Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 01 Maret 2012

Silabus Bahasa Inggris Kelas 3

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.  Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang


Contoh:

Guru: globe

Siswa: globe

Guru: clock

Siswa: clock


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar


Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the words and repeat.
Guru: desk
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima






















Contoh:

Guru: Stand in front of your friend.

Siswa: (berdiri di depan temannya masing-masing)

Guru: Introduce yourself.

Siswa: (memperkenalkan diri)

Guru: Draw an orange.

Siswa: (menggambar sebuah jeruk)





1.     Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Siswa menjawab instruksi yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
3.     Siswa membuat gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD








·   Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
·   Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar
·   Merespon dengan membuat gambar













·   Unjuk kerja







·       Unjuk kerja




·       Tes tulis









·       Responding








·       Responding





·       Membuat gambar








Listen to the instructions and follow them.
Guru: Borrow a pencil from a friend in front of you.

Listen to the instructions and answer them.


Listen to the speaker and draw the pictures.
(terdapat gambar yang harus dibuat siswa)


2 x 35 menit

























·   Rekaman kaset/CD
·   Buku      teks































Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memperkenalkan diri, menanyakan kepemilikan, menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

Contoh:

A: What is your name?
B: My name is (student’s name)

A: Whose kite is this?
B: It is Charlie’s.

A: What is Mira doing?
B: She is walking .





1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memperkenalkan diri
·   Menanyakan kepemilikan
·   Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit

·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan nama-nama benda, menyebutkan di mana seseorang berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan


Contoh:

A: This is an apple.
B: This is a cauliflower.

A: Where is John?
B: He is in front of the blackboard.

A: Do you like pets?
B: Yes, I do.
A: What pet do you have?
B: A cat and a dog.


1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menyebutkan nama-nama benda
·   Menyebutkan di mana seseorang berada
·   Menyebutkan kesukaan dan kepunyaan

Tes lisan

Tanya jawab

Ask and answer the questions based on the situation or picture given.

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
















Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari



















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar










·   Tes unjuk kerja


·   Observasi

















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi
















Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.














2 x 35 menit






















Buku teks



















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


        Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima



·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat



1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar



Tes unjuk kerja


Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks


Point to the correct objects in the pictures based on the text.


2 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga



















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar


Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama dan benda kepemilikan dan nama-nama buah dan sayuran


Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar





Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar




Tes tulis







Menulis kosakata dengan ejaan yang benar




Write names of fruits and vegetables.




4 x 35 menit







·   Buku teks
·   Alat peraga






        Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima




Kosakata sangat sederhana terkait dengan kata have/has dan kata depan

·   Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
·   Menulis kata have/has dan kata depan di dalam kalimat

·   Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
·   Menulis kata have/has dan kata depan di dalam kalimat


Tes tulis

·   Menebalkan kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
·   Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar


Trace the prepositions below according to the pictures.




Write have/has in the space provided.  

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga

 

Silabus

Lampiran 5
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang



Contoh:

Guru: tennis

Siswa: tennis

Guru: surprised

Siswa: surprised


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the words and repeat.
Guru: Cycling.
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

Contoh:

Guru: Show me you are happy.

Siswa: (menggambar ekspresi wajah gembira)

Guru: I am swimming.

Siswa: (memperagakan gerakan berenang)



Siswa melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

Merespon dengan  melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and follow them.
Guru: Pretend you are angry.

2 x 35 menit

·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks

















Silabus

Lampiran 6
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima














Contoh:

Guru: Which one is thicker?

Siswa: Which one is thicker? (bersama-sama)

Guru: The red one.

Siswa: The red one. (bersama-sama)



Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan















Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat











Unjuk kerja















Performance















Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
Which one is bigger?
The yellow one.








2 x 35 menit

















·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang dan menanyakan keadaan seseorang

Contoh:

A: What are you doing?
B: I am playing tennis.

A: How do you feel?
B: I am sad.



1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang
·   menanyakan keadaan seseorang


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


















Silabus

Lampiran 7
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
















Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar



1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar













·   Tes unjuk kerja


·   Observasi














·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.














2 x 35 menit






















Buku teks
























Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks



Read the text and point to the pictures.


2 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga




















Silabus

Lampiran 8
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : III (Tiga)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar



Kosakata sangat sederhana terkait dengan perbandingan



Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar






Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai





Tes tulis








Menyalin kosakata sesuai dengan gambar






Write the correct size.





4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







8.2 Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima



Kalimat-kalimat sangat sederhana dan kosakata yang berkaitan

Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai berdasarkan gambar

Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

Tes tulis

Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan gambar



Complete the words by writing the correct expressions according to the pictures.


4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar