NAMA SEKOLAH : |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : V / I |
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR/ ALAT | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mengenal makna peningga-lan-pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia | § Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | § Dengan berdiskusi siswa menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam § Melalui diskusi siswa menyebutkan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia § Melalui tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia § Dengan ceramah bervariasi siswa diharapkan dapat melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak § Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | § Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta § Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga- manya § Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah § Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah | Tertulis | Uraian | Jelaskan pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia | 12 x 35 menit pert 1 - 4 (4 minggu) | Buku IPS klas V Asy’ari Erlangga Gambar candi dan masjid |
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | § Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | § Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Menjelaskan dan mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Menjelaskan dan membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | § menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia § Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | Tertulis | jawab singkat | Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | 9 x 35 menit pert 5 - 7 (3 minggu) | Buku IPS klas V Asy’ari Erlanga Gambar tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia |
1.3. Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | § Keragaman kenampakan alam dan buatan § Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya | § Menggambarkan peta Indonesia dengan memberi simbol-simbol § Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan peta | § Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol § Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan § Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia | Tertulis | jawab singkat | Sebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan | 12 x 35 menit pert 8 - 11 (4 minggu) | Buku IPS kelas V Asy’ari Erlangga Peta Indonesia Globe, dll |
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | § Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | § Menjelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia § Dengan ceramah bervariasi guru menjelaskan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia § Menyebutkan keragaman budaya di Indonesia § Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia | § Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia § Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya § Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia § Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia | Tertulis | jawab singkat | Jelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia | 9 x 35 menit pert 12 - 14 (3 minggu) | Buku IPS kelas V Asy’ari Erlangga Peta Indonesia Gambar-gambar keanekaragaman suku bangsa dan budaya |
1.5. Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | § Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | § Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia § Menyebutkan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok § Menjelaska cara-cara menghargai kegiatan orang dalam usaha | § Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia § Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok § Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha § Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia | Tertulis | jawab singkat | Sebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia | 12 x 35 menit pert 15-17 (3 minggu) | Buku IPS Kelas V Asy’ari Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi Jenis usaha perekonomian |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...............................................................) NIP: ........................................ | ......., .................................. 20.... Guru Kelas (.............................................................) NIP: ........................................ |
|
NAMA SEKOLAH : |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : V / 2 |
Standar Kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR/ ALAT | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang | § Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia § Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | § Melakukan diskusi mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa § Bermain peran mengenai salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh daerah § Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia § Membuat rangkuman atau cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang § Membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker § Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara § Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan Konggres Pemuda II § Membuat catatan mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 § Menjawab pertanyaan tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | § Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda § Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat § Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda § Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia § Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia § Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional § Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya § Menceritakan peristiwa sumpah pemuda § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | Tertulis | Uraian | Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda | 12 x 35 menit pert 1 - 4 (4 minggu) | IPS Asy’ari Erlangga Kelas V Gambar Para pejuang dan tokoh lain |
2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia | § Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara | § Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan § Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara § Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan § Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi | § Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan § Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan § Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan | Tertulis | Uraian | Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 5 - 8 (4minggu) | Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda. |
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia | § Proklamasi kemerdekan Indonesia | § Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan § Mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | § Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan § Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan kemerdekaan | Tertulis | Jawab Singkat | Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 9 - 12 (4minggu) | Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda. |
2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an | § Perjuangan para tokoh dalam mempertahan-kan kemerdekaan | § Mencari contoh cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan § Membuat laporan secara kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari | § Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | Tertulis | Jawab Singkat | Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 13 - 16 (4 minggu) | Buku IPS Asy’ari kelas V Erlangga Buku yang relevan Gambar |
Mengetahui, Kepala Sekolah (...............................................................) NIP: ........................................ | ......., .................................. 20.... Guru Kelas (.............................................................) NIP: ........................................ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar