Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: chalk Siswa: chalk Guru: book Siswa: book | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the words and repeat. Guru: crayon Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Stand up. Siswa: (berdiri) Guru: Sit down. Siswa: (duduk) Guru: Make a line. Siswa: (berbaris) | Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD | Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and follow them. Guru: Jump. Siswa: (melompat) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang | Contoh: A: What is this? B: This is a pencil. A: Who is he? B: He is my brother. A: What are you doing? B: I am studying. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menanyakan suatu benda · Menanyakan seseorang | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda | Contoh: A: What are you doing? B: I am studying. A: It is big. B: It is little. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang · Menyebutkan ukuran sebuah benda | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read all the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Point to the student in the picture described in the text. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat | Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar | Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis kosakata dengan ejaan yang benar | Trace names of certain objects with the correct spelling. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat | · Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar · Menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat | · Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai · Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat | Tes tulis | · Menyalin kosakata sesuai dengan gambar · Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar | Write names of the objects based on the pictures. Write the adjectives based on the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang | Contoh: Guru: merry-go-round Siswa: merry-go-round Guru: leapfrog Siswa: leapfrog | 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD 2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD | · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang · Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the names of games and repeat. Guru: jackstone Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima | Contoh: Guru: Hop. Siswa: (melompat) Guru: Hide. Siswa: (bersembunyi) | Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD | Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and follow them. Guru: Jump. | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: Guru: Where is my bag? Siswa: Where is my bag? (bersama-sama) Guru: I have a book. Siswa: I have a book. (bersama-sama) | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan | Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru: Where is my bag? It is here. | 2 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang | Contoh: A: I have a book. B: I do not have a pencil. A: Where is my lunch box? B: It is here. A: What are you doing? B: I am playing marbles. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Menyebutkan kepemilikan · Menanyakan di mana suatu benda berada · Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogue in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar 2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read all the sentences loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat | 1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 3. Tanya jawab yang terkait dengan materi | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Point to the correct student in the picture described in the text. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Silabus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar | Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas dan nama-nama permainan | Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar | Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai | Tes tulis | Menyalin kosakata sesuai dengan gambar | Trace names of the objects based on the pictures given. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Melengkapi kosakata sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kosakata-kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas | Melengkapi kosakata berdasarkan gambar | Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai | Tes tulis | Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar | Complete the words by filling in the letters in the space provided. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar