Mata Pelajaran : MATEMATIKA 6B
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (Dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Menyeder-hanakan dan mengurutkan pecahan | OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan | o Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. o Melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan. 1. = 2. | o Mengenal berbagai bentuk pecahan o Menyederhanakan pecahan o Mengurutkan pecahan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | 1. 2. 0,8 - 3. 125 x 7 4. dst. | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - Buku |
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal | OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan | o Menuliskan berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal o Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari o Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. | o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Tugas Guru | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - |
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu | OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan | o Melakukan diskusi kelas untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan o Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan perbandingan. o Melakukan latihan soal yang memecahkan pecahan dalam kehidupan sehari-hari. | o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan? Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ... | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - |
5.4 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu | OPERASI HITUNG BILANGAN | o Membahas permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda o Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak beberapa benda dengan bantuan software komputer o Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal | o Menggambar letak benda secara sederhana | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu! | 2jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - |
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala | OPERASI HITUNG BILANGAN o Pembuatan Skala | o Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menentukan letak sebuah benda dari denah yang ditentukan o Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal | o Menggambar letak benda secara sederhana | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Tugas Guru | 4jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (Dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Membuat denah letak benda | Sistem koordinat | o Membahas permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda o Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak beberapa benda dengan bantuan software komputer | o Menggambar letak benda secara sederhana | Tugas Individu dan Kelompok | Isian | Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu! | 5 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - Buku |
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda | Sistem koordinat | o Membaca denah gambar o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan | o Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Tugas Guru | 5 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: |
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius | OPERASI HITUNG Operasi Hitung Pecahan | o Melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak titik pada sistem koordinat o Menentukan letak titik pada sistem koordinat o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat | o Menentukan letak titik pada sistem koordinat o Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Tugas Guru | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: - |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (Dua)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran | Pengolahan Data | o Membaca tabel dan diagram yang disajikan oleh media cetak o Meyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan. | o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Buatlah diagram batang dan diagram lingkaran dari data nilai ulangan matematika kelas excel 9, 8, 10, 7, 10, 9, 9, 8, 9, dan 8! | 2 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: |
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data | Pengolahan Data | o Melakukan percobaan dengan fasilitas meteran kain, memberikan permasalahan untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket. o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan. | o menjelaskan makna mean, modus, median dan kuartil data tunggal o Menghitung mean, modus, median dan kuartil data tunggal | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Nilai ulangan bahasa jawa kelas 6 E adalah sebagai berikut 9, 8, 7, 5, 4, 8, 9, 8, 7, 9 8, 9, 7, 7, 9, 8, 7, 5, 6, 9 8, 9, 7, 9, 8, 8, 8, 7, 7, 9 carilah mean, median, modus, dan kuartilnya! | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: |
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah | Pengolahan Data | o Mendiskusikan cara mengurutkan data. o Membaca data o Mengurutkan data dari yang tertinggi sampai yang terendah o Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan | o Mengurutkan data o Menentukan nilai tertinggi dan terendah | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Berikut disajikan rata-rata nilai ulangan semester ganjul kelas 5C 6, 7, 6, 8, 7,5, 8, 7, 6, 8, 7 5, 6, 7, 5, 9, 7, 6, 5, 8, 7 8, 6, 7, 5, 7, 5, 8, 9, 9, 8 4, 8, 9, 6, 7, 9, 8, 7, 7, 7 a. Ututkan data tersebut! b. Buat tabelnya! c. tentukan nilai yang tertinggi dan terendah! | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: |
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data | Pengolahan Data | o Melakukan observasi dan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data, pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis | o Membaca/menafsirkan diagram suatu data | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Buatlah sebuah laporan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data, pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6B Alat: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Kelas (...............................................) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar