Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and complete the dialogues. Siswa: (melengkapi dialog) Kaset/CD: Listen and colour the pictures. Siswa: (mewarnai gambar) Kaset/CD: Listen, complete and act out. Siswa: (melengkapi dan memperagakan dialog) | 1. Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong 2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD. 3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog. | · Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong · Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD · Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog | · Tes tulis · Tes tulis · Unjuk kerja | · Melengkapi dialog · Mewarnai gambar · Responding | Listen and complete the dialogues. A: Good _______. B: _________ __________. Listen and colour the pictures. (terdapat gambar yang harus diwarnai siswa) Listen, complete and act out the dialogues. | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakapan |
Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas | Contoh: Guru: Listen and repeat the dialogues. Siswa: (mengulang dialog) Guru: Listen and repeat the alphabets. Siswa: (mengulang alfabet) | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How are you today? Siswa: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba | Contoh: A: What is your name? B: My name is Tina. A: Good morning, Anti. B: Good morning, Anto. A: Good bye, Joni. B: Bye. See you tomorrow. A: Spell the words. B: (mengeja kata) | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Mengenalkan diri · Memberi salam/sapaan · Memberi salam perpisahan · Memberi aba-aba | · Tes lisan · Unjuk kerja · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance · Bermain peran | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! · Perform a role play with your friend about asking and giving personal information! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak | Contoh: A: How are you today? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Berterima kasih · Meminta maaf · Memberi maaf · Melarang · Memuji · Mengajak | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me | Contoh: A: How are you? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. A: Can you spell your name, please? B: Sure. It’s A-N-A. A: Excuse me, may I park my bicycle here? B: No, you have to park your bicycle at the backyard. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Thank you · Sorry · Please · Excuse me | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the alphabets aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga | ||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Pesan tertulis sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks | Complete the blanks next to the pictures according to the text. | 2 x 35 menit | Buku teks | ||||||||
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Fill in the blanks with the correct expressions. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis | Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | · Menulis pesan tertulis · Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar | · Write a message to your friend telling about yourself. · Rearrange the words into good sentences. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan | Contoh: Guru: Open the window. Siswa: (membuka jendela) Guru: Pick a book. Siswa: (memilih sebuah buku) | 1. Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima 2. Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Tes lisan | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Listen and do the instructions. Guru: Get to the front of the class. Murid: (maju ke depan kelas) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Contoh: Guru: A cupboard. Siswa: (mengulang kata “cupboard”) Guru: A duster. Siswa: (mengulang kata “duster”) | Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and repeat. Guru: An eraser. Murid: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: A: May I talk aloud here? B: No, you may not. A: How many classrooms are there in the school? B: There are six classrooms. | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru: How many classrooms are there in the school? Siswa: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba | Contoh: A: Switch off the light. B: Turn the volume up. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi contoh melakukan sesuatu · Memberi aba-aba | · Unjuk kerja | · Performance | · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan | Contoh: A: May I go to the restroom ma’am? B: Of course. A: May I open the window? B: Sure. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta ijin · Memberi ijin · Menyetujui · Tidak menyetujui · Menyangkal · Meminta kejelasan | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me | Contoh: A: How are you? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. A: Can you spell your name, please? B: Sure. It’s A-N-A. A: Excuse me, may I park my bicycle here? B: No, you have to park your bicycle at the backyard. | 6. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 7. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 8. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 9. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 10. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Thank you · Sorry · Please · Excuse me | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the work places aloud. Read all the expressions loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana | Kalimat-kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog | Tes unjuk kerja | Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri dan berpasangan | Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Fill in the blanks with the correct expression. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis | Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | · Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana · Menulis pesan tertulis berupa perintah | · Write the answers for each picture. · Write five expressios according to the picture board. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar