Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah | Contoh: Kaset/CD: It’s ten o’clock. Siswa: (melingkari gambar jam 10) Kaset/CD: It’s wedensday. Siswa: (melingkari nama hari) | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle the correct time. Kaset/CD: It’s half past three. Siswa: (melingkari gambar jam 3.30) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Contoh: Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues. Siswa: (mengulang dialog) Kaset/CD: Listen and answer orally. Siswa: (menjawab secara lisan) | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD 3. Siswa bersama-sama merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan | · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar · Merespon apa yang diengar dari kaset/CD secara lisan | · Unjuk kerja · Tes lisan | · Responding · Merespon dengan menjawab secara lisan | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How many months are there in a week? Siswa: (mengulang) Listen and answer orally. (rekaman kaset/CD): Tomorrow is Wednesday. What day was it yesterday? Siswa: Monday (menjawab secara lisan) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: What time is it? B: It is a quarter past ten. A: Touch your leg. B:Point to your ears. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi contoh melakukan sesuatu · Memberi aba-aba · Memberi petunjuk | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Memberi bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang | Contoh: A: Duan is my brother. Alya is my sister. Come and visti my family. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Mengenalkan diri · Mengajak · Meminta ijin · Memberi ijin · Menyetujui · Tidak menyetujui · Melarang | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we... | Contoh: A: Do you mind giving me some food? B: Sure. A: We cannot enter this door. Shall we find another one? B: Ok. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Do you mind... · Shall we ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the time aloud. Read all parts of the body loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Pesan tertulis sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana 3. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana 4. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana 3. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks | Read the text and fill in the timetable according to the text. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar | Rearrange the words into good sentences. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | Menulis kalimat sangat sederhana | Write your own family. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah | Contoh: Kaset/CD: Listen and describe. Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar) Kaset/CD: Listen and complete. Siswa: (melengkapi sebuah family tree) | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and describe. Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang) Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Contoh: Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues. Siswa: (mengulang dialog) | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How many brothers and sisters do you have? Siswa: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: You can park here. B: Don’t smokde here. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi contoh melakukan sesuatu · Memberi aba-aba · Memberi petunjuk | · Unjuk kerja | · Performance | · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Memberi bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan | Contoh: A: Can we park here? B: Sure. A: Excuse me, Sir. Where can I park my bicycle? B: Over there. A: Thank you. A: What does Sasya look like? B: She is tall and pretty. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi informasi · Memberi pendapat · Meminta kejelasan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we... | Contoh: A: Do you mind giving me some food? B: Sure. A: We cannot enter this door. Shall we find another one? B: Ok. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Do you mind... · Shall we ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana | Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, kalimat, dan teks yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the expressions aloud. Read the text loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Pesan tertulis sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana 3. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana 4. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana 3. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks | Read the text and put the words in the box into the correct group according to the text. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar | Rearrange the words into good sentences. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | Menulis kalimat sangat sederhana | Write the correct expressions. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar