Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 01 Maret 2012

Silabus Bahasa Inggris Kelas 4

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon dengan   melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas


Contoh:

Kaset/CD: Listen and complete the dialogues.

Siswa: (melengkapi dialog)

Kaset/CD: Listen and colour the pictures.

Siswa: (mewarnai gambar)

Kaset/CD: Listen, complete and act out.

Siswa: (melengkapi dan memperagakan dialog)




1.     Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
2.     Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
3.     Siswa melengkapi dan memperagakan dialog.


·         Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
·         Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
·         Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog



·   Tes  tulis









·   Tes tulis









·   Unjuk kerja


·   Melengkapi dialog








·   Mewarnai gambar








·   Responding

Listen and complete the dialogues.

A: Good _______.
B: _________
__________.


Listen and colour the pictures.

(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)

Listen, complete and act out the dialogues.

2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks
·   Script percakapan



Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas






Contoh:

Guru: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)

Guru: Listen and repeat the alphabets.

Siswa: (mengulang alfabet)



1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar





Unjuk kerja














Responding
















Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How are you today?
Siswa: (mengulang)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an













Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba

Contoh:

A: What is your name?
B: My name is Tina.

A: Good morning, Anti.
B: Good morning, Anto.

A: Good bye, Joni.
B: Bye. See you tomorrow.

A: Spell the words.
B: (mengeja kata)







1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Mengenalkan diri
·   Memberi salam/sapaan
·   Memberi salam perpisahan
·   Memberi aba-aba


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance




·   Bermain peran

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

·   Perform a role play with your friend about asking and giving personal information!


4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                     
B: Yes, I want cabbage, please.


(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)





1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak


Contoh:

A: How are you today?
B: I’m  fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

                                




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Berterima kasih
·   Meminta maaf
·   Memberi maaf
·   Melarang
·   Memuji
·   Mengajak

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me


Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.



1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Thank you
·   Sorry
·   Please
·   Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1   Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana



















Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1. Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar









·   Tes unjuk kerja


·   Observasi
















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi















Read the alphabets aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.













2 x 35 menit




















·   Buku teks
·   Alat peraga



















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2   Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Pesan tertulis sangat sederhana


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi

1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks

Complete the blanks next to the pictures according to the text.

2 x 35 menit











Buku teks






















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expressions.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga


















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis


Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana


Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








·    Menulis pesan tertulis






·    Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar



·    Write a message to your friend telling about yourself.

·    Rearrange the words into good sentences.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga






















Silabus

Lampiran 5
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan  melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan



Contoh:

Guru: Open the window.

Siswa: (membuka jendela)

Guru: Pick a book.

Siswa: (memilih sebuah buku)


1.     Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
2.     Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima



Tes  lisan


Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Listen and do the instructions. Guru: Get to the front of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks










Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Contoh:

Guru: A cupboard.

Siswa: (mengulang kata “cupboard”)

Guru: A duster.

Siswa: (mengulang kata “duster”)



Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and repeat.
Guru: An eraser.
Murid: (mengulang)

2 x 35 menit

·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks




















Silabus

Lampiran 6
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima












Contoh:

A: May I talk aloud here?
B: No, you may not.

A: How many classrooms are there in the school?
B: There are six classrooms.



Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana












Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana 









Unjuk kerja















Performance















Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
How many classrooms are there in the school?
Siswa: (mengulang)







2 x 35 menit















·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba 

Contoh:

A: Switch off the light.

B: Turn the volume up.



1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba


·   Unjuk kerja

·   Performance

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang

Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                    
B: Yes, I want cabbage, please.


(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)





1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: May I go to the restroom ma’am?
 B: Of course.

A: May I open the window?
B: Sure.



1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta ijin
·   Memberi ijin
·   Menyetujui
·   Tidak menyetujui
·   Menyangkal
·   Meminta kejelasan


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.



6.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
7.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
8.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
9.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
10. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Thank you
·   Sorry
·   Please
·   Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Silabus

Lampiran 7
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

















Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar












·   Tes unjuk kerja


·   Observasi


















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read the work places aloud.

Read all the expressions loudly and carefully.















2 x 35 menit






















Buku teks
























Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

Kalimat-kalimat  dan pesan tertulis sangat sederhana


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat  sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog


Tes unjuk kerja

Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri dan berpasangan


Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends. 


2 x 35 menit

Buku teks




















Silabus

Lampiran 8
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expression.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga


















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis



Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana


Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








·    Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana

·    Menulis pesan tertulis berupa perintah







·    Write the answers for each picture.


·    Write five expressios according to the picture board.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar