RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
1.1 Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana.
III.Indikator :
Ø Mendiskripsikan simbol-simbol pada peta
Ø Menggambar salah satu peta Desa/Kelurahan/Kecamatan/Kab/Kota setempat denagan menggunakan simbol dan tema tertentu.
Ø Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/Provinsi).
Ø Menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
Ø Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mendiskripsikan symbol-simbol pada peta.
2. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat menggambar peta desa setempat.
3. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat membaca peta lingkungan setempat.
4. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
5. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.
V. Materi Pembelajaran :
Peta lingkungan setempat
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran ceramah bervariasi.
VII. Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
- Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø Guru menjelaskan tentang symbol-simbol pada peta.
Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk menggambar peta desa
Ø Guru menjelaskan cara membaca peta
Ø Guru menjelaskan cara menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta
Ø Guru menjelaskan cara memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuangaris-garis koordinat.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari guru.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang peta
Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
- Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam . membuat peta
Ø Siswa menyimak dan mencatat tentang unsur-unsur dalam membuat peta.
Ø Judul peta adalah nama peta yang ditulis di atas peta dengan tulisan yang jelas.
Ø Garis tepi yaitu batas pinggir peta,berfungsi untuk menulis derajad astronomi.
Ø Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.
Ø Legenda adalah keterangan yang menjelaskan symbol pada peta.
Ø Mata angin yaitu jarum pedoman yang menunjuk arah suatu tempat.
Ø Garis astronomi berupa garis vertical dan horizontal untuk menentukan letak wilayah.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi pelajaran.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Ø
Pertemuan Ke Tiga (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang jenis skala.
Ø Skala angka disebut skala perbandingan karena menggunakan angka.
Ø Skala garis yaitu dalam membuat perbandingan menggunakan garis.
Ø Skala digunakan untukmemperbesar dan memperkecil gambar yaitu skala besar dan skala kecil.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi yang telah disampaikan oleh guru.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan ke Empat digunakan untuk Ulangan harian. Soal-soal terlampir.
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar candi,prasasti dan museum.
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2010
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
LAMPIRAN SOAL EVALUASI 1
A.berilah tanda silang(x)pada huruf a,b,catau d
- C 6. C
- A 7. D
- D 8. D
- D 9. D
- B 10. B
B.Essay
- Buku
- Bulat
- 33
- Barat
- Katulistiwa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8x 35 menit (4x pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
1.2 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/Kota dan Provinsi serta hubungannya dengan keragaman social budaya.
III.Indikator :
Ø Mengidentifikasi cirri-ciri dan manfaat kenampakan alam,serta cirri-ciri sosial dan budaya di Kab/Kota dan Provinsi setempat.
Ø Mengidentifikasi peristiwa alam(missal:gempa bumi,banjir,gunung api,angin topan).
Ø Mengidentifikasi peristiwa alam gempa bumi,banjir,gunung api,angin topan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial di Kab/Kota setempat.
Ø Mengenali cirri-ciri kenampakan sosial di salah satu kota daerah setempat.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat menyebutkan cirri-ciri kenampakan alam Provinsi setempat.
2. Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat menyebutkan cirri-ciri social budaya Provinsi setempat.
3. Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat mengidentifikasi peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial.
4. Setelah selesai kegiatan diharap siswa dapat mengenali cirri-ciri kenampakan social
V. Materi Pembelajaran :
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.
VII Kegiatan Pembelajaran.
- Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
- Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø Guru menjelaskan cirri-ciri danmanfaat kenampakan alam serta cirri-ciri sosial dan budaya.
Ø Guru menjelaskan peristiwa alam:gunung api,gempa bumi,banjir dan angin topan
Ø Guru menjelaskan peristiwa alam pengaruhnya terhadap kehidupan social.
Ø Guru menjelaskan cirri cirri kenampakan social.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada masing - masing kelompok untuk mencari
informasi tentang sumber yang dapat dipercaya.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
- Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan social dan alam.
Ø Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke tiga (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan sosial dan alam.
Ø Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke empat (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang keragamansosial budaya masyarakatdalam kehidupan sosial dan alam.
Ø Siswa menyimak dan mencatat peristiwa alam.
Ø Peristiwa alam ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan.
Ø Contoh peristiwa alam:gunung meletus,gempa bumi,banjir tanah longsor kekeringan,tsunami.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Kegiatan Akhir
Ø Digunakan untuk ulangan harian
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar , atlas dan peta.
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2007.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
LAMPIRAN SOAL EVALUASI 2
A.Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8x 35 menit (4x pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
III.Indikator :
Ø Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi.
Ø Menggunakan peta Provinsi setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam.
Ø Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
Ø Menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi jenis sumberdaya alam
2. Menunjukkan persebaran sumber daya alam di Propinsi Jawa Tengah.
3. Dapat menjelaskan manfaat sumbedaya alam yang ada di lingkungan setempat..
4. Dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.
V. Materi Pembelajaran :
Sumberdaya Alam
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran/Ceramah bervariasi.
VII.Langkah – langkah kegiatan
- Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
- Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Guru menjelaskan jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
Ø Dengan menggunakan peta guru menjelaskan Provinsi setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam.
Ø Guru menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
1. Guru menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam sekitar.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada masing - masing kelompok untuk mencari
informasi tentang jenis sumberdaya alam
Ø Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
- Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang jumlah dan jenis sumberdaya alam tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Persebarannya tergantung pada kondisi dan keadaan alam baik hasil bumi hasil laut maupun hasil tambang.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat
kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke tiga (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang semua sumberdaya alam bermanfaat bagikelangsungan hidup manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sumberdaya alam merupakan kekayaan Negara yang dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat sesuai amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 3.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang materi pelajaran
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke empat (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan ulangan.
Kegiatan Inti.
Digunakan untuk ulangan harian.
Kegiatan Akhir.
Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Buku UUD 1945
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2010
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
LAMPIRAN SOAL EVALUASI 3
- Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!
1. Sumber daya alam yang selalu berputar dan tidak ada habisnya adalah ....
a. Air
b. Hewan
c. Minyak
d. Hutan
2. Jenis tanah yang paling cocok untuk pertanian adalah ....
a. Tras
b. Lempung
c. Vulkanik
d. Pasir
3. Sumber daya alam yang banyak terdapat di pulau Bangka adalah ...
a. Minyak bumi
b. Tembaga
c. Aspal
d. Timah
4. Untuk melestarikan populasi hewan langkah pemerintah membuat tempat-tempat ....
a. Pelelangan
b. Penangkaran
c. Perburuan
d. Pengasingan
5. Salah satu fungsi hutan bagi kehidupan manusia adalah ....
a. Sumber bahan bakar
b. Tempat hidup hewan buas
c. Paru-paru dunia
d. Tempat pengasingan
6. Persebaran hasil bumi dan laut tidak merata disemua daerah, hal ini disebabkan ....
a. Keadaan alam
b. Kepadatan penduduk
c. Garis bumi
d. Cuaca wilayah
7. Cikotok merupakan salah satu daerah tambang .... di Indonesia.
a. Perak
b. Nikel
c. Emas
d. Aspal
8. Kina dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat ....
a. Desentri
b. Malaria
c. Tipus
d. Rematik
9. Salah satu cara mempertahankan kelestarian sumber air tanah adalah ....
a. Penghijauan
b. Pemupukan
c. Pengairan
d. Penyiangan
10. Telaga Bodas merupakan derah cagar alam yang terdapat di provinsi ....
a. Nusa Tenggara
b. Jawa Barat
c. Sumatera Utara
d. Kalimantan Timur
- Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
- Sumber daya alam yang cara pemakaiannya harus dihemat adalah sumber daya alam ....
- Hutan yang terdiri dari berbagai jenis pohon disebut hutan ....
- Menurut jenisnya berlian termasuk barang tambang ....
- Martapura terkenal sebagai daerah penghasil ....
- Bahan baku membuat karung goni adalah ....
- Pertamina merupakan perusahaan milik negara yang mengelola ....
- Pemanfaatan kekayaan alam diatur dalam UUD 45 pasal ....
- Geolog asal Belanda yang menggolongkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ....
- Industri garmen hasil produksinya berupa ....
- Fosfat merupakan bahan baku industri ....
KUNCI JAWABAN
- Pilihan ganda.
1. b
2. c
3. d
4. b
5. c
6. a
7. c
8. b
9. a
10. b
- Essay
1. Tidak dapat diperbarui
2. hiterogen
3. industri
4. intan
5. rosela
6. minyak bumi
7. 33
8. Van Bemmelen
9. Pakaian jadi
10. pupuk
Skor Nilai
1.pilihan ganda : 10 x 1 = 10
2.Essay : 10 x 2 = 20
Jumlah 30: 3 = 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
1.4 Menghargai berbagai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota
provinsi)
III.Indikator :
Ø Siswa dapat menyebutkan arti semboyan Bhineka Tungal Ika.
Ø Disajikan sebuah gambar tarian daerah,siswa dapat menyebutkan daerah asalnya.
Ø Siswa dapat menyebutkan nama salah satu suku bangsa yang hidup di daerah pedalaman indonesia.
Ø Disajikan diskripsi singkat mengenal kebiasaan yang dipatuhi masyarakat sacara turun temurun,siswa dapat meyebutkan istilahnya.
Ø Siswa dapat menyebutkan julukan sebuah pulau /kota karena memilikiciri khas tersendiri.
Ø Siswa dapat menyebutkan jenis kesenian / tradisi yang dijadikan obyek wisata oleh suatu daerah di indonesia.
Ø Siswa dapat menyebutkan tat cara menghargai perbedaan suku dan budaya.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengenal sejarah asal – usul semboyan Bhineka Tunggal Ika.
2. Mengetahui arti kata Bhineka Tunggal Ika.
3. Menyebutkan 2 keragaman bangsa indonesia khususnya tentang tarian.
4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan cara menerima dan menghargai perbedaan.
V. Materi Pembelajaran :
- Indonesia budaya yang beragam : Wilayah indonesia sangat luas dengan beribu – ribu pulau.Tiap pulau memiliki keragaman adat dan budaya yang berbeda – beda.Semua perbedaan memperkaya dan memperkokoh bangsa.Hal itu sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.diambil dari kitab Sutasoma karangan pujangga Majapahit Empu Tantular yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu juga.Kalimat itu lengkapnya Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangiwa.
- Keragaman bangsa indonesia meliputi keragaman Suku bangsa,bahasa,agama dan seni budaya.suku bangsa tersebutdi semua pulau di indonesia.Bahasa daerah merupakan bahasa sehari – hari masyarakat.tetapi bahsa persatuan bahasa Indonesia.Keragaman agama /kepercayaan merupakan unsur religi yang berbau ghaib dan terdapat disetiap daerah. Seni budaya yang ada di indonesia sangat beragam,meliputi tari,musik pakaian,lagu daerah,senjata,makanan dan kebiasaan yang berbeda – beda di tiap daerah.
- Persatuan dan Kesatuan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Manfaatnya antara lain:
a. Tercipta suasana rukun dan damai
b. Tidak mudah di pecah belah.
c. Menjadi bangsa yang Kuat dan kokoh
- Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya antara lain dengan cara:
a. Menerima dan menghargai perbedaan
b. Memelihara,melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya yang ada.
c. Menghindari rasa saling curiga dan permusuhan antar daerah.
d. Menghormati dan menghargai agama,bahasa adat dan kebiasaan suku bangsa lain.
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.
VII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
1.Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
2. Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø Guru menjelaskan pengertian arti kata Bhineka Tunggal Ika dan asal usul kata Bhineka Tunggal Ika tersebut.
Ø Siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan dari guru tentang arti Bhineka Tunggal Ika.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada masing - masing kelompok untuk mencari
informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai asal usul kata
Bhineka Tunggal Ika.
Ø Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
3.Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan
yang tumbuh di masyarakat.
Ø Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat
kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan ke 3 ( 2x 35 menit )
1.Kegiatan Awal.
Apersepsi
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus di capai dalam
proses pembelajaran
b. Siswa di bagi beberapa klompok kerja
c. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan di gunakan untuk pembelajaran
2. Kegiatan Inti
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan
yang tumbuh di masyarakat.
Ø Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat
kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
3.Kegiatan Akhir
Tanya jawab sesuai materi secara lisan
Tindak lanjut memberikantugas rumah
Pertemuan ke 4 (2 x 35 menit )
Untuk kegiatan evaluasi / ulangan harian Penilaian Analisa Perbaikan dan Pengayaan serta tindak lanjut.
Soal terlampir .
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar keragaman suku bangsa dan budaya misalnya
gambar tari piring,tari remo dst.
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
I Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
I.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan
Setempat (kabupaten/kota,provinsi)
III.Indikator :
Ø Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi museum.
Ø Siswa dapat menyebutkan salah satu jenis cerita rakyat yang berhubungan dengan terjadinya suatu tempat
Ø Disajikan sebuah gambar candi,siswa dapat menyebutkan lokasi daerahnya.
Ø Siswa dapat menyebutkan satu bentuk peninggalan sejarah yang berupa tulang belulang manusia atau hewan yang membatu.
Ø Siswa dapat menyebutkan nama monumen yang berada di kota Surabaya.
Ø Siswa dapat menyebutkan nama huruf yang digunakan untuk menulis sebuah prasasti.
Ø Siswa dapat menyebutkan tindakan yang harus dilakukan apabila melihat teman melakukan perbuatan yang merusak peninggalan sejarah.
Ø Siswa dapat menyebutkan tiga cara menghargai peninggalan sejarah.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat mengetahui salah satu fungsi museum.
2. Menyebutkan lokasi candi di daerahnya.
3. Menyebutkan salah satu bentuk peninggalan sejarah yang berupa tulang belulang manusia atau hewan yang membatu.
4. Menyebutkan tiga cara menghargai peninggalan sejarah.
V. Materi Pembelajaran :
- peninggalan sejarah adalah warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah.peninggalan sejarah yang berupa benda,yaitu:
a. fosil d. patung
b. peralatan e. bangunan
c. prasasti f. naskah
- peninggalan sejarah yang berupa cerita adalah cerita lisan dan tulisan.cerita rakyat berupa legenda,mitos,dongeng,fabel dan sage.selain juga berupa cerita sejarah suatu tempat.
- upaya menghargai sejarah agar tetap lestari,antara lain:
a. memelihara peninggalan sejarah sebaik – baiknya.
b. Melestarikan benda sejarah tersebut agar tidak rusak.
c. Tidak mencoret – coret benda peninggalan sejarah.
d. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan.
e. Wajib mentaati tata tertib yang ada dalam setiap tempat peninggalan sejarah.
f. Wajib mentatati peraturan pemerintah yang berlaku.
- manfaat peninggalan sejarah adalah:
a. menambah kekayaan budaya bangsa kita
b. menambah pendapatan Negara melalui kegiatan wisata.
c. Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
d. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
e. Sangat membatu dalam bidang pendidikan
f. Dapat mempertebal rasa kebangsaan
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.
VII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
1. Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
- Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø Guru menjelaskan tentang museum.
Ø Siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan dari guru tentang peninggalan sejarah.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada masing - masing kelompok untuk mencari
informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai museum.
Ø Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
- Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
1. Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
2. Kegiatan Inti.
2.1.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang peninggalan sejarah.
Ø Siswa menyimak dan mencatat tentang peninggalan sejarah yang berupa cerita
lisan dan tulisan.
2.2.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang peninggalan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
2.3.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
3. Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ketiga ( 2 x 35 menit )
1 Apersepsi
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi pembelajaran
Siswa dibagi beberapa klompok
Guru mempersiapkan alat peraga
2 Kegiatan Inti
2.1Eksplorasi
Guru menjelaskan tentangletak mosium
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru tentang peninggalan bersejarah
2.2 Elaborasi
Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok
Siswa melakukan diskusi kelompok
Siswa membuat laporan hasil deskusi
2.3 Konfermasi
Siswa membuat laporan hasil kerja kelompok
Guru mengklarifikasi hasil kerja klompok
Guru memberi kesempatan pada peserta didik untukbertanya tanpa rasa takut
Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab sesuai materi pembelajaran secara lesan
Tindak lanjut memberikan tugar rumah
Pertemuan ke Empat ( 2 x 35 menit )
Evaluasi atau ulangan harian dan penilaian
Analisa nilai ,perbaikan dan tindak lanjut
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar candi,prasasti dan museum.
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi waktu : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )
I. Standar Kompetensi :
I. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar :
I.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh – tokoh di lingkunganya.
III.Indikator :
Ø Siswa dapat menjelaskan sebutan bagi orang yang berjasa terhadap bangsa dan negara.
Ø Siswa dapat menyebutkan tanggal dan bulan peringatan hari pahlawan
Ø Disajikan sebuah gambar seorang pahlawan wanita,siswa dapat menyebutkan namanya
Ø Siswa dapat menyebutkan nama pahlawan proklamator indonesia
Ø Siswa dapat menyebutkan sikap mau menerima kekalahan.
Ø Siswa dapat menyebutkan menyebutkan salah satu bentuk perbuatan yang menunjukan sikap rela berkorban
Ø Siswa dapat menyebutkan nama petinju yang berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak dua belas kali
Ø Siswa dapat menyebutkan tiga sikap pahlawan yang patut diteladani.
IV.Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan tanggal dan bulan peringatan hari pahlawan
2. menyebutkan nama pahlawan proklamator indonesia.
3. menjelaskan sebutan bagi orang yang berjasa terhadap bangsa dan negara
4. menyebutkan salah satu bentuk perbuatan yang menunjukan sikap rela berkorban
V. Materi Pembelajaran :
- pahlawan adalah mereka yang rela berjuang membela kebenaran dan keadilan untuk kepentingan bangsa dan negara.ciri – cirri sikap yang kepahlawanan yang perlu kita kembangkan adalah:
berani tanpa pamrih
rela berkorban pantang menyerah
ksatria berjiwa besar
- Keragaman bangsa indonesia meliputi keragaman Suku bangsa,bahasa,agama dan seni budaya.suku bangsa tersebutdi semua pulau di indonesia.Bahasa daerah merupakan bahasa sehari – hari masyarakat.tetapi bahsa persatuan bahasa Indonesia.Keragaman agama /kepercayaan merupakan unsur religi yang berbau ghaib dan terdapat disetiap daerah. Seni budaya yang ada di indonesia sangat beragam,meliputi tari,musik pakaian,lagu daerah,senjata,makanan dan kebiasaan yang berbeda – beda di tiap daerah.
- Persatuan dan Kesatuan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Manfaatnya antara lain:
a. Tercipta suasana rukun dan damai
b. Tidak mudah di pecah belah.
c. Menjadi bangsa yang Kuat dan kokoh
- Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya antara lain dengan cara:
a. Menerima dan menghargai perbedaan
b. Memelihara,melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya yang ada.
c. Menghindari rasa saling curiga dan permusuhan antar daerah.
d. Menghormati dan menghargai agama,bahasa adat dan kebiasaan suku bangsa lain.
VI. Metode Pembelajaran
Diskusi,laporan dan demonstrasi / bermain peran.
VII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
1. Apersepsi :
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
- Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
- Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
- Kegiatan Inti
2.1. Eksplorasi :
Ø Guru menjelaskan pengertian arti kata Bhineka Tunggal Ika dan asal usul kata Bhineka Tunggal Ika tersebut.
Ø Siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan dari guru tentang arti Bhineka Tunggal Ika.
2.2. Elaborasi :
Ø Guru memberikan tugas kepada masing - masing kelompok untuk mencari
informasi tentang sumber yang dapat dipercaya mengenai asal usul kata
Bhineka Tunggal Ika.
Ø Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
Ø Siswa membuat laporan hasil diskusi.
2.3. Konfirmasi :
Ø Siswa melaporkan hasil kerja masing – masing kelompok.
Ø Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
Ø Guru memberi kesempatan pada semua peserta didik untuk
bertanya,berfikir,bertindak tanpa rasa takut.
Ø Membuat kesepakatan untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
- Kegiatan Akhir
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan Ke Dua (2 x 35 menit)
Kegiatan Awal.
Ø Pendahuluan /Apersepsi
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Ø Guru menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
Kegiatan Inti.
A.Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan kepada siswa tentang tata ara menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya indonesia dan tidak mencela setiap tradisi dan kebebasan
yang tumbuh di masyarakat.
Ø Siswa menyimak dan mencatat tiga cara menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya.
B.Elaborasi.
Ø Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat ringkasan
tentang sikap baik terhadap keragaman suku / bangsa kita ( misalnya membuat
kliping tentang pakaian adat tersebut).
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru.
C.Konfirmasi.
Ø Siswa membuat laporan hasil kerja.
Ø Guru mengklasifikasikan hasil kerja guru.
Ø Guru membuat rangkuman dari hasil klasifikasi.
Kegiatan Akhir.
Ø Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
Ø Tindak lanjut memberikan tugas rumah.
Pertemuan ketiga ( 2 x 35 menit )
1. Kegiatan Awal.
Apersepsi
a.Siswa memperhatikan penjelasan guru tentangcontoh –contoh sikap pahlawan yang
patut di teladani
b.Siswa di bagi beberapa kelompokkerja
c.Guru mempersiapkan alat peraga dalam proses pembelajaran
2. Kegiatan Inti
2.1.Eksplorasi
Guru menjelaskan tentang keteladanan yang patut di teladani
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru tentang keteladanan pahlawan
2.2 Elaborasi
Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk mencari contoh keteladanan yang patut di tiru atau di teladani
Siswa mendiskusikan tugas dari guru secara ber klompok
Siswa membuat laporan hasildiskusi
2.3 Konfermasi
Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok
Guru mengklarifikasi hasil kerja klompok
Guru memberi kesempatan pada semua siswa untuk bertanya apa bila kurang jelas tanpa rasa takut
Guru dan siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran
3.Kegiatan Ahir
Tanya jawab secara lesan sesuai materi pembelajaran untuk mengetahui apakah siwa
dapat menerima dengan baik tentang materi pembelajaran
Tindak lanjut dengan tugas rumah
Pertemuan ke 4 (2 x 35 menit )
Untuk Evaluasi ulaqngan harian penilaian dan Analisa Nilai Perbaikan Pengayaan
VIII.Alat dan Sumber Belajar.
Alat peraga : Gambar – gambar keragaman suku bangsa dan budaya misalnya
gambar tari piring,tari remo dst.
Sumber : Buku IPS terpadu 4 – KTSP th 2006.Erlangga.
IX. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pertemuan.
1. Teknik Test :- Tertulis
- Lisan
- Praktik (perbuatan)
2. Non Test :- Pengamatan/Observasi
- Penugasan
- Produk
- Portopolio
Catatan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui ……………………….2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP: NIP:
LAMPIRAN SOAL EVALUASI
A.soal pilihan ganda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar