulangan matematika kelas excel 9, 8, 10, 7, 10, 9, 9, 8, 9, dan 8!

2 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B



Alat:


7.2    Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

Pengolahan Data




o Melakukan percobaan dengan fasilitas meteran kain, memberikan permasalahan untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket.
o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.



o menjelaskan makna mean, modus, median dan kuartil data tunggal
o Menghitung mean, modus, median dan kuartil data tunggal



Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah


Nilai ulangan bahasa jawa kelas 6 E adalah sebagai berikut
9, 8, 7, 5, 4, 8, 9, 8, 7, 9
8, 9, 7, 7, 9, 8, 7, 5, 6, 9
8, 9, 7, 9, 8, 8, 8, 7, 7, 9
carilah mean, median, modus, dan kuartilnya!


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B



Alat:


7.3    Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

Pengolahan Data


o Mendiskusikan cara mengurutkan data.
o Membaca data
o Mengurutkan data dari yang tertinggi sampai yang terendah
o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan


o Mengurutkan data
o Menentukan nilai tertinggi dan terendah


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Berikut disajikan rata-rata nilai ulangan semester ganjul kelas 5C
6, 7, 6, 8,  7,5,  8, 7, 6, 8, 7
5, 6, 7, 5,   9,     7, 6, 5, 8, 7
8, 6, 7, 5,   7,     5, 8, 9, 9, 8
4, 8, 9, 6,    7,     9, 8, 7, 7, 7
a. Ututkan data tersebut!
b. Buat tabelnya!
c. tentukan nilai yang tertinggi dan terendah!


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B




Alat:



7.4    Menafsirkan hasil pengolahan data


Pengolahan Data


o Melakukan observasi dan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data,  pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis



o Membaca/menafsirkan diagram suatu data


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Buatlah sebuah laporan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data,  pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6B




Alat:



           
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Kelas



(...............................................)
       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar