Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: globe Siswa: globe Guru: clock Siswa: clock | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the words and repeat. Guru: desk Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Stand in front of your friend. Siswa: (berdiri di depan temannya masing-masing) Guru: Introduce yourself. Siswa: (memperkenalkan diri) Guru: Draw an orange. Siswa: (menggambar sebuah jeruk) | 1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD 2. Siswa menjawab instruksi yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD 3. Siswa membuat gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD | · Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar · Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar · Merespon dengan membuat gambar | · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tes tulis | · Responding · Responding · Membuat gambar | Listen to the instructions and follow them. Guru: Borrow a pencil from a friend in front of you. Listen to the instructions and answer them. Listen to the speaker and draw the pictures. (terdapat gambar yang harus dibuat siswa) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memperkenalkan diri, menanyakan kepemilikan, menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang | Contoh: A: What is your name? B: My name is (student’s name) A: Whose kite is this? B: It is Charlie’s. A: What is Mira doing? B: She is walking . | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memperkenalkan diri · Menanyakan kepemilikan · Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan nama-nama benda, menyebutkan di mana seseorang berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan | Contoh: A: This is an apple. B: This is a cauliflower. A: Where is John? B: He is in front of the blackboard. A: Do you like pets? B: Yes, I do. A: What pet do you have? B: A cat and a dog. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menyebutkan nama-nama benda · Menyebutkan di mana seseorang berada · Menyebutkan kesukaan dan kepunyaan | Tes lisan | Tanya jawab | Ask and answer the questions based on the situation or picture given. | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Point to the correct objects in the pictures based on the text. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama dan benda kepemilikan dan nama-nama buah dan sayuran | Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar | Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis kosakata dengan ejaan yang benar | Write names of fruits and vegetables. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kosakata sangat sederhana terkait dengan kata have/has dan kata depan | · Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar · Menulis kata have/has dan kata depan di dalam kalimat | · Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar · Menulis kata have/has dan kata depan di dalam kalimat | Tes tulis | · Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar · Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar | Trace the prepositions below according to the pictures. Write have/has in the space provided. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: tennis Siswa: tennis Guru: surprised Siswa: surprised | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the words and repeat. Guru: Cycling. Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Show me you are happy. Siswa: (menggambar ekspresi wajah gembira) Guru: I am swimming. Siswa: (memperagakan gerakan berenang) | Siswa melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD | Merespon dengan melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang didengar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and follow them. Guru: Pretend you are angry. | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: Guru: Which one is thicker? Siswa: Which one is thicker? (bersama-sama) Guru: The red one. Siswa: The red one. (bersama-sama) | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru: Which one is bigger? The yellow one. | 2 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang dan menanyakan keadaan seseorang | Contoh: A: What are you doing? B: I am playing tennis. A: How do you feel? B: I am sad. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang · menanyakan keadaan seseorang | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar 2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Read the text and point to the pictures. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan perbandingan | Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar | Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai | Tes tulis | Menyalin kosakata sesuai dengan gambar | Write the correct size. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kalimat-kalimat sangat sederhana dan kosakata yang berkaitan | Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai berdasarkan gambar | Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai | Tes tulis | Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan gambar | Complete the words by writing the correct expressions according to the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar