Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Rabu, 01 Februari 2012

Prota SBK kelas 6

PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan                : SDN II Bulukerto                    Kelas                 : VI
Mata Pelajaran                       : Seni Budaya dan Keterampilan Tahun Pelajaran           : 2011/2012

Semester
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Ket.
Gasal
1.      Mengapresiasikan karya seni rupa nusantara.




1.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain.
Jam Pelajaran



1.2.Menjelaskan cara membatik.
Jam Pelajaran



1.3.Menanpilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain .
Jam Pelajaran


2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.




2.1.Membatik dengan teknik sederhana.
Jam Pelajaran



2.2.Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah.
Jam Pelajaran



2.3.Merancang boneka.
Jam Pelajaran



2.4.Membuat boneka berdasarkan rancangan.
Jam Pelajaran


3.      Mengapresiasi seni musik.




3.1.Mengidentifikasi seni musik.
Jam Pelajaran



3.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah nusantara.
Jam Pelajaran


4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.




4.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis.
Jam Pelajaran



4.2.Menyayikan lagu wajib, daerah, dan nusantara dengan iringan sederhana.
Jam Pelajaran


5.      Mengapresiasi karya seni tari.




5.1.Menjelaskan makna pola lantai pada tarian.
Jam Pelajaran



5.2.Membandingan pola lantai gerak tari nusantara daerah setempat.
Jam Pelajaran



5.3.Menganalisis pola lantai gerak tari nusantara daerah setempat.
Jam Pelajaran


6.      Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.




6.1.Menyiapkan peragaan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perseorangan dan berkelompok.
Jam Pelajaran



6.2.Memperagakan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perseorangan dan berkelompok.
Jam Pelajaran


7.      Mengapresiasi karya kerajinan.




7.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman.
Jam Pelajaran



7.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman.
Jam Pelajaran


8.      Membuat karya kerajinan.




8.1.Membuat kerajinan anyaman.
Jam Pelajaran



8.2.Merancang benda pakai dari bahan anyaman.
Jam Pelajaran



8.3.Membuat benda pakai dari bahan anyaman.
Jam Pelajaran

Genap
9.      Mengapresiasi karya seni rupa.




9.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain.
Jam Pelajaran



9.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain.
Jam Pelajaran


10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.




     10.1.Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar.
Jam Pelajaran



     10.2.Menyiapkan karya seni rupa yang di buat untuk pameran kelas.
Jam Pelajaran



     10.3.Menata karya seni rupa yang di buat untuk pameran kelas.
Jam Pelajaran


11.  Mengapresiasi karya seni musik.




     11.1.Membandingkan berbagai lagu dan musik nusantara.
Jam Pelajaran



     11.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik nusantara.
Jam Pelajaran


12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.




     12.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis.
Jam Pelajaran



     12.2.Menyiapkan pertunjukan lagu daerah dan lagu nusantara dengan iringan musik sederhana.
Jam Pelajaran



     12.3.Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu nusantara dengan iringan musik sederhana.
Jam Pelajaran


13.  Mengapresiasi karya seni tari.




     13.1.Membandingkan pola lantai gerak tari nusantara.
Jam Pelajaran



     13.2.Menganalisis pola lantai gerak tari nusantara berdasarkan pengamatan.
Jam Pelajaran


14.  Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.




     14.1.Memeragakan tari nusantara dengan pola lantai secara berkelompok.
Jam Pelajaran



     14.2.Menyiapkan pertunjukan tari nusantara di sekolah.
Jam Pelajaran



     14.3.Mengelar pertunjukan tari nusantara di sekolah.
Jam Pelajaran


15.  Mengapresiasi karya kerajinan.




     15.1.Mendiskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda.
Jam Pelajaran



     15.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda.
Jam Pelajaran


16.  Membuat benda mainan beroda.




     16.1.Merancang benda mainan beroda.
Jam Pelajaran



     16.2 Membuat benda mainan beroda.
Jam Pelajaran

                                                                                                            Bulukerto, 4 Juli 2011
Kepala SDN II Bulukerto



Giyanto, M.pd
            NIP :19590201 197802 1 002
Guru Kelas VI



Sri Wigati Trihandini S.pd
                 NIP :19641014 199203 2 009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar