Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Sabtu, 11 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran               :    Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester              :    IV/ I
Alokasi waktu               :    8 x 35 menit (4x pertemuan)


I.  Standar Kompetensi :
    1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
     kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar  :
    1.1 Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana.    
   III.Indikator                     :
Ø  Mendiskripsikan simbol-simbol pada peta
Ø  Menggambar salah satu peta Desa/Kelurahan/Kecamatan/Kab/Kota setempat denagan menggunakan simbol dan tema tertentu.
Ø  Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/Provinsi).
Ø  Menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
Ø  Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1.    Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mendiskripsikan symbol-simbol pada peta.
2.    Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat menggambar peta desa setempat.
3.    Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat membaca peta lingkungan setempat.
4.    Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
5.      Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.    
V. Materi Pembelajaran  :
      Peta lingkungan setempat
VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran ceramah bervariasi.
VII. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
  1. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø  Guru menjelaskan tentang symbol-simbol pada peta.
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa untuk menggambar peta desa
Ø  Guru menjelaskan cara membaca peta
Ø  Guru menjelaskan cara menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta
Ø  Guru menjelaskan cara memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuangaris-garis koordinat.
Ø  Siswa mendengarkan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari guru.
            2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari  informasi tentang peta
            Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

  1. Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

       Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam       .            membuat peta
Ø  Siswa menyimak dan mencatat tentang unsur-unsur dalam membuat peta.
Ø  Judul peta adalah nama peta yang ditulis di atas peta dengan tulisan yang jelas.
Ø  Garis tepi yaitu batas pinggir peta,berfungsi untuk menulis derajad astronomi.
Ø  Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.
Ø  Legenda adalah keterangan yang menjelaskan symbol pada peta.
Ø  Mata angin yaitu jarum pedoman yang menunjuk arah suatu tempat.
Ø  Garis astronomi berupa garis vertical dan horizontal untuk menentukan letak          wilayah.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang materi pelajaran.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Ø   
Pertemuan  Ke Tiga (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang jenis skala.
Ø  Skala angka disebut skala perbandingan karena menggunakan angka.
Ø  Skala garis yaitu dalam membuat perbandingan menggunakan garis.
Ø  Skala digunakan untukmemperbesar dan memperkecil gambar yaitu skala besar dan skala kecil.

  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang materi yang telah disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan ke Empat digunakan untuk Ulangan harian. Soal-soal terlampir.

VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar candi,prasasti dan museum.
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.

IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
      
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio









Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


         Mengetahui                                                                       ……………………….2010
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas




  NIP:                                                                                             NIP:

























LAMPIRAN SOAL EVALUASI  1
A.berilah tanda silang(x)pada huruf a,b,catau d

    Di depan jawaban yang paling benar !

1.Peta adalah gambaran permukaan bumi      dalam bidang…
a.       Lengkung
b.      Tiga dimensi
c.       Datar
d.      Garis
2.Peta yang berisi tentang gambaran wilayah     besrta simbolnya disebut peta…
  1. Umum
  2. Khusus
  3. Penduduk
  4. Buta
3.Semakin luas wilayah, skala yang    digunakan adalah skala …
  1. Sama
  2. Garis
  3. Besar
  4. Kecil
4.Sebagai tanda alam pada peta    menggunakan…
  1. Skala
  2. Gambar
  3. Lengkung
  4. Tata warna
5.Skala peta tertulis 1:500.000 maka jarak        sebenarnya adalah…
  1. 5 m
  2. 5 km
  3. 50 m
  4. 50 km

6.Garis-garis peta menunjukan garis … pada     bumi.
  1. Meredian
  2. Katulistiwa
  3. Astronomi
  4. Bujur
7.Garis horizontal menunjukan garis …bumi.
  1. Batas
  2. Lurus
  3. Bujur
  4. Lintang
8.Untuk mengetahui luas wilayah     sesungguhnya, dapat menghitung …pada     peta.
  1. Denah
  2. Global
  3. Skema
  4. Skala
9.Skala kecil digunakan untuk menggambar     wilayah yang ….
  1. Kecil
  2. Jauh
  3. Sempit
  4. Luas
10.Menggambarkan letak kamar pada      lembaran disebut ….
  1. Atlas
  2. Denah
  3. Globe
  4. Skema



B.soal Essay.
  1. Atlas merupakan kumpulan peta dalam bentuk ….
  2. Globe adalah tiruan bola bumi berbentuk ….
  3. Jumlah provinsi di Indonesia sekarang adalah ….
  4. Jika berdiri menghadap ke utara dengan merentangkan tangan, maka tangan kiri menunjukan arah .…
  5. Garis bumi yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama yaitu bagian utara dan selatan disebut garis …

KUNCI JAWABAN
A.pilihan ganda.

  1. C                     6.    C
  2. A                     7.    D
  3. D                     8.    D
  4. D                     9.    D
  5. B                     10.  B
B.Essay
  1. Buku
  2. Bulat
  3. 33
  4. Barat
  5. Katulistiwa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran               :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester              :     IV/ I
Alokasi waktu               :     8x 35 menit (4x pertemuan)



I.  Standar Kompetensi :
    1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
     kabupaten/kota dan provinsi.

II. Kompetensi Dasar  :
     1.2 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/Kota dan Provinsi serta hubungannya dengan keragaman social budaya.

III.Indikator                :
Ø  Mengidentifikasi cirri-ciri dan manfaat kenampakan alam,serta cirri-ciri sosial dan budaya di Kab/Kota dan Provinsi setempat.
Ø  Mengidentifikasi peristiwa alam(missal:gempa bumi,banjir,gunung api,angin topan).
Ø  Mengidentifikasi peristiwa alam gempa bumi,banjir,gunung api,angin topan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial di Kab/Kota setempat.
Ø  Mengenali cirri-ciri kenampakan sosial di salah satu kota daerah setempat.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat menyebutkan cirri-ciri kenampakan alam Provinsi setempat.
2.      Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat menyebutkan cirri-ciri social budaya Provinsi setempat.
3.      Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat mengidentifikasi peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial.
4.      Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat mengenali cirri-ciri kenampakan social
V. Materi Pembelajaran  :
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.

VII  Kegiatan Pembelajaran.
  1. Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
  1. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø  Guru menjelaskan cirri-ciri danmanfaat kenampakan alam serta cirri-ciri sosial dan budaya.
Ø  Guru menjelaskan peristiwa alam:gunung api,gempa bumi,banjir dan angin topan
Ø  Guru menjelaskan peristiwa alam pengaruhnya terhadap kehidupan social.
Ø  Guru menjelaskan cirri cirri kenampakan social.
            2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada masing -  masing kelompok untuk mencari 
            informasi tentang sumber yang dapat dipercaya.                                            
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

       Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan social dan alam.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø  Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø  Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
                  tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
             Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

Pertemuan  Ke tiga (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan sosial dan alam.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø  Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø  Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
                  tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
             Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan  Ke empat (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan sosial dan alam.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø  Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø  Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
                  tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
             Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Kegiatan Akhir
Ø  Digunakan untuk ulangan harian
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar , atlas dan peta.
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2007.Erlangga.
IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio




Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………







         Mengetahui                                                                       ……………………….2011
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas




  NIP:                                                                                             NIP:

LAMPIRAN SOAL EVALUASI  2

A.Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!


  1. Berikut ini kenampakan alam wilayah perairan,kecuali…
a.    Laut,sungai,danau
b.    Pulau, pantai,gunung
c.    Bendungan,selat,teluk
d.   Teluk,danau,muara
  1. Tempat yang bermanfaatuntuk rekreasi,olahraga dan perkebunan adalah …
e.    pantai
f.     danau
g.    tanjung
h.    gunung
  1. Selat yang terletak antara pulau Bangkadan Belitung adalah selat
e.         Malaka
f.          Bangka
g.         Berhala
h.         Alas
  1. Pantai Carita merupakan obyek wisatapantai di Provinsi…
e.         Banten
f.          Jawa Barat
g.         DKI Jakarta
h.         Jawa Tengah
  1. Tanaman yang cocok di daerah pegunungan   adalah sayur-sayuran dab buah- buahan yang disebut…
e.         Tanaman pangan
f.          Tanaman keras
g.         palawija
h.          holtikultura
  1. Danau di Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahannya adalah danau…
e.         Singkarak
f.          Ranau
g.         Maninjau
h.         Toba
  1. Dataran tinggi adalah dataran yang ketinggiannya…di atas permukaan laut
e.         Lebih dari 500 m
f.          Antara 200-500m
g.         Kurang dari 200m
h.         Antara 0-200m
  1. Bahasa Jawadengan dialek Tegal digunakan untukkomunikasi sehari-hari masyarakat di daerah….
e.         Pekalongan,Brebes
f.          Banyumas,Purwokerto
g.         Surakarta,Magelang
h.         Semarang,Blora
  1. Upacara larungan sesaji biasanya dilakukan masyarakat yang hidupnya di daerah…
e.         perkotaan
f.          pedesaan
g.         pantai
h.         pegunungan
  1. Rumah adat masyarakat Papua umumnya beratapkan…
e.         genting
f.          rumbia
g.         seng
h.         sirap
     


B.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat

  1. Daerah di bagian kaki pegunungan disebut ....
  2. Tanah yang berada di muara sungai merupakan endapan lumpur berbentuk segitiga disebut....
  3. Gunung Soputan yang belum lama meletus berada di provinsi ....
  4. Energi yang berasal dari dalam bumi disebut energi ....
  5. Sungai tepanjang di Indonesia adalah sungai ....
  6. Bencana alam yang ditimbulkan karena curah hujan tinggi adalah ....
  7. Rumah adat masyarakat pedalaman Papua disebut ....
  8. Pusat getaran gempa di permukaan bumi disebut ....
  9. Jenis angin yang merusak tanaman tebu di daerah Pasuruan adalah angin ....
  10. Penduduk di daerah padang rumput melakukan usaha ekonomi di bidang ....


KUNCI JAWABAN

  1. Pilihan ganda.

  1. B                     6.    A             
  2. B                     7.    B
  3. A                     8.    C
  4. A                     9.    C
  5. C                     10.  B


  1. Essay                                     

  1. Lembah
  2. Delta
  3. Sulawesi Utara
  4. Energi geothermal
  5. kapuas 
  6. Banjir, tanah longsor 
  7. Honai
  8. Episentrum
  9. Gending
  10. Peternakan

Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x  1  = 10
2.Essay              : 10  x  2  = 20
5
     Jumlah                             30: 3 = 10

                                     
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester              : IV/ I
Alokasi waktu               : 8x 35 menit (4x pertemuan)



I.  Standar Kompetensi :
    1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
     kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar  :
   1.3  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
III.Indikator                :
Ø  Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi.
Ø  Menggunakan peta Provinsi setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam.
Ø  Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
Ø  Menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi jenis sumberdaya alam
2.      Menunjukkan persebaran sumber daya alam di Propinsi Jawa Tengah.
3.      Dapat menjelaskan manfaat sumbedaya alam yang ada di lingkungan setempat..
4.      Dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.
V. Materi Pembelajaran  :
Sumberdaya Alam
VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran/Ceramah bervariasi.
VII.Langkah – langkah kegiatan
  1. Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
  1. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Guru menjelaskan jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
Ø  Dengan menggunakan peta guru menjelaskan Provinsi setempat untuk                   menunjukkan persebaran sumber daya alam.
Ø   Guru menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
1.       Guru menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.

            2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada masing -  masing kelompok untuk mencari 
            informasi tentang jenis sumberdaya alam
Ø  Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.


       Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang jumlah dan jenis sumberdaya alam tersebar di seluruh wilayah Indonesia.   
           
Persebarannya tergantung pada kondisi dan keadaan alam baik hasil bumi hasil laut maupun hasil tambang.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat  
            kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan  Ke tiga (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang semua sumberdaya alam bermanfaat bagikelangsungan hidup manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.
           
Sumberdaya alam merupakan kekayaan Negara yang dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat sesuai amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 3.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang materi pelajaran
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.

  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.


Pertemuan  Ke empat (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan ulangan.
           Kegiatan Inti.
              Digunakan untuk ulangan harian.

Kegiatan Akhir.
  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga  : Buku UUD 1945
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.

IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
      
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio










Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


  






      Mengetahui                                                                       ……………………….2010
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas




  NIP:                                                                                             NIP:
















LAMPIRAN SOAL EVALUASI  3

  1. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!

1.       Sumber daya alam yang selalu berputar dan tidak ada habisnya adalah ....
a.       Air
b.      Hewan
c.       Minyak
d.      Hutan
2.       Jenis tanah yang paling cocok untuk pertanian adalah ....
a.       Tras
b.      Lempung
c.       Vulkanik
d.      Pasir
3.       Sumber daya alam yang banyak terdapat di pulau Bangka adalah ...
a.       Minyak bumi
b.      Tembaga
c.       Aspal
d.      Timah
4.       Untuk melestarikan populasi hewan langkah pemerintah membuat tempat-tempat ....
a.       Pelelangan
b.      Penangkaran
c.       Perburuan
d.      Pengasingan
5.       Salah satu fungsi hutan bagi kehidupan manusia adalah ....
a.       Sumber bahan bakar
b.      Tempat hidup hewan buas
c.       Paru-paru dunia
d.      Tempat pengasingan
6.       Persebaran hasil bumi dan laut tidak merata disemua daerah, hal ini disebabkan ....
a.       Keadaan alam
b.      Kepadatan penduduk
c.       Garis bumi
d.      Cuaca wilayah
7.       Cikotok merupakan salah satu daerah tambang .... di Indonesia.
a.       Perak
b.      Nikel
c.       Emas
d.      Aspal
8.       Kina dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat ....
a.       Desentri
b.      Malaria
c.       Tipus
d.      Rematik
9.       Salah satu cara mempertahankan kelestarian sumber air tanah adalah ....
a.       Penghijauan
b.      Pemupukan
c.       Pengairan
d.      Penyiangan
10.   Telaga Bodas merupakan derah cagar alam yang terdapat di provinsi ....
a.       Nusa Tenggara
b.      Jawa Barat
c.       Sumatera Utara
d.      Kalimantan Timur





  1. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
  1. Sumber daya alam yang cara pemakaiannya harus dihemat adalah sumber daya alam ....
  2. Hutan yang terdiri dari berbagai jenis pohon disebut hutan ....
  3. Menurut jenisnya berlian termasuk barang tambang ....
  4. Martapura terkenal sebagai daerah penghasil ....
  5. Bahan baku membuat karung goni adalah ....
  6. Pertamina merupakan perusahaan milik negara yang mengelola ....
  7. Pemanfaatan  kekayaan alam diatur dalam UUD 45 pasal ....
  8. Geolog asal Belanda yang menggolongkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ....
  9. Industri garmen hasil produksinya berupa ....
  10. Fosfat merupakan bahan baku industri ....

KUNCI JAWABAN
  1. Pilihan ganda.           
1.      b
2.      c
3.      d
4.      b
5.      c
6.      a
7.      c
8.      b
9.      a
10.   b

  1. Essay             

1.      Tidak dapat diperbarui
2.      hiterogen
3.      industri
4.      intan
5.      rosela
6.      minyak bumi
7.      33
8.      Van Bemmelen
9.      Pakaian jadi
10.  pupuk    

Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x  1  = 10
2.Essay              : 10  x  2  = 20
     Jumlah                             30: 3 = 10




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : IV/ I
Alokasi waktu             : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)



I.  Standar Kompetensi :
1.  Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
     kabupaten/kota dan provinsi.

II. Kompetensi Dasar  :
1.4 Menghargai berbagai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota 
      provinsi)

III.Indikator              :
Ø  Siswa dapat menyebutkan arti semboyan Bhineka Tungal Ika.
Ø  Disajikan sebuah gambar tarian daerah,siswa dapat menyebutkan daerah asalnya.
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama salah satu suku bangsa yang hidup di daerah pedalaman indonesia.
Ø  Disajikan diskripsi singkat mengenal kebiasaan yang dipatuhi masyarakat sacara turun temurun,siswa dapat meyebutkan istilahnya.
Ø  Siswa dapat menyebutkan julukan sebuah pulau /kota karena memilikiciri khas tersendiri.
Ø  Siswa dapat menyebutkan jenis kesenian / tradisi yang dijadikan obyek wisata oleh suatu daerah di indonesia.
Ø  Siswa dapat menyebutkan tat cara menghargai perbedaan suku dan budaya.

IV.Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengenal sejarah asal – usul semboyan Bhineka Tunggal Ika.
2.      Mengetahui arti kata Bhineka Tunggal Ika.
3.      Menyebutkan 2 keragaman bangsa indonesia khususnya tentang tarian.
4.      Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan cara menerima dan menghargai perbedaan.

V. Materi Pembelajaran  :
  1. Indonesia budaya yang beragam : Wilayah indonesia sangat luas dengan beribu – ribu pulau.Tiap pulau memiliki keragaman adat dan budaya yang berbeda – beda.Semua perbedaan memperkaya dan memperkokoh bangsa.Hal itu sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.diambil dari kitab Sutasoma karangan pujangga Majapahit Empu Tantular yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu juga.Kalimat itu lengkapnya Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangiwa.
  2. Keragaman bangsa indonesia meliputi keragaman Suku bangsa,bahasa,agama dan seni budaya.suku bangsa tersebutdi semua pulau di indonesia.Bahasa daerah merupakan bahasa sehari – hari masyarakat.tetapi bahsa persatuan bahasa Indonesia.Keragaman agama /kepercayaan merupakan unsur religi yang berbau ghaib dan terdapat disetiap daerah. Seni budaya yang ada di indonesia sangat beragam,meliputi tari,musik pakaian,lagu daerah,senjata,makanan  dan kebiasaan yang berbeda – beda di tiap daerah.
  3. Persatuan dan Kesatuan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Manfaatnya antara lain:
a.       Tercipta suasana rukun dan damai
b.      Tidak mudah di pecah belah.
c.       Menjadi bangsa yang Kuat dan kokoh
  1. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya antara lain dengan cara:
a.       Menerima dan menghargai perbedaan
b.      Memelihara,melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya yang ada.
c.       Menghindari rasa saling curiga dan permusuhan antar daerah.
d.      Menghormati dan menghargai agama,bahasa adat dan kebiasaan suku bangsa lain.
VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.

VII.Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
1.Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
            2. Kegiatan Inti
    2.1. Eksplorasi :
Ø  Guru menjelaskan pengertian arti kata Bhineka Tunggal Ika dan asal usul kata Bhineka Tunggal Ika tersebut.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan –  pertanyaan dari guru tentang arti Bhineka Tunggal Ika.
                 2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada masing -  masing kelompok untuk mencari 
            informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai asal  usul kata        
            Bhineka Tunggal Ika.
Ø  Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
     2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
3.Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
      Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku   
            bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan 
            yang tumbuh di masyarakat.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa 
            dan budaya.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat  
            kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.



     Pertemuan ke 3 ( 2x 35 menit )
     1.Kegiatan Awal.
        Apersepsi
        a. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus di capai dalam  
            proses pembelajaran
        b. Siswa di bagi beberapa klompok kerja
        c. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan di gunakan untuk pembelajaran
      2. Kegiatan Inti
             A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku   
            bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan 
            yang tumbuh di masyarakat.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa 
            dan budaya.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat  
            kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
  C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
      3.Kegiatan Akhir
Tanya jawab sesuai materi secara lisan
Tindak lanjut memberikantugas rumah

   Pertemuan ke 4 (2 x 35 menit )
Untuk kegiatan evaluasi / ulangan harian Penilaian Analisa Perbaikan dan Pengayaan serta tindak lanjut.
Soal terlampir .

VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar keragaman suku bangsa dan budaya misalnya 
                      gambar  tari piring,tari remo dst.
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.

IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
      
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio



Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


         Mengetahui                                                                       ……………………….2011
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas



  NIP:                                                                                             NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : IV/ I
Alokasi waktu             : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)



I.  Standar Kompetensi :
     I    Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
          kabupaten/kota dan provinsi.

II. Kompetensi Dasar  :
     I.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan    
          Setempat (kabupaten/kota,provinsi)

III.Indikator              :
Ø  Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi museum.
Ø  Siswa dapat menyebutkan salah satu jenis cerita rakyat yang berhubungan dengan terjadinya suatu tempat
Ø  Disajikan sebuah gambar candi,siswa dapat menyebutkan lokasi daerahnya.
Ø  Siswa dapat menyebutkan satu bentuk peninggalan sejarah yang berupa tulang belulang manusia atau hewan yang membatu.
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama monumen yang berada di kota Surabaya.
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama huruf yang digunakan untuk menulis sebuah prasasti.
Ø  Siswa dapat menyebutkan tindakan yang harus dilakukan apabila melihat teman melakukan perbuatan yang merusak peninggalan sejarah.
Ø  Siswa dapat menyebutkan tiga cara menghargai peninggalan sejarah.

IV.Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengetahui salah satu fungsi museum.
2.      Menyebutkan lokasi candi di daerahnya.
3.      Menyebutkan salah satu bentuk peninggalan sejarah yang berupa tulang belulang manusia atau hewan yang membatu.
4.      Menyebutkan tiga cara menghargai peninggalan sejarah.

V. Materi Pembelajaran  :
  1. peninggalan sejarah adalah warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah.peninggalan sejarah yang berupa benda,yaitu:
a.       fosil                 d.    patung
b.      peralatan          e.    bangunan
c.       prasasti            f.    naskah
  1. peninggalan sejarah yang berupa cerita adalah cerita lisan dan tulisan.cerita rakyat berupa legenda,mitos,dongeng,fabel dan sage.selain juga berupa cerita sejarah suatu tempat.
  2. upaya menghargai sejarah agar tetap lestari,antara lain:
a.       memelihara peninggalan sejarah sebaik – baiknya.
b.      Melestarikan benda sejarah tersebut agar tidak rusak.
c.       Tidak mencoret – coret benda peninggalan sejarah.
d.      Turut menjaga kebersihan dan keutuhan.
e.       Wajib mentaati tata tertib yang ada dalam setiap tempat peninggalan sejarah.
f.       Wajib mentatati peraturan pemerintah yang berlaku.
  1. manfaat peninggalan sejarah adalah:
a.       menambah kekayaan budaya bangsa kita
b.      menambah pendapatan Negara melalui kegiatan wisata.
c.       Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
d.      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
e.       Sangat membatu dalam bidang pendidikan
f.       Dapat mempertebal rasa kebangsaan




VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.

VII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
      1.  Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
  1. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø  Guru menjelaskan tentang museum.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan –  pertanyaan dari guru tentang peninggalan sejarah.
            2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada masing -  masing kelompok untuk mencari 
            informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai museum.
Ø  Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

       Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
        1.  Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
         2.  Kegiatan Inti.
              2.1.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang peninggalan sejarah.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat tentang peninggalan sejarah yang berupa cerita   
            lisan dan tulisan.
  2.2.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang peninggalan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.
2.3.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
         3. Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

    Pertemuan Ketiga ( 2 x 35 menit )
 1 Apersepsi
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi pembelajaran
Siswa dibagi beberapa klompok
Guru mempersiapkan alat peraga


2  Kegiatan Inti          
    2.1Eksplorasi
            Guru menjelaskan tentangletak mosium
            Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru tentang peninggalan bersejarah
    2.2 Elaborasi
            Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok
            Siswa melakukan diskusi kelompok
            Siswa membuat laporan hasil deskusi
    2.3 Konfermasi
            Siswa membuat laporan hasil kerja kelompok
            Guru mengklarifikasi hasil kerja klompok
            Guru memberi kesempatan pada peserta didik untukbertanya tanpa rasa takut
            Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran
 3. Kegiatan Akhir
            Tanya jawab sesuai materi pembelajaran secara lesan
            Tindak lanjut memberikan tugar rumah

 Pertemuan ke Empat ( 2 x 35 menit )
            Evaluasi atau ulangan harian dan penilaian
            Analisa nilai ,perbaikan dan tindak lanjut

VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar candi,prasasti dan museum.
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.

IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
      
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio



Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


         Mengetahui                                                                       ……………………….2011
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas




  NIP:                                                                                             NIP:












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : IV/ I
Alokasi waktu              : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )

I.  Standar Kompetensi :
     I.  Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan 
         kabupaten/kota dan provinsi.

II. Kompetensi Dasar  :
     I.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh – tokoh di lingkunganya.

III.Indikator              :
Ø  Siswa dapat menjelaskan sebutan bagi orang yang berjasa terhadap bangsa dan negara.
Ø  Siswa dapat menyebutkan tanggal dan bulan peringatan hari pahlawan
Ø  Disajikan sebuah gambar seorang pahlawan wanita,siswa dapat menyebutkan namanya
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama pahlawan proklamator indonesia
Ø  Siswa dapat menyebutkan sikap mau menerima kekalahan.
Ø  Siswa dapat menyebutkan menyebutkan salah satu bentuk perbuatan yang menunjukan sikap rela berkorban
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama petinju yang berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak dua belas kali
Ø  Siswa dapat menyebutkan tiga sikap pahlawan yang patut diteladani.

IV.Tujuan Pembelajaran:
1.      Menyebutkan  tanggal dan bulan peringatan  hari pahlawan
2.      menyebutkan  nama pahlawan proklamator indonesia.
3.      menjelaskan sebutan bagi orang yang berjasa terhadap bangsa dan negara
4.      menyebutkan salah satu bentuk perbuatan yang menunjukan sikap rela berkorban

V. Materi Pembelajaran  :
  1. pahlawan adalah mereka yang rela berjuang membela kebenaran dan keadilan untuk kepentingan bangsa dan negara.ciri – cirri sikap yang kepahlawanan yang perlu kita kembangkan adalah:
berani                          tanpa pamrih
      rela berkorban             pantang menyerah
      ksatria                          berjiwa besar

  1. Keragaman bangsa indonesia meliputi keragaman Suku bangsa,bahasa,agama dan seni budaya.suku bangsa tersebutdi semua pulau di indonesia.Bahasa daerah merupakan bahasa sehari – hari masyarakat.tetapi bahsa persatuan bahasa Indonesia.Keragaman agama /kepercayaan merupakan unsur religi yang berbau ghaib dan terdapat disetiap daerah. Seni budaya yang ada di indonesia sangat beragam,meliputi tari,musik pakaian,lagu daerah,senjata,makanan  dan kebiasaan yang berbeda – beda di tiap daerah.
  2. Persatuan dan Kesatuan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Manfaatnya antara lain:
a.       Tercipta suasana rukun dan damai
b.      Tidak mudah di pecah belah.
c.       Menjadi bangsa yang Kuat dan kokoh


  1. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya antara lain dengan cara:
a.       Menerima dan menghargai perbedaan
b.      Memelihara,melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya yang ada.
c.       Menghindari rasa saling curiga dan permusuhan antar daerah.
d.      Menghormati dan menghargai agama,bahasa adat dan kebiasaan suku bangsa lain.

VI. Metode Pembelajaran
       Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.

VII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
      1.   Apersepsi :
    1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
    2. Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
    3. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
  1. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø  Guru menjelaskan pengertian arti kata Bhineka Tunggal Ika dan asal usul kata Bhineka Tunggal Ika tersebut.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan –  pertanyaan dari guru tentang arti Bhineka Tunggal Ika.
            2.2. Elaborasi :
Ø  Guru memberikan tugas kepada masing -  masing kelompok untuk mencari 
            informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai asal  usul kata        
            Bhineka Tunggal Ika.
Ø  Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø  Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø  Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø  Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø  Guru memberi kesempatan pada semua  peserta didik untuk   
             bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø  Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Kegiatan Akhir
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

       Pertemuan  Ke Dua (2 x 35 menit)
          Kegiatan Awal.
Ø  Pendahuluan /Apersepsi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø  Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
           Kegiatan Inti.
              A.Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku   
            bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan 
            yang tumbuh di masyarakat.
Ø  Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa 
            dan budaya.
  B.Elaborasi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan   
            tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat  
            kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru.


 C.Konfirmasi.
Ø  Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø  Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø  Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø  Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø  Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
     Pertemuan ketiga ( 2 x 35 menit )
      1.  Kegiatan Awal.
           Apersepsi
        a.Siswa memperhatikan penjelasan guru tentangcontoh –contoh sikap pahlawan yang   
           patut di teladani
        b.Siswa di bagi beberapa kelompokkerja
        c.Guru mempersiapkan alat peraga dalam proses pembelajaran
      2.  Kegiatan Inti
     2.1.Eksplorasi
            Guru menjelaskan tentang keteladanan yang patut di teladani
            Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru tentang keteladanan pahlawan
     2.2 Elaborasi
Guru memberikan tugas  kepada masing-masing kelompok untuk mencari contoh keteladanan yang patut di tiru atau di teladani
Siswa mendiskusikan tugas dari guru secara ber klompok
Siswa membuat laporan hasildiskusi
       2.3 Konfermasi
Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok
Guru mengklarifikasi hasil kerja klompok
Guru memberi kesempatan pada semua siswa untuk bertanya apa bila kurang jelas tanpa rasa takut
Guru dan siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran
     3.Kegiatan Ahir 
   Tanya jawab secara lesan  sesuai materi pembelajaran untuk mengetahui apakah siwa   
   dapat menerima dengan baik tentang materi pembelajaran
    Tindak lanjut dengan tugas rumah
Pertemuan ke 4 (2 x 35 menit )
Untuk Evaluasi ulaqngan harian penilaian dan Analisa Nilai Perbaikan Pengayaan

VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar keragaman suku bangsa dan budaya misalnya 
                      gambar  tari piring,tari remo dst.
Sumber        : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.

IX. Penilaian.
       Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
       1. Teknik Test   :- Tertulis
                                  - Lisan
                                  - Praktik (perbuatan)
      
        2. Non Test      :- Pengamatan/Observasi
                                  - Penugasan
                            - Produk
                            - Portopolio





Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


         Mengetahui                                                                       ……………………….2011
      Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas




  NIP:                                                                                             NIP:

LAMPIRAN SOAL EVALUASI
A.soal pilihan ganda.

1.Pengertian bhineka Tunggal Ika adalah…
e.       Bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh
f.       Berbeda – beda tetapi tetap satu
g.      Keragaman adalah anugrah
h.      Keragaman yang sempurna
2.Kalimat Bhineka Tunggal Ika,ditemukan
   dalam kitab…
  1. Mahabarata
  2. Sutasoma
  3. Baratayudha
  4. Ramayana
3.Menjaga persatuan itu sangat penting
   karena beberapa hal berikut kecuali
  1. Negara menjadi kaya raya
  2. Terciptanya negara yang aman
  3. Menjaga keutuhan negara
  4. Terhindar dari perpecahan dan permusuhan
4.Alat pemersatu bangsa yang telah di
   ikrarkan sejak tahun 1928 adalah…
  1. Bahasa
  2. Bendera
  3. Busana
  4. lambang
5.kesenian tradisional masyarakat madura 
   adalah…
  1. Debus
  2. Bambu gila
  3. Karapan sapi

6.senjata khas masyarakat Aceh adalah…
  1. Rencong
  2. Badik
  3. Celurit
  4. Kujang
7.Alat musik tanjidor berasal dari provinsi…
  1. DI yogyakarta
  2. DKI jakarta
  3. Banten
  4. Jawa barat
8.Makanan khas dari daerah solo adalah….
  1. Tahu kethoprak
  2. Kerak telor
  3. Nasi liwet
  4. Gudeg gori
9.Pekan seni diadakan dengan tujuan utama
    untuk…
  1. Meningkatkan tali persaudaraan
  2. Menonjolkan budaya daerah
  3. Meningkatkan cinta suku bangsa
  4. Ajang kompetensi budaya daerah.
10.Untuk memupuk rasa cinta budaya bangsa
     diantaranya dengan…
  1. Meniru budaya negara tetangga
  2. Bangga dengan budaya sendiri
  3. Membenci budaya negara lain
  4. Bangga dengan budaya asing

  1. Kuda lumping

B.soal Essay.
1.Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah…..
2.Suku asmat merupakan bagian masyarakat yang mendiami pulau….
3.Semangat persatuan bangsa mulai dicetuskan pada peristiwa….
4.Kalimat Bhineka tunggal ika diketemukan pertama kali oleh…
5.Keanekaragaman budaya daerah akan memperkaya budaya…

KUNCI JAWABAN
A.pilihan ganda.

  1. B                     6.    A             
  2. B                     7.    B
  3. A                     8.    C
  4. A                     9.    C
  5. C                     10.  B
B.Essay                                              
1.Bhineka Tunggal Ika
2.Pulau Papua
3.Sumpah Pemuda
4.Empu Tantular
5.Budaya Bangsa.
        
Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x  1  = 10
2.Essay              : 5   x  2  = 10
     Jumlah                             20 : 2 = 10
LAMPIRAN SOAL EVALUASI
A.soal pilihan ganda.

1.Peristiwa yang terjadi pada masa lampau
   disebut….
  1. Legenda
  2. Sejarah
  3. Prasasti
  4. Museum
2.Sumber sejarah yang berupa benda yaitu…
  1. Surat,cerita,buku
  2. Fosil,prasasti,dolmen
  3. Istana,mitos,legenda
  4. Sage,syair,candi
3.Candi Prambanan merupakan candi  
    bercorak agama…
  1. Islam
  2. Budha
  3. Hindu
  1. Katholik
4.Peninggalan sejarah yang terdapat di kota
   bandung adalah…
  1. Gedung sumpah pemuda
  2. Hotel yamato
  3. Museum gajah
  4. Gedung sate
5.Sangiran merupakan tempat ditemukan situs 
   peninggalan sejarah berupa…
  1. Menhir
  2. Nekara
  3. Dolmen
  4. Fosil

6.Cerita rakyat tentang kisah ikan sura dan  
  buaya merupakan sejarah terjadinya kota…
  1. Semarang
  2. Surabaya
  3. Betawi
  4. Jakarta
7.Candi terbesar di indonesia adalah…
  1. Prambanan
  2. Mendut
  3. Borobudur
  4. Kalasan
8.Upaya yang dilakukan untuk melestarikan
   peninggalan sejarah adalah…
  1. Merawat dan menjaga kebersihannya
  2. Disimpan dan diamankan dalam rumah
  3. Memuja dan menganggapnya keramat
  4. Menjual pada wisatawan yang tertarik
9.Masjid demak dibangun oleh wali songo
   pada masa pemerintahan…
  1. Fatahillah
  2. Raden wijaya
  3. Raden patah
  4. Raden mas said
10.Peninggalan sejarah yang berbentuk  
     tulisan adalah…
  1. Prasasti
  2. Candi
  3. Museum
  4. Kapak batu


B.Soal Essay.
1.      Di mana kita dapat menyaksikan benda – benda peninggalan sejarah masa lalu?
2.      Bahasa apakah yang digunakan pada prasasti di indonesia?
3.      Sisa tulang manusia yang membatu disebut….
4.      Apa nama benteng yang dibangun belanda di Makasar?
5.      Kota pahlawan merupakan julukan  untuk kota…

KUNCI JAWABAN
A.pilihan Ganda

1.      B
2.      B
3.      C
4.      D
5.      D
6.      B
7.      C
8.      A
9.      C
10.  A

B.Essay.
1.      Museum
2.      Sansekerta
3.      Fosil
4.      Port Roterdam
5.      Surabaya

Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x  1  = 10
2.Essay              : 5   x  2  = 10
     Jumlah                             20 : 2 = 10

LAMPIRAN SOAL EVALUASI
A.soal pilihan ganda.

1.Merupakan ciri seseorang pahlawan 
    adalah…
  1. Pantang damai
  2. Rela berkorban
  3. Berani menentang
  4. Takut salah
2.Seseorang diangkat pahlawan karena
   berjuang untuk…
  1. Negaranya
  2. Kelompoknya
  3. Keluarganya
  4. Kepentinganya
3.kepahlawanan yang dapat ditunjukkan siswa
   di sekolah antara lain…
  1. Memeliki teman yang banyak
  2. Merasa paling besar di kelasnya
  3. Pemenang lomba antar pelajar
  4. Pengagum tokoh- tokoh bangsa
4.Julukan pahlawan yang tidak perlu
   diteladani adalah…
  1. Pahlawan tanpa tanda jasa
  2. Pahlawan kusuma bangsa
  3. Pahlawan kemerdekaan
  4. Pahlawan kesiangan
5.Meneladani perjuangan pahlawan bangsa di
   sekolah dapat dilakukan dengan cara…
  1. Belajar kelompok bersama teman
  2. Menyirami bunga di taman yang layu
  3. Membagi bekal dengan teman
  4. Mengikuti upacara dengan hikmat

6.Tokoh yang berjuang di bidang pendidikan 
   adalah…
  1. Ki hajar dewantoro
  2. Ir.Soekarno
  3. Drs.Muhammad Hatta
  4. MH.Tamrin
7. Sikap berjiwa besar untuk mengakui
    kekalahan,disebut sikap…
  1. Percaya diri
  2. Sportif
  3. Pantang menyerah
  4. Tidak semena – mena
8.                                                       Tokoh gambar disanping  
              berjuang di bidang…
a.       ekonomi
b.      militer
c.       sosial
d.      politik
9.Sikap saling memaafkan diperlukan untuk  
   menciptakan…
  1. Saling ketergantungan
  2. Kerukunan antar warga
  3. Kebanggan diri
  4. Pertengkaran
10.Setiap orang bisa disebut pahlawan
     karena…
  1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  2. Lebih mementingkan diri sendiri
  3. Sesuatu diukur dengan imbalan
  4. Berjuang untuk kepentingan orang banyak


B.Soal Essay.
1.      Apa arti warna merah dan putih pada bendera kebangsaan?
2.      Pahlawan yang mendapat julukan “Pahlawan dari Goa Selarong” adalah…
3.      Bapak proklamator indonesia adalah…
4.      Kapan diperingati hari Pahlawan?
5.      Disebut apakah semangat cinta terhadap tanah air?
KUNCI JAWABAN
A.pilihan Ganda

  1. B
  2. A
  3. C
  4. D
  5. D
  6. A
  7. B
  8. C
  9. B
  10. D

  B.Essay.
  1. Merah berarti berani,Putih berarti Suci
  2. Pangeran Diponegoro
  3. Ir.Soekarno
  4. Tanggal 10 november
  5. Patriot

Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x  1  = 10
2.Essay              : 5   x  2  = 10
   Jumlah                              20 : 2 = 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar