Semester | Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Ket. | |
Gasal | 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri mahkluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. | |||
1.1.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bebek) dan lingkungan hidupnya. | Jam Pelajaran | |||
1.2.Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya. | Jam Pelajaran | |||
Uji kompetensi 1 | Jam Pelajaran | |||
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup. | ||||
2.1.Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia. | Jam Pelajaran | |||
2.2.Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan. | Jam Pelajaran | |||
2.3.Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. | Jam Pelajaran | |||
2.4.Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia. | Jam Pelajaran | |||
Uji kompetensi 2 | Jam Pelajaran | |||
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan. | ||||
3.1.Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem). | Jam Pelajaran | |||
3.2.Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan. | Jam Pelajaran | |||
3.3.Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan. | Jam Pelajaran | |||
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan. | ||||
4.1.Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan. | Jam Pelajaran | |||
4.2.Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat. | Jam Pelajaran | |||
Uji kompetensi 3 | Jam Pelajaran | |||
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda. | ||||
5.1.Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda. | Jam Pelajaran | |||
5.2.Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas. | Jam Pelajaran | |||
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda. | ||||
6.1.Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan. | Jam Pelajaran | |||
6.2.Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari hari. | Jam Pelajaran | |||
Ulangan tengah semester gasal | Jam Pelajaran | |||
Ulangan akhir semester | Jam Pelajaran | |||
Jumlah | Jam Pelajaran | |||
Genap | 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi. | |||
7.1.Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/model traktor sederhana energi pegas). | Jam Pelajaran | |||
7.2.Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik. | Jam Pelajaran | |||
8. Memahami pentingnya penghematan energi. | ||||
8.1.Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. | Jam Pelajaran | |||
8.2.Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/kapal terbang/ mobil-mobilan/mobil penerangan rumah). | Jam Pelajaran | |||
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya. | ||||
9.1.Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya. | Jam Pelajaran | |||
9.2.Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan. | Jam Pelajaran | |||
9.3.Menjelaskan terjadinya gerhan abulan dan gerhana matahari. | Jam Pelajaran | |||
9.4.Menjelaskan perhitungan kalender masehi dan kalender hijriyah. | Jam Pelajaran | |||
Ulangan Tengah semester genap | Jam Pelajaran | |||
Ulangan akhir semester | Jam Pelajaran | |||
Jumlah | Jam Pelajaran |
Kepala SDN II Bulukerto Giyanto, M.pd NIP :19590201 197802 1 002 | Guru Kelas VI Sri Wigati Trihandini S.pd NIP :19641014 199203 2 009 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar