Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: candies Siswa: candies Guru: It is 5 o’clock. Siswa: It is 5 o’clock. | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the sentences and repeat. Guru: I get up at 5 o’clock Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Say, “Thank you”. Siswa: (mengucapkan “Thank you”) Guru: Shake hands. Siswa: (berjabat tangan) Guru: Colour the picture. Siswa: (mewarnai gambar) | 1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD 2. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD 3. Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD | · Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar · Merespon dengan melengkapi kalimat yang kosong · Merespon dengan mewarnai gambar | · Unjuk kerja · Tes tulis · Tes tulis | · Responding · Melengkapi · Mewarnai | Listen to the instructions and follow them. Guru: Say, “Happy birthday!” Listen to the sentences and complete them. It is ___ ________. Listen to the speaker and colour the picture. (terdapat gambar yang harus diwarnai siswa) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda | Contoh: A: What is it? B: It is an elephant. A: Where is my pencil? B: It is on the desk. A: How many cats are there? B: There are five cats. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menanyakan suatu benda · Menanyakan di mana suatu benda berada · Menanyakan jumlah benda | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan usia dan tanggal lahir serta menyebutkan waktu | Contoh: A: How old are you? B: I’m seven. A: When is your birthday? B: My birthday is in June. A: What time is it? B: It is three o’clock. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menyebutkan usia dan tanggal lahir · Menyebutkan waktu | Tes lisan | Tanya jawab | Ask and answer the questions based on the situation or picture given. | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Point to the correct objects in the pictures based on the text. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait | Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar | Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis kosakata dengan ejaan yang benar | Write names of certain objects with the correct spelling. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait | · Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar · Menulis nama-nama benda, hewan, waktu, atau materi terkait sesuai dengan gambar | · Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai · Menulis nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat | Tes tulis | · Menyalin kosakata sesuai dengan gambar · Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar | Write names of the animals by choosing the correct name in the box. Write names of the objects in the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: football Siswa: football Guru: a tree house Siswa: a tree house | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the sentences and repeat. Guru: John hides behind the tree. Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Let’s play the piano. Siswa: (memperagakan gerakan bermain piano) Guru: Let’s play baseball. Siswa: (memperagakan gerakan bermain bisbol) | Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru | Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and follow them. Guru: Let’s play the guitar. | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: Guru: What do you play? Siswa: What do you play? (bersama-sama) Guru: I play the piano. Siswa: I play the piano. (bersama-sama) | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru: What do you play? I play football. | 2 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda | Contoh: A: What do you play? B: I play the drum. A: Where is my pencil? B: It is on the desk. A: How many cats are there? B: There are five cats. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan · Menanyakan di mana suatu benda berada · Menanyakan jumlah benda | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar 2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Read the text and say the names of the objects in the picture. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama permainan, hewan, kata depan atau materi terkait | Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar | Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai | Tes tulis | Menyalin kosakata sesuai dengan gambar | Write names of the sports based on the pictures given. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kalimat-kalimat sangat sederhana dan kosakata yang berkaitan | Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai berdasarkan gambar | Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai | Tes tulis | Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan gambar | Complete the sentences by writing the corect names of the animals based on the picture given. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar