Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS IPS V

SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                :  
Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                      :   V / I
Standar Kompetensi              :   1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1.   Mengenal        makna peningga-lan-pening-galan       sejarah       yang berskala       nasional      dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia





§  Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Dengan berdiskusi siswa menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam
§  Melalui diskusi siswa menyebutkan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Melalui tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Dengan ceramah bervariasi siswa diharapkan dapat melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
§  Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Melestarikan  peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
§  Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-                           manya
§  Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
§  Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
Tertulis
Uraian
Jelaskan pening-galan       sejarah       yang berskala       nasional      dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia

12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)











­     Buku IPS klas V Asy’ari Erlangga
­     Gambar candi dan masjid
1.2.   Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia




§  Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menjelaskan dan mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menjelaskan dan membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  menceritakan tokoh-tokoh  sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menyebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
§  Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia  
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

9 x 35 menit
pert 5 - 7
(3 minggu)







­     Buku IPS klas V Asy’ari Erlanga
­     Gambar tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

1.3.   Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
§  Keragaman kenampakan alam dan buatan
§  Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
§  Menggambarkan peta Indonesia dengan memberi simbol-simbol
§  Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan peta  
§  Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol
§  Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
§  Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia 
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
­      
 12 x 35 menit
pert 8 - 11
(4 minggu)





­     Buku IPS kelas V
­     Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
­     Globe, dll
1.4.   Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia




§  Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
§  Menjelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Dengan ceramah bervariasi guru menjelaskan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
§  Menyebutkan keragaman budaya di Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
§  Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§  Mengidentifikasi keragaman  budaya yang terdapat di   Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  
Tertulis
jawab singkat

Jelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
­      
9 x 35 menit
pert 12 - 14
(3 minggu)




­     Buku IPS kelas V
­     Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
­     Gambar-gambar  keanekaragaman suku bangsa dan budaya
1.5.      Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia


§  Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
§  Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia
§  Menyebutkan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§  Menjelaska cara-cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§  Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia
§  Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§  Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§  Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia

12 x 35 menit
pert 15-17
(3 minggu)

  

  

­     Buku IPS Kelas V
­     Asy’ari  Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi
­     Jenis usaha perekonomian 


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(...............................................................)
       NIP: ........................................

......., ..................................  20....
Guru Kelas



(.............................................................)
       NIP: ........................................










SILABUS PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas V  (5) Semester 2


 



SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                :  
Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                      :   V / 2
Standar Kompetensi              :   2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia

KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1.  Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
















§  Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§  Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§  Melakukan diskusi mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa  
§  Bermain peran mengenai salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh daerah
§  Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
§  Membuat rangkuman atau cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang
§  Membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker
§  Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara
§  Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan Konggres Pemuda II
§  Membuat catatan mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menjawab pertanyaan tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§  Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§  Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§  Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§  Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§  Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§  Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§  Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Tertulis

Uraian
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda

12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)

















­     IPS Asy’ari Erlangga Kelas V
­     Gambar Para pejuang dan tokoh lain










2.2.  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia









§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
§  Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan  Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan
§  Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§  Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi
§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan

 12 x 35 menit
pert 5 - 8
(4minggu)






­      Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
­     Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
2.3.  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia

§  Proklamasi kemerdekan Indonesia
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan  
§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

12 x 35 menit
pert 9 - 12
(4minggu)



­      Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
­     Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
2.4.  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an


§  Perjuangan para tokoh dalam mempertahan-kan kemerdekaan
§  Mencari contoh cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Membuat laporan secara kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari
§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
­      
12 x 35 menit
pert 13 - 16
(4 minggu)


­     Buku IPS Asy’ari kelas V
­     Erlangga
­     Buku yang relevan
­     Gambar

Mengetahui,
Kepala Sekolah


(...............................................................)
       NIP: ........................................

......., ..................................  20....
Guru Kelas


(.............................................................)
NIP: ........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar