Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 01 Maret 2012

Silabus Bahasa Inggris Kelas 2

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.  Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang


Contoh:

Guru: candies

Siswa: candies

Guru: It is 5 o’clock.

Siswa: It is 5 o’clock.


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the sentences and repeat.
Guru: I get up at 5 o’clock
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima






Contoh:

Guru: Say, “Thank you”.

Siswa: (mengucapkan “Thank you”)

Guru: Shake hands.

Siswa: (berjabat tangan)

Guru: Colour the picture.

Siswa: (mewarnai gambar)


1.     Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
3.     Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD


·   Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
·   Merespon dengan melengkapi kalimat yang kosong
·   Merespon dengan mewarnai gambar





·   Unjuk kerja






·       Tes tulis






·       Tes tulis


·       Responding







·       Melengkapi






·       Mewarnai


Listen to the instructions and follow them.
Guru: Say, “Happy birthday!”

Listen to the sentences and complete them.
It is ___ ________.

Listen to the speaker and colour the picture.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)


2 x 35 menit


·   Gambar- gambar/ benda terkait
·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks










Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda

Contoh:

A: What is it?
B: It is an elephant.

A: Where is my pencil?
B: It is on the desk.

A: How many cats are there?
B: There are five cats.





1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menanyakan suatu benda
·   Menanyakan di mana suatu benda berada
·   Menanyakan jumlah benda

·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit

·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga





Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan usia dan tanggal lahir serta menyebutkan waktu


Contoh:

A: How old are you?
B: I’m seven.

A: When is your birthday?
B: My birthday is in June.

A: What time is it?
B: It is three o’clock.

1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menyebutkan usia dan tanggal lahir
·   Menyebutkan waktu

Tes lisan

Tanya jawab

Ask and answer the questions based on the situation or picture given.

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
















Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari



















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar










·   Tes unjuk kerja


·   Observasi

















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi
















Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.














2 x 35 menit






















Buku teks




















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


        Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima



·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat



1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar



Tes unjuk kerja


Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks


Point to the correct objects in the pictures based on the text.


2 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga



















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar


Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait



Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar





Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar




Tes tulis







Menulis kosakata dengan ejaan yang benar





Write names of certain objects with the correct spelling.




4 x 35 menit







·   Buku teks
·   Alat peraga






        Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima




Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait

·   Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
·   Menulis nama-nama benda, hewan, waktu, atau materi terkait sesuai dengan gambar

·   Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
·   Menulis nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat


Tes tulis

·   Menyalin kosakata sesuai dengan gambar


·   Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar


Write names of the animals by choosing the correct name in the box.

Write names of the objects in the pictures.

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga




Silabus

Lampiran 5
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang



Contoh:

Guru: football

Siswa: football

Guru: a tree house

Siswa: a tree house


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the sentences and repeat.
Guru: John hides behind the tree.
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

Contoh:

Guru: Let’s play the piano.

Siswa: (memperagakan gerakan bermain piano)

Guru: Let’s play baseball.

Siswa: (memperagakan gerakan bermain bisbol)



Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru

Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and follow them.
Guru: Let’s play the guitar.

2 x 35 menit

·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks















Silabus

Lampiran 6
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima














Contoh:

Guru: What do you play?

Siswa: What do you play? (bersama-sama)

Guru: I play the piano.

Siswa: I play the piano. (bersama-sama)



Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan















Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat











Unjuk kerja















Performance















Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
What do you play?
I play football.








2 x 35 menit

















·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga



















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda

Contoh:

A: What do you play?
B: I play the drum.

A: Where is my pencil?
B: It is on the desk.

A: How many cats are there?
B: There are five cats.

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan
·   Menanyakan di mana suatu benda berada
·   Menanyakan jumlah benda


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


















Silabus

Lampiran 7
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
















Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar



1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar













·   Tes unjuk kerja


·   Observasi














·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.














2 x 35 menit






















Buku teks

























Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks



Read the text and say the names of the objects in the picture.


2 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga



















Silabus

Lampiran 8
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : II (Dua)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar



Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama permainan, hewan, kata depan atau materi terkait



Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar






Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai





Tes tulis








Menyalin kosakata sesuai dengan gambar






Write names of the sports based on the pictures given.





4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







8.2 Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima



Kalimat-kalimat sangat sederhana dan kosakata yang berkaitan

Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai berdasarkan gambar

Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

Tes tulis

Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan gambar

Complete the sentences by writing the corect names of the animals based on the picture given.


4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar