Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 1.1 Merespon dengan   melakukan   tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and complete the dialogues.  Siswa: (melengkapi   dialog) Kaset/CD: Listen and colour the pictures. Siswa: (mewarnai   gambar) Kaset/CD: Listen, complete and act out. Siswa: (melengkapi   dan memperagakan dialog) | 1.     Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong  2.     Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar   dari kaset/CD.  3.     Siswa melengkapi dan memperagakan dialog. | ·           Merespon dengan   melengkapi dialog-dialog yang masih kosong ·           Merespon dengan   mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD  ·           Merespon dengan   melengkapi dan memperaga- kan dialog | ·     Tes  tulis ·     Tes tulis ·     Unjuk   kerja | ·     Melengkapi   dialog ·     Mewarnai   gambar ·     Responding | Listen and complete the dialogues.  A: Good _______. B: _________ __________. Listen and colour the pictures.  (terdapat gambar yang harus diwarnai siswa) Listen, complete and act out the dialogues.  | 2 x 35 menit | ·   Gambar- gambar/ benda   terkait ·   Rekaman   kaset/CD ·   Buku teks ·   Script percakapan  | 
| Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas | Contoh: Guru: Listen   and repeat the dialogues. Siswa: (mengulang dialog) Guru: Listen   and repeat the alphabets. Siswa: (mengulang alfabet) | 1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa   yang didengar dari kaset/CD 2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa   yang didengar dari kaset/CD  | ·           Merespon dengan   mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang ·           Merespon dengan   mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris   yang benar | Unjuk kerja  | Responding | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How are you today? Siswa: (mengulang)  | 2 x 35 menit | ·   Rekaman kaset/CD ·    Buku teks  ·   Script percakap-an  | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/   Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang   melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi   salam perpisahan, dan memberi aba-aba | Contoh:  A: What is your name? B: My name is Tina. A: Good morning, Anti. B: Good morning, Anto. A: Good bye, Joni. B: Bye. See you tomorrow.  A: Spell the words. B: (mengeja kata) | 1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·   Mengenalkan diri ·   Memberi salam/sapaan ·   Memberi salam perpisahan ·   Memberi aba-aba | ·   Tes lisan ·   Unjuk kerja ·     Unjuk kerja | ·   Pertanyaan ·   Performance ·     Bermain peran | ·   Answer the questions   orally! ·   Act out the dialogue   in front of the class! ·   Perform a role play with your friend about asking and giving   personal information! | 4 x 35 menit | ·       Script percakap-an ·       Buku teks  ·       Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/   Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima   yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi   barang | Contoh: A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                        B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·     Meminta bantuan ·     Meminta barang ·     Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | ·   Script percakapan ·   Buku teks berisi percakapan ·   Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/   Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang   melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf,   melarang, memuji, dan mengajak | Contoh: A: How are you today? B: I’m  fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. | 1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·     Berterima kasih ·     Meminta maaf ·     Memberi maaf ·     Melarang ·     Memuji ·     Mengajak | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | ·   Script percakapan ·   Buku teks berisi percakapan ·   Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/   Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me | Contoh: A: How are you? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. A: Can you spell your name, please? B: Sure. It’s A-N-A. A: Excuse me, may I park my bicycle here? B: No, you have to park your bicycle at the backyard.  | 1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang   melibatkan ungkapan:   ·     Thank you ·     Sorry ·     Please ·     Excuse me | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | ·   Script percakapan ·   Buku teks berisi percakapan ·   Alat peraga | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/   Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
| 3.1   Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang   melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat   yang dipelajari | 1.   Mendengarkan dan merespon   hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2.    Mendengarkan contoh membaca nyaring yang   dilakukan guru 3.   Menirukan membaca   nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4.   Membaca nyaring   sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1.   Melafalkan alfabet,   kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2.   Membaca alfabet, kata,   frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3.   Membaca nyaring dengan   baik dan benar | ·   Tes unjuk kerja ·   Observasi | ·   Uji petik membaca nyaring ·   Lembar observasi | Read the alphabets aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | ·   Buku teks ·   Alat peraga | ||||||||
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
| 3.2   Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana  | ·   Kalimat-kalimat sangat sederhana ·   Pesan tertulis sangat sederhana  | 1.   Mengidentifikasi   informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2.   Mengidentifikasi   informasi yang terdapat dalam pesan tertulis 3.   Tanya jawab yang   terkait dengan materi | 1.   Mengidentifikasi   berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2.   Mengidentifikasi   berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada   dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks  | Complete the blanks next to the pictures according to the text.  | 2 x 35 menit | Buku teks | ||||||||
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
|           Mengeja ujaran bahasa   Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang   benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana   | Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  | Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  | Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Fill in the blanks with the correct expressions.  | 4 x 35 menit | ·   Buku teks ·   Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
|           Menyalin tulisan   bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan   selamat dan pesan tertulis  | Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan   benar  | Tes tulis | ·    Menulis pesan tertulis ·    Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar  | ·    Write a message to   your friend telling about yourself. ·    Rearrange the words   into good sentences. | 4 x 35 menit | ·   Buku teks ·   Alat peraga | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 5.1 Merespon dengan  melakukan   tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan   dalam berbagai permainan  | Contoh: Guru: Open   the window. Siswa: (membuka   jendela) Guru: Pick   a book. Siswa: (memilih   sebuah buku) | 1.     Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan   instruksi secara berterima  2.     Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan   sesuai dengan instruksi secara berterima  | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan   instruksi secara berterima  | Tes    lisan | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai   dengan instruksi secara berterima  | Listen and do the instructions. Guru: Get to the front   of the class. Murid: (maju ke depan kelas) | 2 x 35 menit | ·   Gambar- gambar   terkait ·   Rekaman   kaset/CD ·   Buku teks  | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 5.2  Merespon instruksi sangat sederhana   secara verbal  | Contoh: Guru: A   cupboard. Siswa: (mengulang kata “cupboard”) Guru: A   duster. Siswa: (mengulang kata “duster”)  | Siswa merespon instruksi sangat sederhana   secara verbal  | Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal  | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and repeat. Guru: An eraser. Murid: (mengulang) | 2 x 35 menit | ·   Rekaman   kaset/CD ·   Buku teks  | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: A: May I talk   aloud here? B: No, you may   not. A: How many   classrooms are there in the school? B: There are six   classrooms.  | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana  | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana   | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru:  How many classrooms are there in the school? Siswa:   (mengulang) | 2 x 35 menit | ·       Script percakapan ·       Buku teks  ·       Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang   melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi   aba-aba   | Contoh: A: Switch off the light. B: Turn the volume up.  | 1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·   Memberi contoh melakukan sesuatu  ·   Memberi aba-aba  | ·   Unjuk kerja | ·   Performance | ·   Act out the dialogues   in front of the class! | 4 x 35 menit | ·       Script percakapan ·       Buku teks  ·       Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima   yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang    | Contoh: A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                        B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | 1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·     Meminta bantuan ·     Meminta barang ·     Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | ·   Script percakapan ·   Buku teks berisi percakapan ·   Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang   melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak   menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan  | Contoh: A: May I go to the restroom ma’am?  B: Of course.  A: May I open the window?  B: Sure. | 1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: ·   Meminta ijin ·   Memberi ijin  ·   Menyetujui ·   Tidak menyetujui ·   Menyangkal ·   Meminta kejelasan  | ·   Tes lisan ·   Unjuk kerja | ·   Pertanyaan ·   Performance | ·    Answer the questions orally! ·   Act out the dialogues   in front of the class! | 4 x 35 menit | ·       Script percakapan ·       Buku teks  ·       Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me  | Contoh: A: How are you? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. A: Can you spell your name, please? B: Sure. It’s A-N-A. A: Excuse me, may I park my bicycle here? B: No, you have to park your bicycle at the backyard.  | 6.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 7.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 8.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 9.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog 10. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi   nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang   melibatkan ungkapan:   ·     Thank you ·     Sorry ·     Please ·     Excuse me | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | ·   Script percakapan ·   Buku teks berisi percakapan ·   Alat peraga | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang   melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang   dipelajari | 1.   Mendengarkan dan   merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2.   Mendengarkan contoh   membaca nyaring yang dilakukan guru 3.   Menirukan membaca   nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4.   Membaca nyaring   sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1.   Melafalkan kata,   frasa, dan kalimat dengan benar 2.   Membaca kata, frasa,   dan kalimat dengan intonasi yang benar 3.   Membaca nyaring dengan   baik dan benar | ·   Tes unjuk kerja ·   Observasi | ·   Uji petik membaca nyaring ·   Lembar observasi | Read the work places aloud. Read all the expressions loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks | 
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana  | Kalimat-kalimat    dan pesan tertulis sangat sederhana | 1.   Mengidentifikasi   informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2.   Mengidentifikasi   informasi yang terdapat dalam dialog 3.   Tanya jawab yang   terkait dengan materi  | 1.   Mengidentifikasi   berbagai informasi dalam kalimat-kalimat    sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog | Tes unjuk kerja | Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri   dan berpasangan  | Read the dialogues by yourselves first and then practise with your   friends.   | 2 x 35 menit | Buku teks | 
Silabus
| Kompetensi Dasar | Materi   Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan   berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan   kalimat sangat sederhana   | Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  | Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  | Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Fill in the blanks with the correct expression.  | 4 x 35 menit | ·   Buku teks ·   Alat peraga | 
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| 8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan   berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis  | Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan   benar  | Tes tulis | ·    Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana ·    Menulis pesan tertulis berupa perintah  | ·    Write the answers for   each picture.  ·    Write five expressios   according to the picture board. | 4 x 35 menit | ·   Buku teks ·   Alat peraga | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar