Semester | Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Ket. | |
Gasal | 1. Mengapresiasikan karya seni rupa nusantara. | |||
1.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain. | Jam Pelajaran | |||
1.2.Menjelaskan cara membatik. | Jam Pelajaran | |||
1.3.Menanpilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain . | Jam Pelajaran | |||
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. | ||||
2.1.Membatik dengan teknik sederhana. | Jam Pelajaran | |||
2.2.Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah. | Jam Pelajaran | |||
2.3.Merancang boneka. | Jam Pelajaran | |||
2.4.Membuat boneka berdasarkan rancangan. | Jam Pelajaran | |||
3. Mengapresiasi seni musik. | ||||
3.1.Mengidentifikasi seni musik. | Jam Pelajaran | |||
3.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah nusantara. | Jam Pelajaran | |||
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. | ||||
4.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis. | Jam Pelajaran | |||
4.2.Menyayikan lagu wajib, daerah, dan nusantara dengan iringan sederhana. | Jam Pelajaran | |||
5. Mengapresiasi karya seni tari. | ||||
5.1.Menjelaskan makna pola lantai pada tarian. | Jam Pelajaran | |||
5.2.Membandingan pola lantai gerak tari nusantara daerah setempat. | Jam Pelajaran | |||
5.3.Menganalisis pola lantai gerak tari nusantara daerah setempat. | Jam Pelajaran | |||
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | ||||
6.1.Menyiapkan peragaan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perseorangan dan berkelompok. | Jam Pelajaran | |||
6.2.Memperagakan tari nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perseorangan dan berkelompok. | Jam Pelajaran | |||
7. Mengapresiasi karya kerajinan. | ||||
7.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman. | Jam Pelajaran | |||
7.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman. | Jam Pelajaran | |||
8. Membuat karya kerajinan. | ||||
8.1.Membuat kerajinan anyaman. | Jam Pelajaran | |||
8.2.Merancang benda pakai dari bahan anyaman. | Jam Pelajaran | |||
8.3.Membuat benda pakai dari bahan anyaman. | Jam Pelajaran | |||
Genap | 9. Mengapresiasi karya seni rupa. | |||
9.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain. | Jam Pelajaran | |||
9.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain. | Jam Pelajaran | |||
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. | ||||
10.1.Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar. | Jam Pelajaran | |||
10.2.Menyiapkan karya seni rupa yang di buat untuk pameran kelas. | Jam Pelajaran | |||
10.3.Menata karya seni rupa yang di buat untuk pameran kelas. | Jam Pelajaran | |||
11. Mengapresiasi karya seni musik. | ||||
11.1.Membandingkan berbagai lagu dan musik nusantara. | Jam Pelajaran | |||
11.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik nusantara. | Jam Pelajaran | |||
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. | ||||
12.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis. | Jam Pelajaran | |||
12.2.Menyiapkan pertunjukan lagu daerah dan lagu nusantara dengan iringan musik sederhana. | Jam Pelajaran | |||
12.3.Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu nusantara dengan iringan musik sederhana. | Jam Pelajaran | |||
13. Mengapresiasi karya seni tari. | ||||
13.1.Membandingkan pola lantai gerak tari nusantara. | Jam Pelajaran | |||
13.2.Menganalisis pola lantai gerak tari nusantara berdasarkan pengamatan. | Jam Pelajaran | |||
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | ||||
14.1.Memeragakan tari nusantara dengan pola lantai secara berkelompok. | Jam Pelajaran | |||
14.2.Menyiapkan pertunjukan tari nusantara di sekolah. | Jam Pelajaran | |||
14.3.Mengelar pertunjukan tari nusantara di sekolah. | Jam Pelajaran | |||
15. Mengapresiasi karya kerajinan. | ||||
15.1.Mendiskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda. | Jam Pelajaran | |||
15.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda. | Jam Pelajaran | |||
16. Membuat benda mainan beroda. | ||||
16.1.Merancang benda mainan beroda. | Jam Pelajaran | |||
16.2 Membuat benda mainan beroda. | Jam Pelajaran |
Kepala SDN II Bulukerto Giyanto, M.pd NIP :19590201 197802 1 002 | Guru Kelas VI Sri Wigati Trihandini S.pd NIP :19641014 199203 2 009 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar